GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

Jumat , 02 Sep 2022, 17:00 WIB
Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Daftar Isi tampilkan
Cermati | Foto: Cermati

Menjawab setiap pertanyaan wawancara dengan baik tentu selalu menjadi harapan setiap pelamar. Namun pada kenyataannya, berbagai pertanyaan ini justru seringkali berbeda dengan apa yang dibayangkan. Tak jarang para pelamar justru merasa terjebak dan kesulitan untuk memberikan jawaban saat wawancara. 

Pada dasarnya, pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya bukanlah sesuatu yang luar biasa sulit. Para pelamar hanya perlu memahami dengan baik pertanyaan-pertanyaan tersebut terlebih dahulu, sebelum akhirnya memberikan jawaban. Dalam hal ini, ketenangan tentu akan sangat dibutuhkan. 

Interview adalah proses yang sangat penting dalam mendapatkan pekerjaan, sehingga harus dipersiapkan dengan baik. Pelajari berbagai pertanyaan wawancara kerja dan jawaban yang paling umum dan sering ditanyakan ketika interview, agar interview kerja berjalan lancar dan pekerjaan impian bisa didapatkan. 

15 Pertanyaan Wawancara untuk Fresh Graduate 

fresh graduate

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan wawancara dan jawabannya yang sering diterima fresh graduate saat interview kerja:

1. Bisa Ceritakan Tentang Diri Kamu? 

Ini menjadi salah satu pertanyaan paling umum dalam wawancara. Jawab pertanyaan ini dengan cara memperkenalkan diri dan sekaligus memberikan gambaran bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk menduduki posisi yang ditawarkan. Ceritakan latar belakang pendidikan, skill yang dikuasai atau bahkan pengalaman berorganisasi selama ini. 

2. Apa Hobi Kamu?

Fokuslah menceritakan hobi positif dan sekiranya berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Jika hobi traveling, maka ceritakan bagaimana kegiatan tersebut membuatmu lihai dalam mengatur waktu dan perjalanan dengan baik, termasuk disiplin dalam mengikuti jadwal. Sampaikan jika hal ini membuatmu terbiasa dengan jadwal ketat dan disiplin yang tinggi, termasuk ketika bekerja. 

3. Bagaimana Kamu Mendapatkan Info Tentang Pekerjaan Ini? 

Tujuan pertanyaan-pertanyaan sejenis ini adalah untuk mengetahui ketertarikan pelamar terhadap perusahaan. Berikan jawaban yang jujur dan tidak bertele-tele. Jika mendapatkan informasi secara online, sampaikan bagaimana hingga akhirnya memutuskan untuk mengajukan lamaran.

4. Apa Skill Terbaikmu? 

Pertanyaan wawancara ini biasanya bertujuan untuk mengetahui apakah skill yang dimiliki pelamar sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Penting untuk mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar terlebih dahulu, sehingga jawaban bisa relevan. 

5. Apa Saja yang Kamu Tahu Tentang Posisi Ini?

Ini juga pertanyaan yang hampir selalu ada dalam interview kerja. Untuk menjawabnya dengan baik, penting untuk memahami detail tentang pekerjaan itu sendiri, seperti deskripsi pekerjaan dan juga skill yang diperlukan di sana, sehingga pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya bisa sinkron. 

6. Apa yang Membuatmu Tertarik Pada Posisi Ini?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan seperti ini dalam interview adalah sebutkan saja apa skill maupun passion yang sekiranya sesuai dengan posisi tersebut. Untuk fresh graduate bisa menceritakan keterkaitan jurusan yang diambil, termasuk skill lainnya yang dipelajari di luar bangku kuliah, misalnya kursus.

7. Apa Saja yang Kamu Tahu Tentang Perusahaan Kami? 

Yang satu ini wajib keluar sebagai pertanyaan wawancara kerja dan jawaban tentunya harus tepat. Cari tahu terlebih dahulu informasi tentang perusahaan yang dilamar sebelum interview, seperti: bisnis yang dijalani perusahaan, profil perusahaan tersebut, budaya kerjanya, dan yang lainnya. 

Baca Juga: 35 Pertanyaan Wawancara Kerja Bahasa Inggris, Arti dan Tips Menjawabnya

8. Coba Sebutkan Motivasimu Bekerja di Sini?

Berikan jawaban yang menunjukkan rasa antusias dan ketertarikan terhadap perusahaan tersebut. Pelamar harus menunjukkan keyakinan diri, jika perusahaan tersebut merupakan tempat terbaik untuknya dalam meniti karir profesional.

9. Kenapa Kami Harus Menerima Kamu?

Jawab pertanyaan wawancara ini dengan memberikan penjelasan tentang skill profesional yang dikuasai, termasuk kemampuan lainnya yang dapat mendukung kelancaran pekerjaan tersebut.

10. Apa Pencapaian Terbesar yang Pernah Kamu Dapatkan?

Jawablah pertanyaan interview ini dengan menyebutkan pencapaian yang pernah didapatkan selama kuliah, baik itu dalam bidang akademik maupun yang lainnya. Misalnya: memenangkan kompetisi menulis tingkat nasional, menjadi juara pertama dalam karya ilmiah, dan yang lainnya.

11. Apa Skill yang Kamu Miliki untuk Posisi Ini? 

Agar pertanyaan wawancara kerja dan jawaban bisa sinkron, maka sangat penting untuk memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar terlebih dahulu. Jelaskan secara detail skill yang dimiliki dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut, sehingga pewawancara merasa yakin.

12. Apa Kontribusi yang Dapat Kamu Berikan Pada Perusahaan? 

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini bisa dijawab dengan menyebutkan pencapaian apa saja yang didapatkan selama kuliah, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. 

13. Kapan Kamu Dapat Mulai Bekerja di sini? 

Berikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan wawancara ini dan tentunya yang sesuai dengan kondisimu. Jika masih fresh graduate, pertanyaan ini bisa dijawab dengan menyampaikan kesanggupan untuk segera bergabung dengan perusahaan tersebut.

14. Berapa Jumlah Gaji yang Kamu Inginkan? 

Pertanyaan-pertanyaan seputar gaji tentu akan selalu ada. Penting untuk mencari tahu kisaran gaji untuk posisi yang dilamar terlebih dahulu. Selain itu, cari tahu juga tentang UMR dan UMP terbaru sebagai pertimbangan. Jika ditanya soal gaji, maka berikan jawaban yang tepat. Tidak ada salahnya untuk menyebutkan nominal, selama jumlah tersebut masuk akal. 

15. Ada yang Ingin Kamu Tanyakan? 

Jangan lewatkan kesempatan yang satu ini dalam interview kerja. Ada beberapa pertanyaan penting yang bisa diajukan. Tanyakan kapan dan bagaimana hasil wawancara tersebut akan diberitahukan. Selain itu, meminta saran atau masukan tentang pekerjaan yang dilamar juga tidak ada salahnya. 

15 Pertanyaan Wawancara untuk Pelamar Berpengalaman 

wawancara kerja

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya yang sering diterima pelamar berpengalaman saat interview

1. Berapa Gajimu saat ini? 

Hindari untuk memberitahu nilai pasti gaji saat berhadapan dengan pertanyaan wawancara yang satu ini. Sebutkan saja berapa kisaran gaji sekarang. Jika perlu, tidak ada salahnya untuk menyebutkan nilai yang lebih tinggi, selama hal tersebut masih sesuai dengan skill yang dimiliki.

2. Apa Kelemahan Terbesarmu? 

Salah satu pertanyaan yang menjebak dalam interview adalah yang satu ini. Sebutkan saja poin ini seminim mungkin, namun upayakan untuk tidak menyebutkan kelemahan dalam skill yang justru dibutuhkan untuk posisi yang sedang dilamar tersebut.

3. Apa Rencana Kamu 5 Tahun Ke Depan?

Jangan ragu untuk menyampaikan rencana perkembangan karirmu kedepannya. Hal ini biasanya ditanyakan untuk melihat apakah pelamar memiliki keinginan untuk bekerja dalam waktu panjang di perusahaan tersebut. 

4. Mengapa Kamu Resign Dari Perusahaan Sebelumnya? 

Salah satu jebakan dalam interview adalah pertanyaan yang satu ini. Jangan pernah menjelek-jelekkan perusahaan maupun atasan di tempat yang lama. Berikan saja jawaban positif, misalnya berniat untuk mencari pengalaman di perusahaan baru atau yang lainnya.

5. Apa Kamu Bersedia Ditempatkan Di Luar Kota? 

Pertimbangkan dengan matang sebelum menjawab pertanyaan yang satu ini. Jika menolak, gunakan alasan yang masuk akal. Namun jika menerima, maka sampaikan dengan jelas bahwa hal tersebut tidak jadi masalah. 

Baca Juga:  Interview Kerja Sukses? Ini Caranya” href=” target=”_blank”>Ingin Walk In Interview Kerja Sukses? Ini Caranya

6. Kenapa Kamu Tak Bekerja Selama Beberapa Bulan Kemarin? 

Berikan jawaban jujur dan profesional pada pertanyaan wawancara yang satu ini. Jika harus berhenti bekerja karena alasan menyelesaikan pendidikan atau bahkan yang lainnya, katakan juga bahwa di saat bersamaan kamu tetap rajin mengasah skill.

7. Kenapa Melamar Pekerjaan yang Tidak Sesuai dengan Jurusanmu? 

Jika melamar pekerjaan yang tak sesuai jurusan, maka berikan jawaban yang dapat meyakinkan perekrut. Misalnya, pekerjaan tersebut sesuai dengan pengalaman kerja di tempat sebelumnya, atau yang lainnya.

8. Mengapa Kamu Sering Berpindah Tempat Kerja?

Cermatlah pada pertanyaan wawancara kerja dan jawaban yang akan disampaikan. Hindari jawaban yang tidak profesional, seperti malas dengan jadwal kerja atau bahkan kesal pada bos di tempat yang lama. Sampaikan saja dengan jujur keinginan untuk mencari dan meniti karir yang baru di perusahaan tersebut. 

9. Apa Kamu Juga Sedang Mengajukan Lamaran Pada Perusahaan Lain? 

Tak ada salahnya untuk jujur, jika ternyata memang sedang melamar di tempat lain. Namun hindari untuk menyebutkan nama perusahaan yang sedang dilamar, sebab itu bisa memberi kesan yang tidak profesional. 

10. Bisa Ceritakan Tentang Diri Kamu yang Tidak Tertulis di CV?

Ini bisa jadi salah satu yang mengejutkan dalam pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya tak terpikirkan sebelumnya. Cukup ceritakan tentang skill yang dikuasai dan masih berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar, setidaknya yang bisa mendukung pekerjaan tersebut, meskipun tidak berkaitan secara langsung.

11. Lingkungan Kerja Bagaimana yang Kamu Sukai?

Jika sudah mempelajari dengan baik lingkungan kerja di perusahaan tersebut, maka menjawab pertanyaan interview yang satu ini bukan masalah. Sesuaikan saja lingkungan kerja di perusahaan tersebut dengan yang diinginkan, sehingga bisa meyakinkan pewawancara. 

12. Bagaimana Caramu Mengatasi Stress dan Tekanan Pekerjaan? 

Jawab pertanyaan wawancara ini dengan jujur dan tidak berlebihan. Sampaikan saja apa yang dilakukan ketika sedang stress dan bagaimana keluar dari kondisi tersebut secara ringkas. 

13. Bagaimana Kamu Mengelola Prioritas Dalam Pekerjaan? 

Ceritakan saja dengan singkat cara yang dilakukan untuk mengatur waktu dan hal-hal yang menjadi prioritas dalam pekerjaan di tempat kerja yang lama. Misalnya dengan membuat jadwal rutin di malam hari atau yang lainnya. 

14. Coba Ceritakan Momen di mana Kamu Melakukan Kesalahan 

Tak perlu menghindari pertanyaan ini, sebab siapapun tentu pernah melakukan kesalahan. Ceritakan saja kesalahan apa yang pernah dilakukan dalam pekerjaan dan bagaimana caramu memperbaiki kesalahan tersebut kemudian. 

15. Apakah Kamu Seorang Pemimpin atau Pengikut? 

Jika memiliki pengalaman dalam memimpin tim, maka ceritakan hal tersebut dengan baik. Namun jika masih menjadi anggota tim, maka tidak ada salahnya menceritakan bagaimana sikapmu dalam menerima tugas dan menyelesaikannya, termasuk berkomunikasi dengan anggota tim lainnya.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan interview: 

  • Berikan jawaban yang jujur selama wawancara.
  • Jawab setiap pertanyaan dengan jelas dan tak bertele-tele.
  • Cermati dan pahami dengan jelas setiap pertanyaan wawancara.
  • Jelaskan skill terbaikmu dengan tidak berlebihan. 
  • Sampaikan kekuranganmu yang tak berhubungan pada pekerjaan yang sedang dilamar. 
  • Jelaskan kontribusi yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan tersebut. 

Jawab Pertanyaan Wawancara dengan Tenang dan Jujur 

Interview adalah proses yang sangat penting dalam mencari pekerjaan. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi momen ini. Jawablah semua pertanyaan wawancara dengan tenang dan jujur, agar hasilnya positif dan sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Lainnya

Artikel ini bersumber dari : republika.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News