Contoh Surat Lamaran Kerja JNE yang Menarik dan Efektif untuk Melamar Pekerjaan di JNE

Halo semua! Kita ketemu lagi nih, kali ini aku mau bahas tentang “surat lamaran kerja JNE”. Pasti udah pada tahu ya, JNE itu perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah terkenal banget di Indonesia. Nah, untuk kamu yang lagi cari kerja atau ingin mencoba peruntungan sebagai karyawan JNE, salah satu hal yang harus kamu siapkan adalah surat lamaran kerja. Sebagai langkah awal, kamu harus membuat surat lamaran yang baik dan bisa memikat perhatian pihak perusahaan. Makanya, di artikel ini aku akan kasih tips dan trik membuat surat lamaran kerja JNE yang sukses. Yuk, simak sampai selesai!

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja JNE yang Baik dan Benar


Logo JNE

JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. Dalam bisnis yang kompetitif seperti ini, bekerja di JNE tentu menjadi impian banyak orang. Namun, untuk bisa diterima bekerja di JNE, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah mengirimkan surat lamaran kerja.

Mengirim surat lamaran kerja memang merupakan suatu hal yang cukup krusial karena surat lamaran kerja menjadi representasi diri Anda di mata perusahaan yang akan menjadi tempat Anda bekerja. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mengikuti beberapa tips cara menulis surat lamaran kerja JNE yang baik dan benar berikut ini untuk meningkatkan peluang Anda diterima bekerja di JNE.

1. Perkenalan Diri Dan Maksud Anda Melamar Pekerjaan

Mosaico JNE

Bagian pertama surat lamaran kerja harus mencantumkan informasi mengenai identitas diri yaitu nama lengkap dan alamat lengkap beserta nomor telepon. Selain itu, sebutkan juga posisi atau pekerjaan apa yang Anda lamar. Jangan lupa cantumkan sumber informasi yang membawa Anda mengenal perusahaan JNE dan niat besar Anda dalam memilih JNE sebagai tempat bekerja.

Usahakan untuk menyebutkan informasi yang spesifik tetapi singkat mengenai pengalaman kerja yang relevan dan kualifikasi lain yang dimiliki. Namun, jika Anda masih belum memiliki pengalaman kerja dalam bidang yang sama, jangan khawatir. Cukup berikan informasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan, atau sertifikasi yang pernah Anda ikuti dan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar.

Di bagian akhir paragraf ini, berikan gambaran singkat mengenai motivasi dan tujuan Anda untuk bekerja di JNE. Sertakan juga alasan mengapa Anda ingin bergabung dengan JNE dan apa yang Anda tahu tentang perusahaan ini. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan memahami visi dan misi perusahaan JNE.

2. Deskripsi Keahlian dan Kemampuan Direlevan dengan Pekerjaan yang Dilamar

JNE delivery

Bagian ini adalah bagian dimana Anda akan menjelaskan keahlian atau kemampuan Anda yang direktur terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jangan lupa sertakan bukti atau pengalaman yang pernah Anda miliki dalam menggunakan keahlian tersebut. Misalnya, jika Anda melamar posisi sebagai customer service di JNE, jangan lupa untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi secara efektif, melayani pelanggan dengan baik, dan memecahkan masalah dengan cepat.

Tampilkan bagaimana keahlian dan kemampuan tersebut dapat berguna bagi JNE. Anda harus memberikan banyak contoh konkret, menggambarkan bagaimana keahlian tersebut digunakan dalam pekerjaan sebelumnya, atau bagaimana Anda dapat mengaplikasikan keahlian tersebut di JNE nanti. Hal ini akan memberikan kesan positif bagi rekruter bahwa Anda mampu menjadikan kelebihan diri Anda sebagai keuntungan bagi perusahaan.

3. Penutup

Thank you JNE

Selain mengucapkan terima kasih kepada penerima lamaran kerja, di sini Anda juga dapat menambahkan kalimat terakhir yang menunjukkan harapan Anda untuk dapat mengikuti seleksi dan diterima bekerja di JNE. Jangan lupa untuk menyertakan kontak Anda lagi sebagai pengingat pada rekruter. Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, Anda juga dapat memeriksanya kembali, baik tata bahasa, ejaan, atau struktur kalimat untuk memastikan bahwa surat lamaran kerja sudah terlihat profesional dan enak dibaca oleh penerima surat.

Dalam membuat surat lamaran kerja JNE yang baik dan benar, penting bagi Anda untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip umum dalam menulis surat lamaran kerja. Pastikan surat lamaran kerja yang Anda buat relevan, aktual, dan informatif. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang sopan dan profesional. Selain itu, jangan takut untuk berkreasi dalam membuat surat lamaran kerja yang menarik, namun tetap mempertahankan ketepatan, konsistensi, dan kesederhanaan.

Baca Juga :   Tips Lolos Tes Kesehatan

Tips Meningkatkan Peluang Diterima Kerja di JNE


surat lamaran kerja jne

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang yang sudah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Kami akan memberikan tips bagi Anda yang ingin meningkatkan peluang diterima kerja di JNE.

1. Persiapkan Curriculum Vitae yang Rapi


CV Rapi

Curriculum Vitae (CV) atau lebih dikenal dengan istilah daftar riwayat hidup merupakan salah satu berkas penting yang harus Anda siapkan saat mengajukan surat lamaran kerja ke JNE. CV yang baik adalah yang rapi dan terstruktur sehingga mudah dibaca oleh pihak HRD JNE.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat CV yang rapi:

  • Gunakan format dan template yang sesuai
  • Jangan terlalu memaksakan diri dalam memasukkan informasi
  • Cantumkan pengalaman kerja dan pendidikan dengan jelas dan detail
  • Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan singkat
  • Cantumkan skill dan keahlian yang dimiliki yang sesuai dengan posisi yang dilamar

2. Buat Surat Lamaran Kerja yang Menarik


surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang menjadi tanda bahwa kita mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Penting bagi Anda untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik dan mampu memikat hati pihak HRD JNE.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik:

  • Buatlah surat lamaran yang bersih dan rapi
  • Sertakan alamat dan nomor telepon yang mudah dihubungi
  • Cantumkan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di JNE
  • Berikan gambaran singkat mengenai pengalaman kerja dan pendidikan
  • Sertakan pesan akhir yang positif, misalnya: “Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim JNE untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.”

3. Pelajari Profil dan Sejarah JNE


Logo JNE

Sebelum mengajukan surat lamaran kerja ke JNE, sebaiknya Anda mempelajari profil dan sejarah perusahaan tersebut. Hal ini bisa membantu Anda memahami lebih dalam mengenai pihak HRD JNE dan tentunya akan memberikan nilai tambah bagi Anda saat diwawancara, karena Anda menunjukkan minat yang besar terhadap perusahaan tersebut.

Beberapa informasi yang bisa Anda pelajari adalah:

  • Sejarah berdirinya JNE
  • Visi dan misi perusahaan
  • Jangkauan cabang JNE
  • Produk dan layanan JNE

4. Sertakan Referensi Dalam Surat Lamaran Kerja


Referensi

Melampirkan referensi dalam surat lamaran kerja dapat membantu meningkatkan peluang Anda diterima kerja di JNE. Pihak HRD JNE akan lebih percaya dan percaya bahwa Anda memang benar-benar memiliki kinerja dan kepribadian yang baik di mata orang lain.

Berikut ini adalah beberapa referensi yang bisa Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja:

  • Bekas atasan atau manajer
  • Bekas rekan kerja
  • Dosen atau guru

Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum menyertakan nama mereka sebagai referensi dalam surat lamaran kerja.

5. Konsisten dan Terus Pantau Lowongan Kerja


pantau lowongan kerja

Saat melamar ke JNE, jangan hanya mengirimkan satu surat lamaran saja dan berharap diterima kerja dengan mudah. Sebaiknya, konsisten dan selalu pantau lowongan kerja di JNE yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Berikut ini cara pantau lowongan kerja di JNE:

  • Kunjungi website JNE secara teratur
  • Follow akun resmi JNE di media sosial
  • Daftarkan akun di situs lowongan kerja online yang bekerjasama dengan JNE
  • Langganan newsletter JNE

Terakhir, jangan lupa stress bahwa tekad dan kegigihan juga berpengaruh dalam menambah peluang bekerja di JNE. Berdoa sebelum mengirimkan surat lamaran kerja juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Etika Membuat Surat Lamaran Kerja JNE yang Profesional


JNE Indonesia

Setelah mengetahui beberapa hal penting seputar surat lamaran kerja JNE, kini saatnya membahas etika membuat surat lamaran yang profesional. Berikut ini kami rangkum beberapa tips agar surat lamaran kerja yang kamu buat lebih menarik perhatian HRD JNE:

1. Selalu Perhatikan Penulisan Saat Membuat Surat Lamaran


Penulisan Surat Lamaran

Sebuah surat lamaran kerja yang baik haruslah ditulis dengan benar dan jelas serta menyertakan informasi yang detail. Pastikan kamu memeriksa kembali ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan, gunakan kalimat yang mudah dipahami, tuliskan informasi tentang kualifikasi, pengalaman dan pencapaianmu secara rinci. Pastikan surat lamaran yang kamu buat terlihat profesional dan konsisten dari awal hingga akhir.

2. Jangan Menjiplak Contoh Surat Lamaran


Contoh Surat Lamaran

Meskipun kamu bisa mencari contoh surat lamaran kerja JNE yang baik di internet, namun kami sarankan kamu tidak menjiplaknya secara langsung. Kamu bisa menggunakan contoh tersebut sebagai referensi, namun bagian awal dan akhir surat lamaran serta content yang terdapat di tengah surat lamaran tidak boleh sama persis dengan contoh. Jangan lupa untuk menyertakan pengalaman, kualifikasi, dan informasi lain yang dapat menambah nilai jual diri kamu.

3. Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Posisi yang Dilamar


Mendesain Surat Lamaran

Saat kamu melamar posisi di JNE, kami sarankan agar kamu menyesuaikan surat lamaran kamu dengan posisi yang kamu lamar. Kamu haruslah mengetahui pekerjaan yang kamu lamar dan persyaratan yang diminta. Pastikan kamu memenuhi persyaratan tersebut dan kamu mencantumkannya di surat lamaranmu. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi HRD JNE untuk menanyakan lebih detail informasi mengenai posisi tersebut agar kamu bisa menyertakannya di surat lamaran. Dengan menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang kamu lamar, kamu bisa memberikan kesan bahwa kamu memang serius dan benar-benar mengetahui pekerjaan yang kamu lamar.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Penolakan Lamaran Pekerjaan yang Tepat dan Profesional di Indonesia

4. Buat Isi Surat Lamaran yang Terstruktur dan Menarik


Contoh Surat Lamaran

Selain menulis surat lamaran dengan benar dan jelas, pastikan isi surat lamaran mu juga terstruktur dan menarik. Buat sebuah paragraf yang jelas dan mudah dibaca. Pastikan ringkasan kualifikasi serta pengalamanmu selaras dengan point-point dalam deskripsi pekerjaan. Jangan lupa untuk menyertakan kalimat pembuka yang menarik perhatian, seperti kesan yang kamu dapatkan tentang perusahaan, atau alasan kamu tertarik melamar di JNE. Isi surat lamaran yang menarik akan menyebabkan perekrut tertarik untuk membaca lebih detail mengenai kualifikasi serta pengalamanmu dalam surat lamaranmu.

5. Cantumkan Job Title serta Nama HRD JNE yang Kamu Ajukan


HRD JNE

Pastikan kamu mencantumkan Jabatan dan Nama HRD JNE yang kamu ajukan surat lamaran tersebut. Dengan mencantumkan informasi tersebut, kamu memberikan informasi bahwa kamu memang benar-benar menargetkan perusahaan tersebut, berniat melamar posisi yang diinginkan, serta memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Kamu tentunya tidak ingin terlihat “sembarang” dengan mengirim lamaran ke banyak perusahaan yang posisi dan persyaratan tidak sesuai atau terlihat kurang serius.

Demikian beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja JNE yang baik dan menarik perhatian para perekrut. Dengan memperhatikan etika membuat surat lamaran yang baik, kamu bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk diundang pada tahAP selanjutnya yaitu tahap wawancara kerja di JNE. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan di JNE. Selamat mencoba!

Format Standar Surat Lamaran Kerja untuk JNE yang Harus Diketahui


JNE Logo

Berkarir di JNE bisa menjadi pilihan menarik untuk membangun karir yang sukses di industri logistik Indonesia. Mengirimkan surat lamaran kerja adalah langkah awal yang harus kamu lakukan untuk bisa bergabung dengan perusahaan ini. Namun, ada beberapa format standar surat lamaran kerja untuk JNE yang harus kamu ketahui sebagai calon pelamar.

1. Tujuan Surat Lamaran Kerja

Tujuan Surat Lamaran Kerja

Sebelum memulai penulisan surat lamaran kerja untuk JNE, tentukan terlebih dahulu tujuan surat kamu. Apakah kamu melamar pekerjaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan? Jelaskan dengan jelas alasannya dan deskripsikan kualifikasi yang kamu miliki sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

2. Isi Surat Lamaran Kerja

Isi Surat Lamaran Kerja

Buat surat lamaran kerja dengan struktur yang jelas dan terorganisasi dengan baik. Isi surat lamaran kerja harus mencakup:

  • Pembukaan: Mulailah dengan menyebutkan nama dan data diri lengkap. Sertakan alamat, nomor telepon, dan email yang mudah dihubungi
  • Paragraf Awal: Jelaskan tujuan surat lamaran dan bagaimana kamu mengetahui informasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Sebutkan sumber informasi lowongan kerja, apakah kamu menemukan di situs web perusahaan atau media sosial.
  • Paragraf Kedua: Jelaskan pengalaman kerja yang kamu miliki, termasuk keahlian khusus dan prestasi yang pernah diraih. Pastikan kamu memberikan informasi yang relevan dengan kualifikasi pekerjaan yang diinginkan oleh JNE.
  • Paragraf Ketiga: Jelaskan mengapa kamu tertarik untuk bergabung dengan JNE dan apa yang membuatmu cocok dengan budaya perusahaan.
  • Paragraf Penutup: Sampaikan kembali minat kamu untuk mengembangkan karir di JNE dan sertakan kalimat penutup yang sopan.

3. Bahasa yang Digunakan

Bahasa yang Digunakan

Pilih bahasa yang mudah dipahami dan sopan dalam menulis surat lamaran kerja untuk JNE. Hindari pemakaian bahasa yang terlalu berlebihan atau terlalu informal. Sebaiknya gunakan kalimat sederhana dengan struktur yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

4. Penampilan Surat Lamaran Kerja

Penampilan Surat Lamaran Kerja

Tampilan surat lamaran kerja yang rapi dan menarik bisa memberikan kesan positif pada pihak perusahaan. Pastikan kamu menggunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Pilih ukuran font standar seperti Times New Roman dengan ukuran 12 atau 11. Gunakan spasi yang cukup antara paragraf dan jangan lupa untuk memberikan spasi pada margin kanan dan kiri surat.

Jangan lupa untuk mengecek tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja untuk JNE. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau penulisan yang salah, hal ini bisa memberi kesan buruk pada calon pelamar.

Dengan memperhatikan format standar surat lamaran kerja untuk JNE di atas, diharapkan kamu dapat mengirimkan surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Semoga kamu dapat berhasil dalam membangun karir yang sukses dengan bergabung bersama JNE.

Soal Surat Lamaran Kerja JNE

Kamu sudah selesai membaca artikel tentang surat lamaran kerja JNE yang ringkas dan mudah dimengerti ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan di perusahaan JNE. Ingatlah untuk selalu memberikan yang terbaik dan jangan lupa submit surat lamaran kerja kamu segera. Terima kasih sudah membaca, dan kami tunggu kedatanganmu di website kami berikutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar

    X~\1P