GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

4 Oktober 2022

SAMARINDA, iNews.id – Sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan menteri, maka pembekalan dan uji kompetensi operetor sub sektor ketenagalistrikan diatur Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, Undang-Undang No 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja dan Permen ESDM No. 6 Tahun 2021 tentang Standardisasi Kompeten Tenaga Teknik Ketenagalistrikan.

Selanjutnya, Permen ESDM No. 42 Tahun 2016 tentang Standardisasi Kompetensi Kerja di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara dan Kepmen ESDM 1827.K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik menyatakan bahwa Kepala Teknik Tambang atau Penanggung Jawab Teknis dan Lingkungan wajib mengangkat tenaga kerja yang kompeten.

Sebanyak 15 orang pegawai ikuti Diklat Pembekalan dan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Pengoperasian PLTD level 3 (Operator Genset) di Provinsi Kalimantan Timur.

Diklat ini terselenggara hasil kerja sama PPSDM Geominerba dan Forum KTT Provinsi Kalimantan Timur.

Secara resmi Diklat dibuka oleh Penanggung Jawab Diklat Basuki Rachmat, Rabu (24/8/2022) di Hotel MJ Samarinda. Turut hadir Kepala Forum KTT Provinsi Kalimantan Timur dan Narasumber Elif Doka Marliskan dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Selama Dua hari (24-26 Agustus 2022) para peserta akan dibekali materi seperti regulasi dan teori, serta satu hari untuk uji kompetensi.

Peserta juga akan diuji dengan tiga tahap yaitu uji tulis, uji praktik, dan uji wawancara. 

Setelah memenuhi syarat portofolio dan setelah lulus uji kompetensi, setiap peserta akan mendapatkan sertifikasi kompetensi sesuai pilihan skema kompetensi pilihan yang diterbitkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel:

Artikel ini bersumber dari : jabar.inews.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News