GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

4 Oktober 2022

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mempelajari berbagai tips sukses jualan online berikut ini:

Mendapatkan Tips Jualan Online yang tepat menjadi kebutuhan tersendiri untuk kamu yang akan segera terjun ke dunia bisnis online secepatnya. Bisnis online masih menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan tentunya sangat layak untuk dijadikan pilihan. Bukan hanya prospeknya yang berkembang pesat, perubahan tren dalam bisnis online ini juga terjadi begitu cepat.

Peluang untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis online harus diimbangi dengan rencana dan juga ide bisnis yang tepat sejak awal. Kedua hal ini akan membantu kamu mengatasi berbagai tantangan yang selalu mungkin terjadi dalam dunia bisnis ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mempelajari berbagai tips sukses jualan online.

Temukan dan Tetapkan Tips Jualan Online yang Tepat

Jangan memulai bisnis dengan asal-asalan, sebab hal ini sangat beresiko dan bisa membuat bisnis online mengalami kegagalan. Penting untuk mempelajari dan memahami dengan baik seluk beluk bisnis online itu sendiri. Hal ini akan mempermudah kamu untuk membangun dan mengelola bisnis tersebut hingga sukses kedepannya. 

Berikut ini adalah beberapa tips jualan online untuk pemula yang bisa kamu terapkan saat membangun bisnis: 

1. Siapkan Mental dan Fisik

Meski hanya dijalankan secara online, bisnis ini juga membutuhkan keseriusan yang baik sejak awal. Sama seperti bisnis lainnya, ada banyak tantangan dan juga persaingan yang akan dihadapi dalam bisnis online. Jangan sampai bisnis hanya berjalan seumur jagung dan berhenti di tengah jalan, hanya karena dikelola dengan malas-malasan. Penting untuk menyiapkan mental dan juga fisik untuk memulai dan membawa bisnis online menjadi sukses kedepannya. 

2. Tetapkan Produk yang Akan Dijual 

Tips jualan online laris berikutnya adalah menentukan produk yang akan dijual. Penting untuk memahami dengan baik peluang produk tersebut di pasar terlebih dahulu. Selain itu, pertimbangkan juga ketatnya persaingan yang akan dihadapi dalam bisnis produk tersebut. Ini penting, terutama jika memilih produk yang sedang tren dan banyak ditemukan di pasaran. 

3. Pahami Nilai Jual Produk 

Masih berkaitan dengan tips dan trik jualan online di atas, memahami nilai jual produk juga menjadi poin wajib. Hal ini akan memudahkan untuk memaksimalkan semua kegiatan dalam bisnis online itu sendiri, seperti: pemilihan kemasan, cara penjualan, kegiatan promosi dan yang lainnya. Semakin mudah pelanggan melihat nilai jual produk, maka semakin mungkin mereka melakukan pembelian. 

4. Susun Rencana Bisnis yang Tepat 

Tips jualan online untuk pemula ini menjadi salah satu yang terpenting. Mulailah menyusun rencana bisnis yang tepat, dimana seluruh kegiatan bisnis bisa dijalankan dengan baik. Hal ini meliputi seluruh aktivitas, mulai dari pengadaan barang, penjualan, hingga kegiatan promosi yang dibutuhkan. Jika perlu, buat juga rencana kedua sebagai cadangan, untuk berjaga-jaga jika rencana utama bisnis tidak berjalan dengan lancar. 

5. Lakukan Pemasaran dengan Maksimal

Tips dan trik jualan online bisa dikategorikan sukses, jika dapat memberikan jalan untuk langkah pemasaran yang tepat. Di dalam bisnis online, menggunakan jalur pemasaran yang tepat merupakan kebutuhan tersendiri dan tak bisa diabaikan. Ada beberapa cara yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan, antara lain: 

  • Membangun website bisnis pribadi 

Tips sukses jualan online yang satu ini cukup banyak dijadikan sebagai pilihan dan terbukti berhasil. Website bisnis akan memungkinkan aktivitas bisnis dijalankan dengan maksimal, sesuai dengan rencana awal. Namun hal ini tentu akan membutuhkan modal bisnis yang terbilang besar. 

  • Berjualan melalui marketplace

Tips jualan online laris yang satu ini terbilang cocok untuk pemula, terutama yang hanya memiliki modal terbatas. Ada banyak marketplace yang bisa dijadikan sebagai pilihan tempat pemasaran bisnis, dimana menemukan pengunjung dan calon konsumen menjadi hal yang lebih mudah. Selain itu, marketplace juga menyediakan berbagai fitur dan cara promosi yang dapat dimanfaatkan untuk membangun bisnis online. 

  • Berjualan melalui media sosial

Tips jualan makanan online maupun produk lainnya ini akan cocok untuk calon pebisnis yang aktif di sosial media. Jumlah pengguna yang banyak merupakan kelebihan dari media sosial, sehingga peluang untuk mendapatkan penjualan yang tinggi juga begitu besar. Hal ini bahkan akan lebih mudah, jika diimbangi dengan kegiatan promosi yang tepat.

6. Jalankan Kegiatan Promosi yang Tepat

Tips jualan online online berikutnya adalah menjalankan aktivitas promosi dengan cara yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda, antara lain: 
Melakukan pemasangan iklan di media sosial menjadi rahasia tips jualan online laris para pebisnis sukses. Ini bisa diterapkan dengan cara memilih media sosial yang tepat dan menyuguhkan konten iklan yang berkualitas baik dan sesuai untuk produk itu sendiri. 
Memberikan diskon pembelian juga menjadi cara promosi yang lazim dilakukan dalam bisnis online. Lakukan tips jualan online untuk pemula ini dengan perhitungan yang cermat, agar tetap bisa memberikan keuntungan dalam bisnis. 
Tips jualan makanan online berikutnya adalah dengan menggunakan konten marketing. Buatkan konten yang berkualitas baik dan relevan dengan produk yang dipasarkan. Sesuaikan konten ini dengan media yang digunakan, misalnya email ataupun media sosial lainnya. 
Memberikan sample produk gratis juga menjadi  tips sukses jualan online yang sangat layak dicoba. Hal ini dapat dilakukan dengan menyertakan sample produk berukuran mini saat konsumen melakukan pembelian. 

7. Kelola Arus Kas dengan Baik

Tips dan trik jualan online yang satu ini berlaku untuk semua jenis bisnis online. Penting untuk mengelola arus kas dengan baik, agar keuangan bisnis bisa berjalan dengan lancar. Sesuaikan jadwal pembayaran dan juga penerimaan dengan tepat, sehingga semua kegiatan bisnis dapat berjalan baik dengan dukungan keuangan yang teratur sepanjang waktu. 

8. Lakukan Evaluasi Secara berkala 

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala dalam bisnis online. Hal ini berlaku dalam semua hal, termasuk terkait kualitas produk dan juga layanan kepada pelanggan. Tips jualan online untuk pemula ini akan membantu bisnis tetap berjalan lancar dan bahkan semakin baik kedepannya. 

Cara Mendapatkan Modal untuk Pebisnis Online Pemula 

Tips sukses jualan online tentu harus didukung dengan modal yang memadai. Hal ini penting, agar semua tips dan trik jualan online di atas bisa diterapkan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan modal awal bisnis untuk para pebisnis online pemula:

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Keterangan

Kredit Usaha Rakyat (KUR) KUR merupakan kredit yang secara khusus diperuntukkan bagi para pengusaha, termasuk pebisnis online. Layanan keuangan ini disediakan oleh hampir seluruh bank di tanah air, sehingga cukup mudah untuk diakses. Selain bunganya yang rendah, syarat dan proses pengajuan KUR juga terbilang mudah. Cukup lengkapi semua data pada aplikasi dan sertakan informasi terkait bisnis yang dijalankan, maka kredit ini sudah bisa diajukan.
Kartu Kredit Tips jualan online laris yang satu ini khusus untuk pebisnis yang sudah memiliki kartu kredit sebelumnya. Manfaatkan dana dalam kartu kredit untuk membangun bisnis online. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan melakukan pembayaran tepat waktu, agar terhindar dari masalah bunga dan juga biaya lainnya
Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tips jualan online untuk pemula yang satu ini cocok untuk pebisnis online yang memiliki akses ke layanan perbankan. KTA merupakan produk perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk modal bisnis. Layanan ini bisa ditemukan di semua bank. Pengajuan KTA bisa dilakukan langsung di bank yang bersangkutan dengan membawa persyaratan: KTP, buku tabungan, SIUP dan NPWP. Beberapa bank juga memungkinkan pengajuan secara online.
P2P Lending Tips sukses jualan online berikutnya adalah dengan mengajukan pinjaman/ pendanaan melalui layanan P2P Lending yang belakangan ini begitu diminati. Pinjaman ini disediakan oleh perusahaan pendanaan secara online, sehingga sangat mudah untuk diakses. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukannya, antara lain: KTP, rekening tabungan, proposal bisnis. Para calon investor akan mempelajari profil bisnis terlebih dahulu, sebelum akhirnya memberikan keputusan terkait pengajuan pendanaan tersebut.
Pinjaman Online (Pinjol) Mengajukan pinjaman online merupakan Tips jualan online terakhir untuk mendapatkan modal bisnis. Pinjol biasanya hanya menerapkan persyaratan yang mudah, sehingga dapat diakses dengan cepat. Namun penting untuk selalu cermat dalam memilih sebab bunga pinjaman ini terbilang sangat besar. Pengajuan pinjol bisa dilakukan secara online melalui situs-situs resmi perusahaan pendanaan yang berkaitan. Lengkapi beberapa persyaratan berikut dengan baik, antara lain: KTP, NPWP, rekening tabungan, aplikasi permohonan pinjaman.

Rencanakan dan Jalankan Bisnis Online dengan Modal Memadai

Selain menerapkan tips jualan online yang tepat di dalam bisnis, menyediakan modal dalam jumlah tepat merupakan kebutuhan tersendiri. Pilih bisnis online yang tepat dan rencanakan dengan baik sejak awal. Dapatkan pinjaman modal dari sumber tepat, sehingga bisnis bisa dijalankan dengan cara yang tepat dan menguntungkan.

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.


Artikel ini bersumber dari : www.republika.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News