Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja – Bagi orang-orang yang sedang berusaha untuk mencari lowongan dan akan menghadapi sesi tanya jawab. Pasti membutuhkan berbagai macam tips wawancara kerja paling ampuh dan pasti diterima. Supaya bisa segera mendapatkan pekerjaan dan memperoleh penghasilan.

Macam-Macam Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja

Ada beberapa tips wawancara kerja supaya Anda bisa diterima. Semua hal di dunia ini harus dilakukan dengan berbagai macam cara jitu agar dapat berhasil dan memperoleh hasil yang diinginkan. Berikut adalah beberapa rangkaian langkah-langkahnya.

1.  Memahami Profil Perusahaan

Tips wawancara kerja yang pertama adalah memahami profil perusahaan. Wawancara kerja bukan hanya sekedar proses tanya jawab mengenai kecocokan para pengirim lowongan sebagai kandidat calon karyawan saja. Tetapi, Anda juga ditanya beberapa hal mengenai profil perusahaan tempat Anda meletakkan berkas-berkas tersebut.

Jadi, sangat penting bagi seorang pelamar pekerjaan untuk terlebih dahulu mencari informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang dituju. Anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan menggunakan mesin pencari atau bertanya ke teman atau kerabat.

2.  Mempelajari Posisi dan Deskripsi Pekerjaan yang Akan Dituju

Tips wawancara kerja yang kedua adalah pekerjaan. Pastikan sebelum melamar pekerjaan Anda juga sudah mempelajari sedikit banyak mengenai deskripsi posisi yang diinginkan. Pelajari secara jobdesk orang dengan posisi tersebut. Perhatikan dan amati supaya bisa menguasai bidang tersebut.

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan dan keahlian mumpuni mengenai posisi maka tentu akan lebih banyak peluang untuk diterima. Apalagi umumnya tim rekrutmen karyawan baru pasti akan menanyakan seputar pengetahuanmu tentang deskripsi pekerjaan itu.

3.  Membuat Catatan Singkat

Bagi para fresh graduated khususnya, mungkin Anda bisa membuat catatan singkat mengenai diri Anda dan hal-hal yang umum ditanyakan dalam wawancara kerja. Namun, pastikan pada saat sesi interview bisa menjawabnya dengan baik dan santai. Karena hal tersebut juga sangat berpengaruh pada hasilnya.

Pertama, cari tahu terlebih dahulu pertanyaan yang biasanya selalu ditanyakan dalam sesi wawancara. Kemudian buat catatan singkatnya dengan baik. Agar Anda bisa menjawab tanya jawab dalam tes tersebut secara benar dan juga santai.

  • Cek : Kumpulan Informasi Cara dan Tips Dunia Kerja Terbaru

4.  Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan ketika tes wawancara juga tidak kalah penting untuk disiapkan. Dokumen itu antara lain adalah seperti curriculum vitae, ijazah terakhir, sertifikat penunjang, dan surat lamaran kerja. Pastikan Anda tidak melupakan semua file penting tersebut.

Sebaiknya surat lamaran kerja dibuat secara tertulis. Jangan menggunakan tulisan print out komputer, karena dari tulisan maka bisa diidentifikasi seperti apa kepribadian Anda. Maka dari itu, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada diterima atau tidaknya Anda di pekerjaan tersebut.

5.  Pastikan Sosial Media Anda Bersifat Positif

Hal tak kalah penting lainnya adalah pastikan bahwa sosial media yang Anda miliki bersifat positif. Karena pada zaman maju dan internet berkembang seperti sekarang ini, beberapa perusahaan akan mendeteksi para pelamarnya. Caranya adalah dengan mencari tahu akun sosial medianya.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan pengecekan kembali terhadap konten atau status yang Anda buat di sosial media. Misalkan saja seperti di Facebook, Instagram dan juga Twitter. Pastikan bahwa isinya bukan hal-hal bersifat negatif, agar tidak membawa dampak buruk ketika melamar pekerjaan.

6.  Mempersiapkan Pakaian yang Sesuai

Saat akan menghadiri sesi tes wawancara, sebaiknya persiapkan baju yang sesuai dan rapi serta wangi. Umumnya baju untuk acara ini adalah kemeja berwarna putih dengan bawahan rok, span maupun celana berwarna hitam. Bagi kaum muslim, Anda bisa melengkapinya dengan memakai kerudung berwarna hitam.

Pastikan bahwa baju yang Anda gunakan terlihat rapi, bersih dan juga wangi. Karena semua perusahaan pasti ini karyawannya bisa berpakaian bagus dan tidak terlihat kusut. Hal tersebut tentu akan sangat terlihat tidak bagus dan tak menarik sama sekali.

7.  Menyiapkan Beberapa Referensi

Berikutnya yakni siapkan juga beberapa referensi untuk menunjang kesiapan Anda dalam wawancara. Umumnya tim perekrut atau HRD suatu perusahaan atau badan usaha akan menanyakan seputar referensi perusahaan lama tempat calon karyawan bekerja.

Informasi ini akan digunakan untuk mencari tahu seputar diri Anda dari kantor lama. Karena tentu perusahaan ingin memastikan bahwa calon kandidat karyawannya keluar dari kantor lamanya bukan karena adanya kasus hukum atau hal-hal buruk.

Hal-Hal yang dapat Mempengaruhi Tes Wawancara Kerja

Dalam melakukan tes wawancara kerja ada beberapa hal yang bisa saja membawa pengaruh besar pada diri seseorang. Maka dari itu, semua individu harus memiliki persiapan cukup. Termasuk juga mental kuat untuk bisa menghadapinya dengan baik. Berikut adalah beberapa uraiannya.

  • Penampilan yang rapi dan wangi
  • Terlihat bersih dan juga bersikap sopan
  • Memiliki skill atau kemampuan yang berbeda dari para pekerja lainnya
  • Mampu berkomunikasi dengan baik serta cepat tanggap
  • Tidak mudah menyerah dalam menghadapi rintangan apapun.

Demikian uraian singkat menurut GajiPekerja.com mengenai tips wawancara kerja paling ampuh ini. Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dengan baik jika seseorang ingin melamar suatu pekerjaan. Karena tentu disitu ada banyak sekali persiapan untuk bisa menghadapinya.

Beri Penilaian

Tinggalkan komentar