GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

Ponsel sering menjadi lambat ketika sering dipakai berlebihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ponsel pintar digunakan untuk menelepon, berselancar di internet hingga memesan makanan secara online. Ia juga menjadi teman mini virtual.

Tetapi dengan penggunaan yang berlebihan dan semua unduhan, ponsel sering menjadi lambat dan terkadang hang. Jadi berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu mempercepat perangkat Anda dan meningkatkan kinerjanya.

Hapus data cache telepon. Semua yang Anda lakukan di ponsel akan disimpan dan dibuat sebagai cache di RAM. Misalnya, jika Anda membuka situs web, ponsel Anda akan menyimpan data tertentu sehingga lain kali url dimuat lebih cepat.

Ini terkadang memakan banyak ruang di ponsel yang tidak terlihat di galeri. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus cache atau file sampah. Untuk menghapus data cache di ponsel Anda: buka settings > Storage > cache > pilih opsi hapus cache > konfirmasi. Metode ini akan membersihkan sebagian RAM dan meningkatkan kecepatan ponsel.

Hapus bloatware dan aplikasi yang tidak digunakan. Dilansir dari India Today, Ahad (11/9/2022), kita sering mengunduh aplikasi untuk memesan makanan secara online, mengedit foto, dan melakukan lebih banyak lagi. Nah, memiliki aplikasi yang tidak diinginkan di ponsel Anda dapat memperlambat perangkat Anda.

Lebih baik untuk menghapusnya untuk meningkatkan kecepatan telepon. Jika Anda tidak dapat mencopot pemasangan aplikasi, cukup nonaktifkan, untuk melakukannya-buka settings > apps and programs > Buka aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan > klik opsi nonaktifkan dan konfirmasi.

Perbarui ke perangkat lunak terbaru. Baik itu Android atau iOS, perusahaan secara teratur merilis pembaruan untuk sistem operasi agar bekerja lebih baik dan menghapus bug apa pun.

Namun jika Anda belum memperbarui ponsel Anda dengan perangkat lunak terbaru yang dirilis, maka ini mungkin menjadi alasan ponsel Anda lambat. Cukup hubungkan ponsel Anda dengan WiFi, buka settings > buka tentang ponsel atau pembaruan sistem > cari pembaruan dan mulai proses instalasi.

Gunakan aplikasi Liter edition. Jika Anda menggunakan ponsel lama atau kelas bawah, aplikasi berukuran lebih besar dapat memengaruhi penyimpanan dan juga kinerja. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal versi yang lebih ringan dari aplikasi ini. Facebook light, Instagram light, dan Google Go adalah beberapa versi ringan dari aplikasi yang Anda gunakan setiap hari. Aplikasi ini akan memakan lebih sedikit memori dan juga mudah digunakan. Anda cukup menuju ke toko aplikasi dan menginstal aplikasi.

Matikan atau kurangi animasi. Mengurangi animasi adalah cara lain untuk mempercepat ponsel Anda. Anda dapat mengaktifkan ini dengan mengaktifkan Developer Options di perangkat Anda.

Mudahnya, buka settings > about phone > ketuk nomor build tujuh kali. Proses ini akan mengaktifkan opsi pengembang di perangkat Anda.

Sekarang, Anda dapat menonaktifkan atau mengurangi animasi. Anda juga dapat menyesuaikan skala animasi Window, skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator. Metode ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan perangkat Anda untuk merender efek visual layar.


Artikel ini bersumber dari : www.republika.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News