Standar Nilai TOEFL yang Diwajibkan untuk Melamar Kerja di Indonesia

Punya nilai TOEFL yang baik memang sangat penting bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan besar dan internasional. Di Indonesia, biasanya perusahaan-perusahaan tersebut menuntut standar nilai TOEFL tertentu. Namun, di sisi lain, Indonesia terkenal dengan kecenderungan masyarakatnya yang santai dan terbuka, termasuk dalam percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris. Lantas, bagaimana dengan standar nilai TOEFL untuk melamar kerja di Indonesia yang cenderung santai dan relaks? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Mengenal Standar Nilai TOEFL untuk Melamar Kerja


TOEFL Test

Indonesia saat ini menjadi tujuan investor asing dan perusahaan multinasional untuk lokasi bisnis mereka. Hal ini memicu permintaan tenaga kerja yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, karena bahasa tersebut digunakan sebagai bahasa internasional pada lingkungan kerja. Karena itulah, TOEFL atau Test of English as a Foreign Language menjadi satu dari banyak syarat yang biasa dijadikan acuan oleh perusahaan dalam perekrutan karyawan baru.

TOEFL sendiri merupakan tes bahasa standar internasional yang dirancang untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis bahasa Inggris terutama untuk para yang tidak memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka. TOEFL adalah alat pengukur kemampuan bahasa Inggris dan akreditasi pribadi atau institusional yang diakui secara global. Oleh karena itu, tidak heran jika TOEFL tidak hanya menjadi syarat penting dalam melamar beasiswa, tapi juga menjadi persyaratan standar perusahaan untuk melamar pekerjaan bagi para karyawan baru.

Nilai TOEFL sendiri memiliki dua jenis, yaitu TOEFL iBT (Internet-based Test) dan TOEFL PBT (Paper-based Test). TOEFL iBT lebih umum dilakukan di Indonesia karena prosedur dan cara tes yang lebih modern dibandingkan dengan TOEFL PBT. Sebagian besar perusahaan, terutama yang berhubungan dengan asing, akan menyatakan skor TOEFL iBT yang dipersyaratkan dalam persyaratan lowongan kerja dan biasanya harus memiliki skor yang cukup tinggi agar bisa lolos dari seleksi yang ketat.

TOEFL iBT sendiri memiliki rentang nilai dari 0 hingga 120. Skor nilainya digunakan sebagai ukuran kemampuan dalam bahasa Inggris dan biasanya diminta oleh perusahaan sebagai persyaratan untuk lamaran pekerjaan di luar negeri. Namun, meskipun untuk posisi di dalam negeri juga diminta, biasanya perusahaan tidak akan terlalu memperhatikan nilai TOEFL dari para pelamar, kecuali biasanya untuk posisi yang memang memerlukan kemampuan bahasa Inggris aktif, seperti misalnya posisi penyedia layanan pelanggan, asisten eksekutif atau kepala bagian bisnis.

Selain itu, perusahaan biasanya memberikan standar nilai TOEFL sebagai syarat lamaran. Standar nilai untuk setiap perusahaan biasanya berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang IT akan mensyaratkan nilai TOEFL yang lebih tinggi daripada perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Biasanya, standar nilai TOEFL yang diharapkan oleh sebagian besar perusahaan di Indonesia adalah skor minimal 550 untuk TOEFL iBT dan 500 untuk TOEFL PBT. Namun, beberapa perusahaan besar meminta nilai lebih tinggi hingga mencapai 600 untuk TOEFL iBT.

Sebagai pelamar, tentu harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes TOEFL. Memperoleh nilai TOEFL yang tinggi memang tidak mudah dan memerlukan banyak latihan serta persiapan yang matang. Ada banyak cara untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL, seperti mengikuti kursus TOEFL atau mengerjakan tes TOEFL secara online. Selain itu, dengan sering membaca artikel atau buku dalam bahasa Inggris, menonton film atau video dalam bahasa Inggris, juga dapat membantu pelamar memperoleh kemampuan bahasa yang lebih baik dalam bahasa Inggris.

Courses for TOEFL Preparation

Untuk mencapai skor TOEFL yang diinginkan, pelamar juga dapat mengikuti kursus TOEFL yang disediakan oleh lembaga atau institusi seperti lembaga pendidikan, universitas atau melalui kursus online. Kursus TOEFL akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk tes ini. Ada juga banyak opsi untuk mengambil tes TOEFL, seperti mengambil tes TOEFL di pusat tes resmi, atau mengambil tes TOEFL online.

Dalam kesimpulan, TOEFL menjadi salah satu syarat penting untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang berhubungan dengan asing. Nilai TOEFL yang diharapkan setiap perusahaan berbeda dan biasanya ditentukan berdasarkan jenis posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Untuk mencapai skor TOEFL yang diinginkan, perlu banyak latihan dan persiapan yang matang. Pelamar dapat mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus TOEFL yang disediakan oleh lembaga atau institusi dan memperbaiki kemampuan bahasa Inggris melalui membaca buku dalam bahasa Inggris, menonton film atau video dalam bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Bagaimana TOEFL Berpengaruh pada Peluang Kerja Anda


Peluang Kerja

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris internasional yang paling terkenal dan sering digunakan di seluruh dunia. Tes ini digunakan untuk menilai kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris, serta untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris di lingkungan akademik maupun lingkungan kerja. TOEFL skor dinilai dari rentang 0 hingga 120, dimana mendaftar ke universitas biasanya membutuhkan skor TOEFL minimal 86. Di Indonesia, banyak perusahaan yang mengharuskan kandidatnya untuk memiliki skor TOEFL tertentu untuk melamar pekerjaan. Berikut adalah bagaimana TOEFL berpengaruh pada peluang kerja Anda di Indonesia.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Ungaran Sari Garment

TOEFL membuka peluang kerja internasional


berkarir

Salah satu manfaat dari mengambil tes TOEFL adalah dapat membuka peluang kerja internasional. Tes TOEFL memudahkan Anda untuk mendapatkan akses ke pekerjaan atau pendidikan di luar negeri yang lebih baik, hal ini dikarenakan TOEFL adalah standar Internasional yang diakui oleh institusi akademik dan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Mengambil dan mendapatkan skor TOEFL yang baik adalah bukti bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus, dan dengan itu, Anda dapat melamar pekerjaan di luar negeri yang menawarkan gaji yang lebih baik, kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang dari berbagai negara, serta pengalaman kerja yang berbeda. Banyak perusahaan di Indonesia mengevaluasi kandidat berdasarkan kemampuan bahasa Inggris; oleh karena itu, dengan mengambil tes TOEFL dan mendapatkan skor yang lebih tinggi, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan Indonesia yang berorientasi internasional.

TOEFL meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris untuk bertahan di pasar kerja

pengaruh

TOEFL tidak hanya dirancang untuk mengukur kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris Anda di tempat kerja. Banyak perusahaan global di Indonesia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dalam bisnis mereka, oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk dapat bertahan di pasar kerja saat ini. Dengan mengambil tes TOEFL, Anda akan mengetahui kemampuan bahasa Inggris Anda secara formal dan mendapatkan tingkat pemahaman yang lebih baik tentang tata bahasa, membaca, menulis, serta berbicara dalam bahasa Inggris. Tes TOEFL juga memberikan pengalaman praktis dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, seperti menghadiri presentasi, memahami konteks percakapan, dan menyampaikan gagasan secara efektif. Dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan atasan, rekan kerja, dan pelanggan Anda.

TOEFL meningkatkan nilai Anda di pasar kerja

nilai

Memiliki skor TOEFL yang tinggi dapat meningkatkan nilai Anda di pasar kerja dan memberikan kemungkinan kenaikan gaji. Banyak perusahaan di Indonesia mempertimbangkan kemampuan bahasa Inggris dalam proses perekrutan dan mempertimbangkan kandidat yang memiliki skor TOEFL yang lebih tinggi dari yang lain. Kandidat dengan skor TOEFL tinggi dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan yang berorientasi internasional. TOEFL memberikan bukti keterampilan bahasa Inggris Anda yang didukung oleh institusi terpercaya yang dapat diakui oleh perusahaan. Kandidat yang memiliki hasil tes TOEFL yang baik mendapatkan nilai lebih dalam proses pencarian pekerjaan dan dapat membuka pintu ke kesempatan pekerjaan baru.

TOEFL, Ukuran Kemampuan Berbahasa Inggris yang Objektif

indonesia

Karakteristik TOEFL adalah penilaian yang konsisten dan objektif dalam kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini terdiri dari empat bagian: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Semua bagian tes ini dinilai secara independen dengan instrumen penilaian yang objektif dan tidak ada subjektivitas orang yang menilai. Dalam hal ini, nilai TOEFL Anda dapat menjadi ukuran yang objektif dari kemampuan berbahasa Inggris Anda. Oleh karena itu, perusahaan cenderung menggunakannya sebagai standar dalam mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris karyawannya.

Secara keseluruhan, TOEFL adalah standar global untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang. Dalam konteks pasar kerja di Indonesia, skor TOEFL yang lebih baik dapat membuka peluang kerja internasional dan meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, meningkatkan nilai Anda di pasar kerja serta memberikan ukuran objektif dari kemampuan bahasa Inggris Anda. Oleh karena itu, tes TOEFL sangat penting bagi siapa saja yang ingin meningkatkan peluang karir mereka di tingkat internasional.

Meningkatkan Kemampuan Dalam Tes TOEFL untuk Sukses dalam Dunia Kerja


toefl-test-image

Bagi sebagian besar orang Indonesia, tes TOEFL mungkin terasa sulit dan menakutkan. Terlebih lagi, saat ini persaingan kerja semakin ketat, sehingga kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk meningkatkan peluang mendapat pekerjaan. Banyak perusahaan di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor internasional yang mencari karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris baik. Oleh karena itu, meningkatkan kemampuan Tes TOEFL sangat penting untuk sukses dalam dunia kerja.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan dalam Tes TOEFL:

Mengidentifikasi Bagian TOEFL yang Lebih Sulit

toefl-test-section

Bagian dari Tes TOEFL yang lebih sulit bagi kebanyakan orang adalah Speaking dan Writing. Karena itu, fokus pada meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam bagian ini sangat dibutuhkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Speaking dan Writing adalah dengan melakukan latihan dan ogoh-ogoh. Anda juga harus mengembangkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris sehari-hari dan memperkaya kosa kata Anda untuk memberikan pengaruh yang baik dalam tes TOEFL.

Meningkatkan Kemampuan Listening dan Reading

toefl-listening-test-image

Bagian dari Tes TOEFL yang terdiri dari Listening dan Reading membutuhkan kemampuan memahami dan memproses informasi dalam bahasa Inggris dengan cepat dan akurat. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami percakapan dan tulisan dalam bahasa Inggris. Upaya ini dapat dilakukan dengan menonton film atau video berbahasa Inggris, membaca buku atau artikel berbahasa Inggris, dan berbicara dengan orang-orang yang fasih dalam bahasa Inggris.

Baca Juga :   Meski Tak Mudah, Modi Telah Melakukan Pekerjaan yang Hebat

Melakukan Praktik TOEFL secara Teratur

toefl-practice-test-image

Latihan teratur akan meningkatkan kemampuan Anda dalam Tes TOEFL secara keseluruhan. Cobalah untuk memulai dengan latihan TOEFL sederhana terlebih dahulu. Anda dapat mencari latihan soal di situs web yang memiliki reputasi baik dan mengikuti kursus les TOEFL untuk melatih diri Anda secara lebih intensif.

Menentukan Target Nilai sesuai dengan Kelas Pekerjaan yang Anda Inginkan

toefl-score-chart

Setiap perusahaan memiliki standar nilai TOEFL yang berbeda untuk karyawan yang sedang melamar pekerjaan. Sebagai calon pelamar kerja, Anda perlu mengetahui standar nilai TOEFL perusahaan tempat Anda melamar. Nilai TOEFL yang diperlukan berbeda-beda tergantung pada jabatan dan tugas yang akan dijalankan. Anda dapat memeriksa nilai minimal TOEFL yang dibutuhkan untuk setiap perusahaan pada website mereka atau menghubungi pusat informasi perusahaan secara langsung. Menetapkan target nilai untuk mencapai perolehan nilai TOEFL yang diinginkan sesuai dengan persyaratan untuk pekerjaan yang Anda impikan sangat penting untuk sukses dalam dunia kerja.

Kesimpulannya, meningkatkan kemampuan dalam Tes TOEFL sangat penting untuk sukses dalam dunia kerja. Melalui upaya-latihan, kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris, dan menetapkan target nilai yang jelas, Anda dapat melangkah ke depan dan memasuki dunia kerja dengan lebih meyakinkan.

Sumber Daya dan Sistem Pelatihan untuk Menghadapi Tes TOEFL dalam Melamar Kerja


TOEFL test session

Untuk mendapatkan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris, seringkali tes TOEFL menjadi syarat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya dan sistem pelatihan yang baik agar kemampuan berbahasa Inggris dapat meningkat dan dapat lulus dalam tes TOEFL untuk melamar kerja.

Sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL antara lain:

  • Buku-buku referensi mengenai tes TOEFL. Terdapat banyak penerbit yang mengeluarkan buku-buku referensi mengenai tes TOEFL yang dapat dijadikan referensi belajar. Buku-buku tersebut dapat dibeli di toko buku atau dipinjam di perpustakaan.
  • Aplikasi tes TOEFL. Terdapat aplikasi tes TOEFL yang dapat diunduh di smartphone atau tablet. Aplikasi tersebut biasanya menyajikan soal-soal tes TOEFL dan skor dapat langsung dilihat setelah mengerjakan soal-sola tersebut. Salah satu aplikasi yang populer adalah TOEFL Test Practice & Preparation.
  • Kursus TOEFL. Terdapat banyak lembaga kursus yang menawarkan program pelatihan tes TOEFL. Program pelatihan tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan peserta dan diselenggarakan secara intensif. Lembaga kursus TOEFL yang terkemuka antara lain English First dan Wall Street English.
  • Video tutorial TOEFL. Terdapat banyak video tutorial TOEFL yang dapat diakses secara gratis di platform YouTube. Video tutorial tersebut biasanya diberikan oleh pengajar bahasa Inggris yang berpengalaman dan membahas tips dan trik menghadapi tes TOEFL.

Sistem pelatihan yang hendak diikuti dalam mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL biasanya disesuaikan dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Ada beberapa jenis sistem pelatihan TOEFL yang dapat dipilih, antara lain:

  • Self study. Sistem pelatihan ini cocok bagi yang telah memiliki dasar Bahasa Inggris yang baik dan mampu belajar dengan mandiri. Namun sistem ini membutuhkan kemauan dan disiplin belajar yang tinggi.
  • Virtual Classroom. Memulai pelatihan TOEFL lewat virtual classroom dimungkinkan saat ini, mengingat pembatasan dalam hal menghadiri pelajaran tatap muka atau karena jauh dari tempat pelatihan TOEFL. Adanya sistem virtual dapat membantu untuk belajar sesuai dengan jadwal yang lebih fleksibel dan bisa dilakukan secara daring.
  • Intensive TOEFL Course. Sistem pelatihan dalam bentuk kursus intensif ini dapat ditempuh selama 1-2 bulan. Kursus ini biasanya terdapat di lembaga kursus seperti EF dan Wall Street English.
  • Test Problem Solving. Pelatihan ini merekomendasikan kumpulan soal dan jawaban TOEFL kepada calon peserta untuk dijawab dan diperiksa bersama-sama. Peserta juga akan mendapat masukan dan bantuan dari para pengajar dan rekan-rekannya dalam proses. Akhirnya, dihari terakhir akan diadakan tes TOEFL yang sesungguhnya supaya peserta bisa langsung merasakan hasil belajarnya selama pelatihan.
  • TOEFL Blended Course. Pelatihan bahasa Inggris seperti TOEFL blended course adalah kombinasi dari kelas tatap muka dan kursus online untuk memperkaya pembelajaran. Terdapat banyak lembaga yang menyediakan kursus TOEFL blended course, seperti English First.

Memperoleh nilai TOEFL yang memuaskan memang membutuhkan usaha dan waktu yang cukup. Dengan adanya sumber daya dan sistem pelatihan yang baik untuk menghadapi tes TOEFL dalam melamar kerja, diharapkan kemampuan bahasa Inggris kita dapat meningkat dan dapat memenuhi persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan yang kita inginkan.

Makna Nilai TOEFL untuk Membantu Melamar Kerja

Terima kasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Ingatlah bahwa setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda dalam penilaian kemampuan bahasa Inggris. Namun, dengan memperoleh nilai TOEFL yang baik, Anda memiliki keuntungan dalam bersaing dengan pelamar lain. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dan kunjungi kembali website ini untuk mendapatkan informasi-informasi menarik seputar dunia kerja. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan yang diinginkan!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar