Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik untuk Shopee di Indonesia

Halo teman-teman! Masih bingung juga caranya bikin surat lamaran kerja buat apply di Shopee? Jangan khawatir, kita akan bahas bersama-sama di sini. Sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, Shopee selalu menyediakan banyak kesempatan bagi kamu yang ingin bergabung menjadi bagian dari tim mereka. Namun, persaingannya tentu saja cukup ketat. Oleh karena itu, surat lamaran kerja yang kamu buat harus bisa memikat HRD Shopee, ya. Yuk, simak tipsnya!

Apa itu Surat Lamaran Kerja Shopee?


Logo Shopee Indonesia

Shopee adalah platform e-commerce paling populer di Indonesia. Tidak hanya memudahkan kita untuk belanja online, Shopee juga memberikan banyak peluang bagi kami untuk bekerja di perusahaan raksasa teknologi ini. Banyak orang bermimpi untuk bekerja di Shopee, untuk mendapatkan manfaat seperti gaji yang kompetitif, asuransi kesehatan, tunjangan kesejahteraan, dan kemungkinan promosi yang cepat.

Namun, untuk mendapatkan pekerjaan di Shopee, kita harus melalui proses seleksi yang ketat. Salah satu dokumen yang paling penting dan harus kita buat dengan baik saat melamar pekerjaan di Shopee adalah surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah surat resmi yang kita buat untuk melamar posisi di Shopee. Surat ini harus ditulis secara profesional dengan informasi lengkap tentang diri kita, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan minat. Surat lamaran kerja juga bisa menjadi alat yang sangat penting untuk membuat kesan pertama yang baik pada tim perekrut Shopee.

Mengapa surat lamaran kerja sangat penting ketika melamar pekerjaan di Shopee? Surat lamaran kerja adalah tempat kita menunjukkan keahlian, pengalaman, dan kemampuan untuk diri kita sendiri. Ini juga bisa jadi alat komunikasi yang kuat untuk membuat pihak HRD Shopee tahu bahwa kita sangat serius dalam bekerja di perusahaan mereka.

Sayangnya, membuat surat lamaran kerja yang berhasil bukanlah tugas yang mudah. Banyak orang kesulitan untuk menyusun surat lamaran yang baik karena takut gagal dalam proses seleksi. Namun, dengan sedikit usaha dan bantuan, kita semua bisa menulis surat lamaran kerja yang hebat untuk melamar pekerjaan di Shopee.

Selain itu, ketika menulis surat lamaran kerja untuk Shopee, kita harus membaca dan memahami persyaratan dan kualifikasi pekerjaan yang diinginkan. Hal ini akan membantu kita menyesuaikan surat lamaran kita dengan kebutuhan pihak HRD Shopee dan membuatnya terlihat profesional. Surat lamaran yang sukses harus mencakup paling tidak informasi tentang pekerjaan yang kita lamar, pengalaman kerja dan kualifikasi yang pas, serta beberapa detail tentang diri kita yang mungkin dapat menarik perhatian tim perekrut Shopee.

Para pelamar juga harus selalu menjaga etika selama proses melamar. Meskipun kita memiliki bakat dan pengalaman yang luar biasa, kita selalu harus menghormati tim perekrut Shopee dan berbicara dengan sopan. Kita harus menunjukkan dedikasi dan antusiasme, karena perusahaan melihat hal itu sebagai kualitas penting yang diinginkan dari setiap calon karyawan.

Terakhir namun tidak kalah penting, perlu diingat bahwa surat lamaran kerja bukanlah satu-satunya dokumen yang harus disiapkan ketika melamar pekerjaan di Shopee. Besar kemungkinan kita akan diminta melampirkan CV, portofolio, dan dokumen pendukung lainnya yang menunjukkan pengalaman kerja, kualifikasi, dan kemampuan diri kita.

Oleh karena itu, ketika ingin melamar kerja di Shopee, kita harus mempersiapkan segala dokumen terkait dengan baik. Teliti setiap kebutuhan dan persyaratan, serta menjaga etika dalam berkomunikasi dengan pihak HRD Shopee. Dengan begitu, peluang untuk menjadi bagian dari tim Shopee akan meningkat pesat.

Panduan Menulis Surat Lamaran Kerja Shopee yang Baik


Shopee logo

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menulis surat lamaran kerja Shopee yang baik:

1. Lakukan Riset dan Pahami Filosofi Perusahaan

filosofi Shopee

Sebelum menulis surat lamaran kerja Shopee, pastikan untuk melakukan riset yang cukup tentang perusahaan. Pahami visi, misi, dan filosofi perusahaan. Hal ini akan memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang perusahaan dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan surat lamaran Anda dengan posisi yang Anda lamar.

Baca Juga :   Berkah Pindah ke Dubai, Viktor Axelsen Jadi Tunggal Putra Ranking 1 Dunia hingga Tak Terkalahkan : Okezone Sports

2. Sertakan Pengalaman dan Prestasi Anda dengan Detail

prestasi resume

Selain kualifikasi Anda, Shopee juga mencari kandidat yang memiliki pengalaman dan prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Oleh karena itu, pastikan untuk menyertakan pengalaman dan prestasi Anda dengan detail dalam surat lamaran kerja Anda.

Contohnya, jika Anda melamar sebagai Manajer Akun, sertakan pengalaman kerja Anda di bidang manajemen akun dan klien, serta prestasi apa yang pernah Anda raih dalam posisi tersebut. Misalnya, berhasil meningkatkan pendapatan klien atau mencapai target penjualan dalam waktu yang singkat.

3. Berikan Alasan Mengapa Anda Cocok untuk Posisi Tersebut

why hiring me

Terkadang, memiliki pengalaman dan prestasi saja tidak cukup. Shopee juga mencari kandidat yang memiliki motivasi dan ambisi untuk berkembang dalam posisi tersebut. Oleh karena itu, berikan alasan yang jelas dan jujur ​​mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

Anda bisa memberikan alasan berdasarkan perspektif pribadi, seperti pengalaman, minat, dan visi Anda dengan Shopee. Jangan lupa untuk menyesuaikan alasan Anda dengan filosofi perusahaan Shopee.

4. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami dan Singkat

simple language

Surat lamaran kerja Shopee harus ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan singkat, tidak terlalu bertele-tele. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan jangan berlebihan dengan penggunaan kalimat yang rumit.

Pastikan juga untuk menyampaikan gagasan dan informasi dengan jelas, tidak ambigu, dan mudah dipahami. Ini akan memudahkan pihak HRD Shopee untuk memahami latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi Anda.

5. Tutup Surat dengan Kalimat Baik-Baik

goodbye

Setelah menyelesaikan surat lamaran kerja Anda, pastikan untuk menutupnya dengan kalimat baik-baik. Mengucapkan terima kasih kepada pengundang dan memberikan keyakinan bahwa Anda sangat berharap akan segera dihubungi untuk menghadiri wawancara.

Sebagai contoh, gunakan kalimat seperti “Saya sangat berharap dapat bergabung dengan perusahaan Anda dan dapat memberikan kontribusi positif bagi Shopee. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Saya sangat berharap akan segera dihubungi untuk menghadiri wawancara selanjutnya. “

Dengan memperhatikan keenam panduan di atas, diharapkan surat lamaran kerja Shopee Anda dapat memikat perhatian HRD dan mungkin membuka peluang untuk menjadi bagian dari tim Shopee.

Tips Sukses dalam Mengirim Lamaran Kerja Shopee


Lamaran Kerja Shopee

Shopee adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Keberhasilan Shopee menjadikannya sebagai salah satu tujuan para pencari kerja. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang mempertimbangkan untuk mengirimkan lamaran kerja Shopee, maka ada beberapa tips sukses yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Simak ulasan berikut:

Pelajari Profil dan Karakteristik Shopee

Shopee Logo

Sebelum mengirimkan lamaran kerja ke Shopee, pastikan Anda mempelajari profil dan karakteristik perusahaan tersebut. Pelajari visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan agar Anda bisa menyesuaikan diri dengan hal-hal yang menjadi fokus utama perusahaan. Bacalah informasi lengkap perihal produk serta layanan yang ditawarkan oleh Shopee. Tentu saja, memahami karakteristik perusahaan dan industri akan membantu Anda menulis lamaran kerja yang lebih relevan.

Tunjukkan Bahwa Anda Memiliki Keterampilan yang Dibutuhkan

Keterampilan

Untuk memperbesar kemungkinan diterima di Shopee, pastikan bahwa Anda menyampaikan keterampilan yang sejalan dengan posisi yang dipilih pada lamaran kerja. Tunjukkan dengan jelas bahwa Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. Jangan menyesatkan tentang kompetensi yang dimiliki, namun jangan pula meremehkan kemampuan Anda. Fokus pada keterampilan dan pengalaman Anda dalam melamar pekerjaan secara spesifik. Pastikan bahwa lamaran kerja menunjukkan nilai tambah yang bisa ditawarkan oleh Anda sebagai kandidat posisi tersebut.

Cantumkan Pengalaman Kerja yang Berkaitan

Pengalaman Kerja

Pada lamaran kerja, sertakan pengalaman kerja yang berkaitan dengan posisi yang Anda inginkan di Shopee. Pastikan bahwa Anda menjelaskan secara rinci tanggung jawab dan pencapaian yang telah dicapai selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Jelaskan bagaimana pengalaman tersebut akan membantu Anda dalam memenuhi tuntutan pekerjaan di Shopee. Jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya, tetaplah fokus pada keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan posisi tersebut.

Sertakan Surat Lamaran dan CV yang Menarik

Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja dan CV yang baik dapat membantumu mencuri perhatian rekruter Shopee. Pastikan bahwa surat lamaran dan CV kamu terlihat profesional dan menarik. Pastikan juga penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, selain itu jangan lupa buat ringkasan sederhana tentang diri Anda, kualifikasi, keterampilan, pengalaman kerja, serta pribadi yang tidak ada dalam CV Anda. Hindari membuat kesalahan ketik dan pastikan tidak ada bagian dari surat lamaran kerja yang terlihat ‘copy-paste’ atau kelihatan tidak orisinal.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Kosmetik yang Menarik untuk Diikuti

Jangan Lupakan Etika Berkirim Surat Lamaran

Etika Kerja

Seperti pada contoh kita dalam hal surat lamaran kerja, dalam berkirim surat lamaran juga ada etika yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Berikan subjek email yang relevan dengan posisi yang dipilih.
  • Gunakan salam yang baik dan benar dengan kata “Bapak atau Ibu. “
  • Mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam menggunakan nama atau jabatan seseorang.
  • Buat kalimat inti dengan “Ini adalah surat permohonan kerja atau permohonan kerjasama”, lalu jelaskan mengapa Anda tertarik bekerja di Shopee dan posisi yang dipilih.
  • Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak yang mudah dihubungi untuk memudahkan jika perusahaan Shopee ingin mengundangmu untuk interview.

Dengan memperhatikan etika berkirim surat lamaran, maka surat lamaran kamu akan terlihat lebih profesional. Selain itu, jangan lupa berikan apresiasi atas waktu dan usaha perusahaan yang diberikan. Mintalah izin untuk menghubungi mereka kapan saja jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

Dalam mengirimkan lamaran kerja ke Shopee, pastikan Anda menyampaikan keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang sedang dibuka. Jangan lupa bahwa surat lamaran kerja dan CV Anda harus terlihat menarik dan profesional. Jika Anda mengikuti tips sukses di atas, peluang Anda untuk diterima di Shopee akan lebih tinggi. Selamat mencoba!

Tantangan dalam Menjalani Proses Seleksi Kerja di Shopee


Proses Seleksi Kerja di Shopee

Proses seleksi kerja memang selalu menjadi momok yang menakutkan bagi para pencari kerja. Terlebih lagi bagi para pencari kerja yang ingin bergabung di Shopee. Shopee sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia pastinya akan memiliki sangat banyak pelamar kerja yang mencoba peruntungannya. Oleh karena itu, pada subtopik ini kita akan membahas beberapa tantangan yang mungkin akan kamu hadapi saat menjalani proses seleksi kerja di Shopee.

Kompetisi yang sangat ketat

Kompetisi di Shopee Indonesia

Masuk ke dalam perusahaan yang berprestasi dan terkenal seperti Shopee tentu saja memerlukan proses seleksi yang sangat ketat. Kamu harus bisa bersaing dengan banyak orang yang memiliki skill yang sama denganmu. Berdasarkan data, Shopee mendapatkan lebih dari 500 pelamar untuk satu posisi. Jadi, kamu harus benar-benar mempersiapkan dirimu dan menunjukkan bahwa kamu lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

Tes wawancara yang sulit

Tes wawancara kerja

Selain melakukan tes tertulis, perusahaan Shopee juga akan melakukan tes wawancara yang sangat sulit. Tes ini diinformasikan dari para kandidat yang pernah melamar di Shopee. Pada tes wawancara ini, kamu akan diuji mengenai kemampuanmu dalam berkomunikasi, kemampuan analisis, cara mengambil keputusan, dan banyak lagi.

Persaingan yang tinggi pada tahap tes keahlian

Tes keahlian kerja

Saat proses seleksi, tidak hanya melalui tahap tes tertulis dan wawancara, namun juga tes keahlian. Tes keahlian atau skill test akan memeriksa kemampuanmu mengenai teknis pekerjaan yang kamu lamar. Sayangnya, pada tahap tes keahlian ini juga akan ada persaingan yang sangat ketat. Kamu harus menunjukkan bahwa kemampuanmu cukup kompeten untuk diterima di Shopee.

Berpikir out of the box pada tes studi kasus

Tes studi kasus kerja

Selain tes keahlian, ada juga tes studi kasus pada tahap seleksi kerja di Shopee. Tes ini biasanya dalam bentuk kasus bisnis yang harus kamu pecahkan dalam waktu yang terbatas. Tes studi kasus ini akan menguji kemampuanmu dalam menganalisis masalah dan kemampuanmu dalam berpikir out of the box. Ketika melakoni tes studi kasus tersebut, persiapkan mental yang kuat dan siapkan diri menghadapi berbagai tugas dan tantangan yang bakal sulit untuk diselesaikan.

Tingkat kesulitan yang tinggi pada tes psikometri

Tes Psikometri Kerja

Terakhir, tahap seleksi kerja yang umumnya biasa diremehkan namun memiliki bobot yang sangat penting dalam proses seleksi kerja yaitu tes psikometri. Tes ini mengevaluasi kepribadianmu dan kecocokanmu dengan posisi pekerjaan yang akan kamu ambil. Tes psikometri didesain untuk menguji keserasian kepribadianmu dengan kebutuhan perusahaan. Dalam tes ini kamu harus berkomitmen dan mampu mengerjakan dengan penuh keseriusan untuk menghasilkan hasil yang baik dan sesuai dengan perekrut.

Jadi, itulah beberapa tantangan yang mungkin akan kamu hadapi saat menjalani proses seleksi kerja di Shopee. Jangan khawatir jika kamu merasa kesulitan, persiapkanlah dirimu dengan baik dan terus semangat untuk meraih posisi yang kamu idamkan di Shopee. Good luck!

Terima kasih Sudah Membaca!

Nah, itu dia penjelasan mengenai surat lamaran kerja Shopee yang bisa kamu buat dan kirimkan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami dan mempersiapkan diri sebelum melamar kerja di Shopee ya! Jangan lupa kunjungi kembali website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar karir dan dunia kerja. Sukses selalu!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar