GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

29 September 2022

Lolos beasiswa LPDP memberikan kesempatan anak muda Indonesia untuk memperdalam ilmu di jenjang S2 maupun S3. Simak tips dari dr. Celline yuk!

Salah satu awardee yang bisa dijadikan inspirasi adalah Dokter Celline Wijaya. Beliau saat ini menempuh master degree di Harvard Medical School.

Selain diterima di Harvard, fyi nih Dokter Celline juga diterima di John Hopkins Bloomberg School of Public Health, Columbia University Mailman School of Public Health. Keren banget ya YOTers!

 

Mulai dengan LOA (Letter of Acceptance)

Dokter Celline memastikan untuk diterima dulu di universitas yang dipilih. Jadi, beliau mengambil tes di beberapa perguruan tinggi. Nah, LOA yang didapatkan ini dilampirkan sebagai bagian dari berkas pendaftaran beasiswa LPDP.

LOA sendiri merupakan surat tanda diterima di perguruan tinggi.

 

Dimulai bersamaan juga bisa lho

Nah, ada cara lain yang juga disarankan oleh Dokter Celline, yakni memulai proses pendaftaran beasiswa dan mendapatkan LOA secara bersamaan.

Mengapa demikian? Tujuannya supaya kita tidak kerepotan ketika sudah mendapat LOA namun belum dapat funding, atau sebaliknya sudah menjadi awardee namun belum dapat LOA.

 

Surat rekomendasi bukan cuma formalitas

Tips kedua yang perlu diperhatikan juga adalah tentang surat rekomendasi dari dosen atau atasan di tempat kerja.

Jika YOTers bermaksud apply beasiswa ke perguruan tinggi di luar negeri, biasanya penulis surat perlu mengunggah sendiri.

So, jangan lupa untuk tulis email dosen atau atasan agar portal pendaftaran beasiswa bisa memberikan invitation untuk mengunggah surat rekomendasi.

 

Important notice!

Dokter Celline menyebutkan untuk lolos beasiswa LPDP jenjang S2 ke luar negeri, seberapa tinggi jabatan atau gelar penulis rekomendasi tidak lebih penting dari isi surat. Pertimbangan terbesar terletak pada substansi dalam suratnya.

Bakal lebih baik kalau misal penulis rekomendasi adalah orang yang benar-benar tahu tentang kita secara profesional dan bisa memberikan gambaran tentang performa atau prestasi kita.

Ini akan lebih baik daripada kita meminta ke orang dengan jabatan tinggi namun tidak bisa memberikan rekomendasi yang benar-benar mendeskripsikan kita.

 

The legendary essay

Kalau berbicara beasiswa, kita nggak bisa lepas dari esai. Esai LPDP bertema kontribusi kita untuk Indonesia ketika telah menyelesaikan masa studi.

Guna membuat esai yang kece, Dokter Celline punya beberapa poin saran nih YOTers.

 

  • Angkat isu yang sesuai dengan bidang yang dikuasai

First thing first, pilih isu yang sejalan dengan bidang studi yang akan diambil atau pekerjaan yang dijalani. Tujuannya jelas dong supaya kita bisa menulis hal yang benar-benar kita pahami.

Contohnya YOTers adalah sarjana ekonomi dan ingin melanjutkan S2 ekonomi juga, isu yang kalian angkat tentunya berkaitan dengan ekonomi juga.

 

  • Kombinasikan antara pengalaman dan riset

Esai yang disertai dengan pengalaman riil kandidat akan punya poin plus. Eits, tapi bukan asal comot experience kita ya, sesuaikan mana pengalaman yang relevan dengan isu yang diangkat dalam esai.

Esai kontribusi akan jadi lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan riset alias data pendukung yang valid. Ini artinya, kita nggak bicara asumsi tapi benar-benar based on data yang ada di lapangan.

 

Esai kontribusi ini perlu disertai saran solusi nih, dari kita untuk Indonesia. Solusi ditawarkan perlu bersifat spesifik, measurable atau dapat diukur dan dievaluasi, realistis untuk dilakukan, relevan dengan isu, dan time-bound atau disertai target waktu.

 

Apabila YOTers tertarik, bisa banget kepoin informasi dan insight tentang tips lolos beasiswa LPDP di akun Instagram dan YouTube Dokter Celline. Semoga kita bisa nyusul ya, YOTers! Good luck!

 

Baca Ini Juga Yuk!

 

Good news!

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join komunitasnya sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia 

Menangkan kesempatan dapat Smoot Electric Scooter, caranya cukup ikuti arahan sesuai poster berikut dan follow instagram @phoenixunitedid untuk stay updated.

 

 

Butuh inspirasi?

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.

Artikel ini bersumber dari : www.youngontop.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News