Staff Marketing

Staff Marketing – Pemasaran dianggap sebagai tombak utama dari sebuah penjualan. Maka dari itu tidak heran apabila tiap perusahaan memiliki divisi khusus untuk melakukan pekerjaan ini demi meningkatkan permintaan yakni staff marketing. Namun apa saja tugas mereka selain mempromosikan produk?

Pengertian Staff Marketing

Staff Marketing

Dengan tingginya persaingan yang ketat antar perusahaan, membuat mereka harus bersaing secara sehat yakni meningkatkan angka penjualan. Hal ini senada pada peranan penting dari seorang staff markering untuk melakukan pemasaran sebuah produk demi membangun brand awareness.

Staff marketing sendiri merupakan pekerja yang akan  melaksanakan kebijakan untuk menentukan strategi pemasaran. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena harus mempertimbangkan jenis produk, target pasar dan sasaran perusahaan.

  • Cek : Informasi Profesi Pekerja di Perusahaan Indonesia

Kegiatan dari staff marketing pun beragam mulai dari penawaran barang seperti negosiasi, monitor penjualan, pembayaran dan PO yang berhubungan erat dengan konsumen. Selain itu mereka juga menerima keluhan sekaligus mengajukan penyelesaian atas kendala dari pelanggan tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Marketing

Staff marketing memiliki tugas dan tanggung jawab yang erat kaitannya dengan pemasaran produk perusahaan. Diantaranya seperti melaksanakan kebijakan manajemen pada bidang penjualan produk dan jasa serta membuat kontrak dengan konsumen sebagai pelanggan potensial melakukan pembelian

Selain itu mereka juga bertugas untuk melakukan penjualan produk dan menjalin hubungan dengan konsumen. Bahkan para staff marketing pun bertanggung jawab menerima segala keluhan dan complain dari pelanggan akibat kesalahan produk atau bahkan lainnya.

Baca Juga :   Tanggapan Hendi Usai Disebut Akan Ditarik Jokowi Menduduki Jabatan LKPP, “Jangan Dibuat Ramai Dulu”

Mereka juga memberikan informasi mengenai prosedur dari perusahaan untuk melakukan pemesanan produk. Tentu saja tugas seperti ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kompeten saja demi membangun komunikasi baik bersama para pelanggan.

Syarat dan Kualifikasi Menjadi Staff Marketing

Telah disinggung sebelumnya bahwa posisi marketing tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Pertama dan yang paling penting adalah memiliki kemampuan komunikasi dengan baik guna memudahkan Anda untuk meyakinkan konsumen agar dapat melakukan pembelian suatu produk.

Mereka juga harus ahli dalam public speaking. Pastikan untuk selalu percaya diri ketika sedang berbicara di depan umum meski hal seperti ini tidak bisa dilakukan secara spontan dalam waktu singkat. Selain itu memiliki kemampuan analisa dari penyimpulan sebuah informasi pada tindakan berikutnya.

  • Baca Juga : Pengertian Foreman, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Tidak hanya berkomunikasi saja namun seorang staff marketing juga harus memiliki keahlian negosiasi sehingga lebih mudah untuk membuat kesepakatan bersama konsumen. Terakhir yakni pemilihan teknologi dalam melakukan pekerjaan mereka harus sudah tepat dan efisien.

Pendidikan Minimal dan Kemampuan Harus Dimiliki

Untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut, Anda harus memiliki Pendidikan dan pengalaman yang relevan. Dalam hal ini sebenarnya tiap perusahaan mempunyai kebijakan masing-masing untuk melakukan rekrutmen posisi marketing. Pendidikan minimal yakni S1 ekonomi semua jurusan.

Pengalaman yang wajib dimiliki yakni staff marketing minimal 2 tahun berupa pedagang atau sejenisnya. Dengan pengalaman di bidang penjualan tersebut akan memudahkan seseorang dalam melakukan pemasaran suatu produk.

Seorang staff juga perlu memiliki kemampuan khusus yang membantu untuk memasarkan sebuah produk. Diantaranya yakni mampu menjual produk dan jasa, mengetahui organisasi pemasaran, negosiasi kontrak kerjasama, ketrampilan bahasa asing dan memahami peluang pasar.

Baca Juga :   Diduga Lecehkan Profesi Wartawan,Oknum Kepala Sekolah Akan Laporkan Kepolisi

Demikian ulasan dari GajiPekerja.com mengenai staff marketing yang seringkali dicari oleh perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan mereka. Jika Anda tertarik melamarnya, pastikan sudah memenuhi syarat dan kualifikasi terlebih dahulu agar memiliki potensi lebih tinggi diterima kerja di sana.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar