UPT BLK Surabaya Akan Seleksi Calon Peserta Enam Paket- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

UPT BLK Surabaya Akan Seleksi Calon Peserta Enam Paket

Diunggah pada : 21 September 2022 19:51:19 5

Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Surabaya segera melaksanakan seleksi calon peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi

Jatim Newsroom – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur  melalui  Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Surabaya, akan melaksanakan seleksi calon peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Seleksi direncanakan berlangsung pada Senin 26 September mendatang di aula UPT BLK Surabaya. Pada periode ini calon peserta pelatihan akan diseleksi dengan 6 Paket terdiri dari Pelatihan Las SMAW 3G, Pelatihan Program HMI berbasis PLC, Pelatihan Instalasi Tenaga, Pelatihan Pembuatan Sampel Garmen/Menjahit, Pelatihan Penggambaran Model 3D dengan CAD, Pelatihan Pemasangan Jaringan Komputer.

Plt Kepala UPT BLK Surabaya,  Sunarya, melalui Kepala Seksi Pelatihan dan Sertifikasi UPT BLK Surabaya, Silvia Indah Guma Daryanti, Rabu (21/9/2022) sore, mengatakan, seleksi peserta meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Wawancara untuk mengetahui minat dan bakat dari masing- masing peserta. 

“Dalam pelaksanaan seleksi, kami juga melibatkan pihak Industri yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah UPT BLK (FKLPID UPT BLK) Surabaya yang mempunyai tugas salah satunya bersama-sama dengan pihak BLK menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan siap diterima perusahaan,” terangnya. 

Dijelaskan Silvia, pelatihan berbasis kompetensi di UPT BLK Surabaya dilaksanakan melalui sumber APBN kementerian Ketenagakerjaan RI dan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  Selama pelatihan peserta akan mendapatkan ATK, Pakaian Kerja, Modul, Flashdisk, Bahan Praktek, Pakaian Olahraga, Konsumsi (Snack dan makan siang)  dan sertifikat pelatihan.

Kemudian selesai mengikuti pelatihan, nantinya peserta akan diberi kesempatan untuk mengikuti uji sertifikasi.  Uji sertifikasi ini dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Baca Juga :   Forum IPEF, Jalan Baru Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Kawasan Indo-Pasifik 

Pada tahap selanjutnya, peserta akan diberikan pilihan untuk bisa melaksanakan magang/OJT (On the job Training) di perusahaan mitra BLK, sehingga  mereka bisa mengetahui terkait kondisi bekerja di perusahaan yang sesungguhnya. (her/s)

#disnakertrans

Artikel ini bersumber dari : kominfo.jatimprov.go.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar