GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

3 Oktober 2022

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta penyelenggaraan Indonesian SDGs Corporate Summit atau ISCOS 2022 dioptimalkan untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia dan agenda strategis pencapaian SDGs Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya secara daring pada acara ISCOS 2022, yang diprakarsai Corporate Forum for CSR Development, yang bertujuan mendorong kesadaran dan komitmen perusahaan dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 untuk mencapai target SDGs 2030 di Indonesia.

“Saya ingin menekankan beberapa hal. Pertama, optimalkan momentum penyelenggaraan ISCOS 2022 untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia dan agenda strategis pencapaian SDGs Indonesia,” ujar Wapres dalam sambutannya yang dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa.

Dia meminta para peserta ISCOS 2022 berbagi pengetahuan, pengalaman, praktik baik, kemitraan, dan inovasi untuk mewujudkan target SDGs yang integratif dan inklusif.

Kedua, Ma’ruf Amin meminta kegiatan ISCOS menjadi sarana edukasi dan sosialisasi, dimana semua pihak aktif menyuarakan dan melakukan upaya pencapaian target SDGs Indonesia.

Ketiga, ia mendorong pendekatan yang dilakukan korporasi dalam CSR untuk mencapai SDGs agar dipastikan holistik dan mengacu pada standar global.

Menurutnya, kegiatan CSR harus diarahkan untuk mendorong upaya pembangunan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan, serta praktik energi terbarukan di komunitas atau masyarakat perdesaan.

Keempat, ia meminta ada gagasan dan terobosan untuk mengatasi kebutuhan akan dukungan finansial dan adanya celah pembiayaan SDGs yang cukup besar. Sebab, diperlukan inovasi kreatif semua pihak atas instrumen pendanaan, kolaborasi dalam investasi, dan mobilisasi dana dari APBN, sektor swasta, filantropi, dan masyarakat.

Dia menyampaikan ISCOS 2022 menggambarkan pentingnya kontribusi dan kolaborasi berbagai pihak dalam pencapaian pilar-pilar SDGs yang tak terpisahkan satu sama lain.

Para pemangku kepentingan baik dari Pemerintah, dunia usaha, lembaga profesional, akademisi dan peneliti, maupun masyarakat harus berkolaborasi untuk target SDGs di Indonesia.

Wapres mengapresiasi peran aktif Corporate Forum for CSR Development sebagai jejaring kerja korporasi dalam pengembangan tanggung jawab sosial atau CSR, sekaligus mendorong kepemimpinan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan bagi dunia usaha di Indonesia.

Dia juga mengapresiasi korporasi yang telah berkomitmen dalam program CSR berbasis SDGs untuk membantu pemerintah mencapai target pembangunan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahiim, Indonesian SDGs Corporate Summit Tahun 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka,” ujar Wapres.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari : www.antaranews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News