Writing Job Application Letter for Teachers in Indonesia

Artinya: Menulis Surat Lamaran Kerja Guru di Indonesia
Berikut adalah tips membuat surat lamaran kerja guru yang baik dan benar. Sebagai seorang guru, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat penting karena surat ini menjadi alat untuk mempresentasikan diri Anda kepada pihak sekolah atau lembaga pendidikan yang Anda lamar. Dalam surat lamaran kerja guru, Anda harus menggambarkan dengan jelas tentang latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, serta motivasi Anda untuk menjadi seorang guru yang baik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan dengan baik surat lamaran kerja guru sebelum Anda mengirimkannya ke pihak yang Anda lamar.

Apa itu Surat Lamaran Kerja Guru dalam Bahasa Inggris?


Surat Lamaran Kerja Guru dalam Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris adalah sebuah surat yang digunakan oleh calon guru untuk melamar pekerjaan sebagai guru di sekolah berbahasa Inggris atau di luar negeri. Mereka biasanya harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan lancar, serta pengalaman mengajar yang cukup.

Isi dari surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris hampir sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya, yaitu mencakup informasi tentang data diri pelamar, pengalaman kerja, pendidikan, dan motivasi untuk bergabung menjadi guru di sekolah tersebut.

Pada surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris, pelamar harus mengikuti aturan penulisan yang sesuai dengan tata bahasa Inggris yang benar dan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.

Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman mengajar, mereka dapat menunjukkan keterampilan yang dimilikinya dalam surat lamaran kerja tersebut seperti prestasi akademik atau pengalaman organisasi yang mereka miliki.

Surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris juga harus dilampirkan dengan CV (curriculum vitae) atau daftar riwayat hidup yang memuat informasi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta keterampilan dan keahlian yang dimiliki para pelamar.

Apabila surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris tersebut direspon oleh pihak sekolah yang dilamar, para pelamar akan diundang untuk menghadiri tes wawancara yang dilakukan dalam bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan lancar akan sangat membantu para pelamar dalam menghadapi tes wawancara tersebut, sehingga memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai guru di sekolah yang mereka inginkan.

Dalam surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris, pelamar juga harus menunjukkan kompetensi dan motivasi yang memadai untuk menjadi seorang guru yang bertanggung jawab dan efektif dalam memberikan pembelajaran kepada para siswa.

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh para guru antara lain kemampuan mengelola kelas yang baik, mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami, serta mampu memberikan bimbingan dan motivasi kepada para siswanya.

Pada akhir surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris, pelamar bisa menulis kalimat penutup yang sopan, seperti “Saya berharap untuk segera mendapatkan kesempatan untuk bergabung menjadi guru di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran kerja saya.”

Dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja guru disebut dengan “Application Letter for Teacher”, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut dengan “Surat Lamaran Pekerjaan Guru”.

Bagi para pelamar yang ingin melamar pekerjaan sebagai guru di sekolah berbahasa Inggris atau di luar negeri, penting untuk mengirimkan surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris yang baik dan benar serta memperlihatkan kemampuan bahasa Inggris yang lancar. Hal tersebut menjadi salah satu kunci untuk dapat diterima sebagai seorang guru di sekolah tersebut.

Pentingnya Menulis Surat Lamaran Kerja Guru yang Kuat


Surat Lamaran Kerja Guru

Surat lamaran kerja merupakan hal yang paling penting saat kita ingin melamar pekerjaan, termasuk melamar pekerjaan menjadi seorang guru. Surat lamaran kerja yang baik dan kuat sangatlah penting untuk meningkatkan kesempatan kita untuk dipanggil ke tahap seleksi berikutnya.

Baca Juga :   Surat Keterangan Tidak Hamil: Persyaratan Baru dalam Melamar Kerja di Indonesia

Banyak calon guru sering menganggap surat lamaran kerja tidak terlalu penting dan mengirimkan surat yang kurang berkualitas, padahal, surat lamaran kerja adalah kesempatan bagi kita untuk memberikan kesan pertama yang baik dan membedakan diri kita dengan para pelamar lainnya. Selain itu, surat lamaran kerja juga dapat menunjukkan kualitas kepribadian dan kemampuan komunikasi kita yang menjadi salah satu kriteria untuk menjadi seorang guru yang baik.

Berikut ini adalah alasan mengapa menulis surat lamaran kerja guru yang kuat sangatlah penting:

Meningkatkan Kesempatan Membuat Kesimpulan Positif

Selama proses seleksi, pihak pengambil keputusan akan membaca dan menilai setiap surat lamaran kerja yang mereka terima. Surat lamaran kerja yang baik dan kuat akan meningkatkan kemungkinan pelamar diundang untuk tahap selanjutnya. Surat lamaran kerja yang menyenangkan dibaca dan menarik dapat membuat orang yang membacanya memperhatikan dan menganggap pelamar serius dan profesional.

Menunjukkan Potensi dan Kemampuan

Surat lamaran kerja yang baik dan kuat dapat menjelaskan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pelamar. Pelamar dapat menggambarkan kualifikasi dan keterampilan yang dimiliki yang sangat relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini akan semakin meyakinkan pihak yang membaca untuk mempertimbangkan pelamar di tahap selanjutnya. Sebuah surat lamaran kerja yang kuat dapat menjelaskan mengapa kamu adalah pilihan yang tepat dan pantas untuk mengisi posisi guru ini.

Memperlihatkan Kemampuan Komunikasi

Surat lamaran kerja yang baik dan kuat dapat menunjukkan kemampuan komunikasi seorang pelamar. Kualitas surat lamaran kerja berkaitan erat dengan komunikasi seorang pelamar karena surat lamaran kerja merupakan cara kita untuk berkomunikasi dan memberikan informasi kepada pihak pengambil keputusan. Seorang guru yang baik harus dapat berkomunikasi dengan baik, dan surat lamaran kerja yang baik dan kuat dapat menunjukkan kemampuan komunikasi kita melalui penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, pengorganisasian teks yang baik, serta penggunaan kata-kata yang tepat dan efektif.

Mempertegas Minat Dalam Bidang Pendidikan

Sebuah surat lamaran kerja yang kuat dapat menunjukkan kepada pihak pengambil keputusan bahwa calon guru tersebut memiliki minat yang kuat dan jelas dalam bidang pendidikan. Calon guru juga dapat menunjukkan keterampilan dan pengalaman di bidang pendidikan yang akan memperkuat kesan bahwa dia adalah calon yang ideal.

Dalam kesimpulannya, surat lamaran kerja merupakan hal yang paling penting saat kita ingin melamar menjadi seorang guru. Sebuah surat lamaran kerja yang baik dan kuat dapat meningkatkan kesempatan pelamar untuk diundang ke tahap seleksi berikutnya. Selain itu, surat lamaran kerja dapat menunjukkan kualitas kepribadian dan kemampuan komunikasi pelamar yang menjadi kriteria untuk menjadi seorang guru yang baik. Jangan lupa untuk selalu menulis surat lamaran kerja yang kuat dan menjelaskan mengapa kamu adalah pilihan terbaik untuk menjadi seorang guru yang berdedikasi dan professional.

Cara Membuat Struktur Surat Lamaran Kerja Guru


Lamaran Kerja Guru

Memasuki dunia kerja sebagai guru memang tak semudah membalikan telapak tangan. Selain persaingan yang ketat, proses seleksinya pun nggak kalah rumit. Kamu harus benar-benar mempersiapkan diri, salah satunya dengan membuat surat lamaran kerja yang menarik dan profesional.

Nah, untuk membantumu membuat surat lamaran kerja guru yang berkualitas, di bawah ini akan dibahas mengenai cara membangun struktur surat lamaran kerja guru yang tepat:

1. Buatlah Identitas Diri


Identitas Diri

Setiap surat lamaran kerja pasti dimulai dengan identitas diri si pelamar. Di sini kamu perlu menuliskan nama lengkap, usia, alamat, nomor telepon, dan email, jangan sampai salah menuliskan identitas diri, ya!

Contoh :

Nama : Putri Maharani

Usia : 25

Alamat : Jl. Mawar No 15, Bandung

No. Telp : 081234567890

Email : Putri.maharani@gmail.com

2. Sampaikan Tentang Posisi yang Dilamar


Posisi yang Dilamar

Setelah menuliskan identitas diri, kamu juga harus menyebutkan posisi yang kamu lamar secara jelas. Tujuannya supaya HRD lebih mudah memahami dan memproses surat lamaran kamu.

Contoh :

Yth. Kepala Sekolah SMK Negeri 7

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Putri Maharani

Alamat : Jl. Mawar No 15, Bandung

No. Telp : 081234567890

Email : Putri.maharani@gmail.com

Dalam surat ini, saya bermaksud untuk melamar posisi sebagai guru bahasa Inggris yang currently open di sekolah Bapak/Ibu. Saya merasa memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan dan saya yakin bisa memberikan kontribusi positif di sekolah Bapak/Ibu jika diberikan kesempatan.

3. Sampaikan Keahlian yang Dimiliki


Keahlian yang Dimiliki

Jangan lupa untuk menyebutkan keahlian yang kamu miliki. Dalam hal ini, pastikan kamu menyebutkan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jika kamu melamar posisi guru bahasa Inggris, maka sebutkan pengalaman mengajar dan penguasaan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja PT Ceres Bandung

Contohnya :

Selain memiliki latar belakang pendidikan yang memadai, saya juga telah memperoleh pengalaman sebagai guru bahasa Inggris selama tiga tahun. Selama mengajar, saya juga dilatih untuk mengajar region kelas internasional dan memiliki sertifikat TOEFL dengan skor 600. Saya yakin keahlian saya bisa menjadi nilai tambah di sekolah Bapak/Ibu.

4. Jangan Lupa Sertakan Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja


Riwayat Pendidikan

Sertakan juga riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Ungkapkan dengan jelas kapan kamu menyelesaikan pendidikan, jurusan, institusi, dan IPK. Sedangkan untuk pengalaman kerja, sebutkan perusahaan asal, jabatan, dan lingkup pekerjaan yang pernah kamu lakukan.

Contoh :

Riwayat Pendidikan

2015 – 2019 : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Padjajaran, IPK 3,75

2011 – 2014 : SMA Negeri 5 Bandung, Jurusan IPA

2005 – 2011 : SDN 01, Bandung

Riwayat Pengalaman Kerja

2019 – Sekarang : Guru Bahasa Inggris di SMPN 4 Bandung

2018 – 2019 : Pengajar lepas TOEFL di Yayasan Lestari

2017 – 2018 : Relawan mengajar bahasa Inggris di paroki Santo Yakobus, Bandung

5. Sertakan Kalimat Penutup yang Ramah dan Mencerminkan Motivasi


Kalimat Penutup

Terakhir, lengkapi surat lamaran kamu dengan kalimat penutup yang ramah dan mencerminkan motivasi. Ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan menyatakan antusiasme kamu terhadap posisi yang dilamar.

Contoh :

Sekian surat lamaran kerja guru yang dapat saya sampaikan. Saya sangat berharap untuk bisa bergabung di sekolah Bapak/Ibu dan memberikan kontribusi sehingga dapat membangun generasi masa depan yang lebih baik. Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya.

Demikian cara membangun struktur surat lamaran kerja guru yang benar. Semoga bermanfaat dan sukses dalam melamar pekerjaan sebagai guru, ya!

Kesalahan Umum yang Perlu dihindari dalam Surat Lamaran Kerja Guru


Surat Lamaran Kerja Guru

Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Di samping itu, menjadi guru juga merupakan salah satu pilihan karir yang menjanjikan saat ini. Banyak sekali perguruan tinggi, sekolah, dan lembaga kursus yang membutuhkan guru berkualitas untuk membuka lowongan pekerjaan. Sebagai seorang calon guru, Anda harus menulis surat lamaran kerja yang terbaik dan menarik untuk membuat perusahaan terkesan dan tertarik untuk mengundang Anda untuk wawancara. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kesalahan yang harus dihindari dalam surat lamaran kerja.

Tidak Menjelaskan Motivasi


Surat Lamaran Kerja Guru Motivasi

Motivasi adalah faktor yang sangat penting dalam keberhasilan menjadi seorang guru, oleh karena itu, Anda harus menjelaskan alasannya mengapa ingin menjadi seorang guru di baris pertama atau paragraf awal. Menjelaskan mengapa ingin menjadi seorang guru merupakan cara terbaik untuk membuat surat lamaran kerja Anda menonjol di antara yang lain. Hal ini dapat memberikan kesan yang baik pada HRD atau orang yang bertanggung jawab dalam perekrutan guru di sekolah atau lembaga kursus.

Mengirimkan Surat Lamaran Kerja yang Tidak Memenuhi Persyaratan


Surat Lamaran Kerja Guru Peraturan

Memonitor lowongan pekerjaan adalah hal yang penting, Anda perlu membaca setiap kriteria yang harus dipenuhi oleh calon guru yang tercantum dalam iklan lowongan pekerjaan. Kemudian, bandingkan dengan surat lamaran kerja Anda untuk memastikan bahwa Anda telah mencakup semuanya. Menjelaskan bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda mampu memenuhi kriteria yang diperlukan merupakan cara terbaik untuk membuktikan kompetensi Anda sebagai calon guru.

Melampirkan CV yang Tidak Relevan


Surat Lamaran Kerja Guru Curriculum Vitae

Setiap surat lamaran kerja guru harus memasukkan CV sebaik mungkin yang menunjukkan kualifikasi dan pengalaman relevan untuk pekerjaan tersebut. Jangan menyertakan pengalaman atau sertifikat yang tidak relevan dalam CV. Hindari menyertakan informasi pribadi dan tidak relevan seperti hobi Anda, keterampilan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, dan informasi keluarga.

Tidak Memberikan Informasi yang Jelas Mengenai Pengalaman Kerja


Surat Lamaran Kerja Guru Pengalaman Kerja

Poin terakhir yang harus diperhatikan dalam surat lamaran kerja guru adalah memastikan bahwa Anda membeberkan pengalaman kerja sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Jangan memaparkan pengalaman kerja Anda dengan terlalu panjang lebar, tetapi cukup membeberkan pengalaman yang sesuai dan membuat surat lamaran kerja Anda menonjol dan menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut.

Terima Kasih Telah Membaca Surat Lamaran Kerja Guru dalam Bahasa Inggris

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan sebagai guru. Jangan lupa untuk selalu memperbaiki kemampuan Bahasa Inggris Anda agar semakin mampu dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Sampai jumpa dalam artikel kami yang lain. Terima kasih dan jangan lupa kembali lagi di kemudian hari!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar