Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Format Full Block Style

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang diperlukan untuk memperoleh pekerjaan. Selain memuat identitas diri dan pengalaman kerja, surat lamaran kerja juga harus disusun dengan baik dan benar agar terkesan profesional dan menarik perhatian perusahaan yang dilamar. Salah satu gaya penulisan surat lamaran kerja yang paling umum adalah full block style, di mana setiap baris dimulai dari margin kiri dan tidak menggunakan inden. Walaupun lebih santai, tetapi penting untuk tidak mengurangi kualitas bahasa dan memperhatikan tata letak yang rapi dan mudah dibaca.

Pengertian Surat Lamaran Kerja Full Block Style


Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Surat lamaran kerja full block style adalah jenis surat lamaran kerja yang memiliki format penulisan yang kaku dan formal. Pada surat ini, semua teks dialign-kan ke sisi kiri seperti pada contoh:

[Alamat Perusahaan]
[Tanggal Tulisan Surat Lamaran Kerja]
[Alamat Pelamar]
[Perihal]

Surat lamaran kerja full block style lebih dikenal sebagai surat lamaran kerja yang formal. Surat ini ditujukan untuk menyampaikan niat dan tujuan seorang pelamar dalam mengajukan permohonan pekerjaan di perusahaan tujuan. Dalam sebuah surat lamaran kerja full block style, seorang pelamar harus memastikan bahwa tulisan yang disampaikan dalam surat tersebut jelas dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, sehingga perusahaan dapat menilai kemampuan seorang pelamar dalam menulis dan berkomunikasi dengan baik

Ciri-Ciri Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Ciri-Ciri Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Seorang pelamar dapat menggunakan banyak jenis surat lamaran ketika mengirimkan lamaran pekerjaan. Namun, surat lamaran kerja full block style memiliki ciri-ciri yang sangat khas, di antaranya:

  • Format Yang Kaku: Surat ini memiliki format penulisan yang kaku atau formal. Semua paragraf atau bagian surat rata kiri dan tidak mempunyai indentasi.

  • Sesuai Standar Kaidah Bahasa Indonesia: Surat lamaran kerja full block style harus selalu memperhatikan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semua kata dan kalimat yang ditulis harus jelas sehingga pihak perusahaan mudah memahami tujuan pelamar.

  • Tulisan Yang Rapi dan Bersih: Surat ini harus ditulis dengan tulisan yang rapi dan bersih, dengan ukuran font yang sesuai serta margin yang diketahui.

  • Cetak Surat Lamaran Kerja: Surat lamaran kerja full block style sebaiknya dicetak menggunakan printer dengan kertas dengan kualitas bagus.

Keuntungan Menggunakan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Keuntungan Menggunakan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Surat lamaran kerja full block style memiliki beberapa keuntungan yang dapat membedakan dari jenis surat lamaran kerja yang lainnya. Antara lain:

  • Meningkatkan Profesionalisme: Surat ini menunjukkan bahwa kamu seorang yang profesional dan memberikan nilai tambah pada dirimu sebagai pelamar.

  • Lebih Teratur dan Rapi: Surat dengan format full block style terbilang cukup rapi dan teratur karena semuanya tertata dengan baik.

  • Mudah Dibaca: Surat lamaran kerja dengan format full block style memudahkan pihak perusahaan untuk membaca dan memahami isi surat dengan mudah karena format yang digunakan berbeda dari surat biasa.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Adapun langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja full block style antara lain:

  1. Menggunakan format penulisan yang kaku dan sesuai kaidah bahasa Indonesia

  2. Gunakan margin sekitar 2,5-4 cm, font Times New Roman atau Arial dengan ukuran 11 atau 12

  3. Menuliskan identitas lengkap pelamar seperti nama, alamat, email, dan nomor telepon yang masih aktif pada bagian awal surat

  4. Menuliskan alamat lengkap perusahaan dan nama perusahaan pada bagian setelah identitas pelamar serta diikuti dengan tanggal surat

  5. Menyampaikan kalimat pembuka yang bersifat formil seperti “Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pekerjaan”

  6. Menjelaskan informasi singkat tentang diri, pendidikan, serta pengalaman kerja yang dimiliki pada bagian selanjutnya

  7. Menjelaskan kembali keinginan untuk bekerja di perusahaan dan kelebihan yang dimiliki pelamar yang dapat membuat perusahaan tertarik

  8. Menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan memberikan tanda tangan di bawahnya

  9. Melampirkan CV atau curriculum vitae, serta dokumen atau sertifikat lain yang relevan

  10. Mengecek kembali kualitas dan kesalahan pada surat lamaran, sebelum dikirimkan ke perusahaan

Demikianlah pengertian surat lamaran kerja full block style yang termasuk dalam jenis surat resmi serta memegang peranan penting dalam melamar sebuah pekerjaan. Sekarang kamu telah mengetahui langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja full block style dengan baik dan benar serta memahami ciri-ciri dan keuntungan dari surat ini, kamu siap untuk melamar pekerjaan di perusahaan pilihanmu.

Baca Juga :   Cara Bikin CV Bahasa Inggris yang Menghipnotis HRD, Auto Dipanggil!

Kelebihan Penulisan Surat Lamaran Kerja Full Block Style


Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Penulisan surat lamaran kerja full block style adalah format penulisan surat yang cukup populer di Indonesia. Ada beberapa kelebihan penulisan surat lamaran kerja full block style dibandingkan dengan format penulisan surat lamaran kerja lainnya.

Pertama, Tampilan yang Rapi


Penulisan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Format penulisan surat lamaran kerja full block style memiliki tampilan yang rapi karena garis-garis pada paragrafnya sejajar. Tampilan yang rapi akan memberikan kesan profesional dan rapi. Hal ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi para pelamar kerja, dimana para perekrut suatu perusahaan akan memberikan nilai lebih terhadap tampilan surat lamaran kerja yang rapi.

Kedua, Memudahkan Pembacaan


Penulisan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Format penulisan surat lamaran kerja full block style memiliki penambahan spasi antar setiap paragraf. Hal ini akan memudahkan proses pembacaan surat lamaran kerja bagi para perekrut yang menerima banyak surat lamaran kerja dalam satu waktu. Selain itu, pembacaan surat lamaran kerja yang dimudahkan dapat memberikan nilai tambah bagi pelamar kerja, sehingga surat lamaran kerja akan lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan memperlihatkan kompetensi yang dimiliki pelamar kerja.

Ketiga, Mudah Dimodifikasi


Penulisan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Format penulisan surat lamaran kerja full block style adalah format penulisan yang mudah dimodifikasi. Pelamar kerja dapat memodifikasi format penulisan surat lamaran kerja full block style sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini akan memudahkan pelamar kerja dalam membuat surat lamaran kerja yang lebih efektif dan tepat sasaran dalam menyampaikan informasi dan kompetensi yang dimiliki.

Keempat, Terlihat Formal


Penulisan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Penulisan surat lamaran kerja full block style memiliki tampilan yang formal. Keformalan tersebut menjadi salah satu kelebihan dalam penggunaan format penulisan surat lamaran kerja full block style. Hal ini akan memberikan kesan professional dan penuh etika, sehingga akan memudahkan pelamar kerja dalam mempresentasikan diri dan memperlihatkan kemampuan serta kompetensinya pada perusahaan.

Kelebihan penulisan surat lamaran kerja full block style tidaklah hanya membantu pelamar kerja dalam memperlihatkan kemampuan dan kompetensinya, melainkan juga membantu para perekrut dalam memilih pelamar kerja yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga, sangat disarankan bagi para pelamar kerja untuk menggunakan format penulisan surat lamaran kerja full block style dalam melamar pekerjaan.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Full Block Style yang Baik dan Benar


Surat Lamaran Kerja Full Block Style Indonesia

Surat lamaran kerja full block style merupakan salah satu jenis surat lamaran kerja yang paling sering digunakan di Indonesia. Dalam surat lamaran kerja full block style, isi dari surat tersebut akan ditulis pada posisi yang sama dengan rata kiri untuk setiap barisnya.

Jenis surat lamaran kerja ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, karena tampilannya yang lebih formal dan profesional. Oleh karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk mengetahui cara menulis surat lamaran kerja full block style yang benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Full Block Style

1. Penulisan Heading

Sebelum memulai isi dari surat lamaran kerja full block style, pelamar kerja harus memulai dengan cara menuliskan heading dalam surat tersebut. Heading terdiri dari informasi tentang pengirim surat, tanggal surat, serta informasi penerima surat.

Penulisan heading pada surat lamaran kerja full block style harus diatur dengan rapi dan sesuai dengan formatnya. Berikut ini adalah contoh penulisan heading pada surat lamaran kerja full block style:

[Alamat Pengirim]
[Tanggal]

Kepada Yth,
[Alamat Penerima]

2. Penulisan Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka adalah bagian dari surat lamaran kerja full block style yang berfungsi untuk memperkenalkan diri pelamar kerja. Dalam bagian ini, pelamar kerja harus menuliskan nama lengkap, alamat, serta pekerjaan yang dilamar.

Penulisan paragraf pembuka pada surat lamaran kerja full block style harus mengikuti urutan tertentu dan tidak diperbolehkan untuk melebihi satu paragraf. Berikut ini adalah contoh penulisan paragraf pembuka pada surat lamaran kerja full block style:

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap: [Nama]
Alamat: [Alamat]
Pekerjaan yang Dilamar: [Pekerjaan]

3. Penulisan Paragraf Inti

Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Paragraf inti merupakan bagian dari surat lamaran kerja full block style yang berfungsi untuk menjelaskan kemampuan dan pengalaman pelamar kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Paragraf inti ini harus diatur dengan rapi dan mudah dibaca agar memudahkan pihak perusahaan dalam memahami isi dari surat lamaran kerja pelamar.

Pada bagian paragraf inti, pelamar kerja harus menunjukkan keunggulan dirinya dari yang lain, seperti pengalaman kerja, kualifikasi pendidikan, atau keterampilan yang dimiliki. Hal ini dapat memberikan kepercayaan bagi pihak perusahaan sehingga mempertimbangkan pelamar untuk dipanggil wawancara kerja.

Sebelum menulis paragraf inti, sebaiknya pelamar kerja melakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut dan pekerjaan yang dilamar. Dalam hal ini, pelamar dapat menunjukkan minatnya terhadap perusahaan dan posisi yang diinginkannya.

Agar paragraf inti mudah dibaca dan dimengerti oleh pihak perusahaan, pelamar kerja harus menjelaskan setiap poin secara singkat dan jelas. Selain itu, pelamar kerja juga harus menjelaskan bagaimana kemampuan dan pengalaman yang dimiliki dapat berguna bagi perusahaan.

Berikut ini adalah contoh penulisan paragraf inti pada surat lamaran kerja full block style:

Saya memiliki pengalaman bekerja di [Nama Perusahaan/Instansi] selama [Lama Waktu]. Sebagai [Jabatan], saya telah terbiasa dalam melakukan [Deskripsi Pekerjaan]. Selain itu, saya juga memiliki keterampilan dalam [Keterampilan yang Dimiliki]. Melalui pengalaman dan keterampilan ini, saya yakin dapat menjadi aset bagi perusahaan dan dapat membantu dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Penutup Surat

Penutup surat pada surat lamaran kerja full block style terdiri dari dua bagian, yaitu kalimat penutup yang bersifat formal dan tanda tangan pelamar kerja.

Baca Juga :   Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Part Time yang Efektif

Pada bagian kalimat penutup, pelamar kerja sebaiknya menutup surat lamaran kerja dengan kalimat yang sopan dan singkat. Pada bagian tanda tangan, pelamar kerja harus menandatangani nama lengkapnya agar pihak perusahaan dapat mengidentifikasi pelamar.

Berikut ini adalah contoh penulisan penutup surat pada surat lamaran kerja full block style:

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan perusahaan, dan siap mengikuti seleksi selanjutnya.

Hormat Saya,
Tanda Tangan [Nama Lengkap]

Itulah beberapa tips dalam cara menulis surat lamaran kerja full block style yang baik dan benar. Dengan mengikuti tips ini, pelamar kerja dapat membuat surat lamaran kerja yang rapi, mudah dibaca, dan profesional sehingga meningkatkan peluang dipanggil wawancara kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Full Block Style yang Menarik dan Professional


Contoh Surat Lamaran Kerja Full Block Style yang Menarik dan Professional

Surat lamaran kerja full block style adalah salah satu jenis surat lamaran yang seringkali digunakan oleh para pelamar kerja. Jenis surat lamaran ini memiliki format yang cukup mencolok karena seluruh teks pada surat akan diatur rata kiri untuk memudahkan pembacaan serta efektivitas informasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, surat ini juga memiliki keteraturan yang baik sehingga memberikan kesan profesional. Berikut ini, kami akan memberikan panduan dan contoh surat lamaran kerja full block style yang menarik dan profesional.

Panduan Penulisan Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Penulisan surat lamaran kerja full block style sebenarnya cukup mudah, namun tetap ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat surat lamaran tersebut menarik dan profesional. Beberapa hal penting tersebut antara lain:

  • Header surat: Anda harus menyertakan header surat yang berisi informasi mengenai perusahaan atau instansi yang dituju, alamat, tanggal, serta informasi kontak lainnya. Ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk melakukan verifikasi serta memudahkan mereka untuk menghubungi Anda.
  • Subject: Isi dari subjek surat harus singkat, jelas, dan berisi informasi mengenai posisi yang Anda inginkan. Ini juga akan memudahkan perekrut untuk memilah surat lamaran yang masuk.
  • Paragraf pembuka: Dalam paragraf pembuka, Anda bisa menjelaskan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Anda bisa menyebutkan hal-hal positif mengenai perusahaan atau produk yang mereka hasilkan. Pastikan bahwa paragraf pembuka tersebut singkat namun mengena.
  • Paragraf inti: Di paragraf inti, Anda dapat memperkenalkan diri, pengalaman kerja, serta skill yang dimiliki dalam rangka mendukung perolehan posisi yang ditujukan.
  • Paragraf penutup: Dalam paragraf penutup, Anda dapat menyatakan terima kasih serta berharap untuk segera mendapatkan undangan tes atau interview. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak Anda.
  • Tutup surat: Penutup surat sebaiknya ditulis secara profesional dengan menyertakan salam penutup seperti “Hormat saya,” dan disertai dengan tanda tangan di bawahnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Full Block Style yang Menarik dan Professional

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja full block style yang menarik dan profesional:

Surat Lamaran Kerja

PT. Nusantara Sejahtera

Jalan Ayam Jaya No. 25, Jakarta Barat

5 Agustus 2021

Surat: Lamaran Pekerjaan Digital Marketing Specialist

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD PT. Nusantara Sejahtera

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Naura Pastika

Tempat/Tanggal lahir: Bali, 7 Agustus 1995

Alamat: Jl. Merdeka No. 15, Denpasar

Pendidikan Terakhir: S1 Marketting Communication, Universitas Gadjah Mada

Menyatakan berminat untuk menempati posisi Digital Marketing Specialist, sesuai dengan informasi lowongan kerja yang saya temukan dalam situs Career Center Universitas Gadjah Mada. Saya tertarik dengan PT. Nusantara Sejahtera sebagai perusahaan besar yang memiliki beragam produk konsumer yang berkualitas. Selain itu, PT Nusantara sangat mendukung pegawainya untuk berkembang karir hingga terealisasi impian kita.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Digital Marketing Specialist di PT. Media Baru selama 3 tahun. Saya memahami bagaimana caranya untuk memasarkan produk secara online dan membangun engagement dengan customer. Selain itu, saya memiliki skill dalam mengelola social media pada beberapa platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Saya sangat bersemangat untuk dapat berkontribusi di PT. Nusantara Sejahtera sebagai Digital Marketing Specialist dan mengimplementasikan skill dan pengalaman ke dalam kontribusi yang sangat penting bagi perusahaan Anda. Saya siap memberikan dedikasi, kerja keras, dan komitmen yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan dari posisi Digital Marketing Specialist.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Naura Pastika

Image Source: Pinterest

Terima Kasih Telah Membaca

Sekian informasi terkait surat lamaran kerja full block style yang mungkin dapat berguna bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Semoga artikel ini bisa memberi masukan dan mempermudah proses melamar kerja Anda di masa depan. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kerja dan karier. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar