Simak, 20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Versi GrabJobs Halaman all

KOMPAS.com – Gaji menjadi salah satu faktor terpenting dalam mencari pekerjaan. Seorang calon karyawan biasanya akan mempertimbangkan besaran gaji yang diterima dengan tugas yang diemban sebelum menerima pekerjaan.

Hal tersebut wajar karena besaran gaji akan menggambarkan seberapa besar tanggung jawab seseorang dalam pekerjaan tersebut. Perlu digarisbawahi juga bahwa keterampilan atau skill yang dikuasai turut memengaruhi besaran gaji seseorang.

Pertanyaannya, pekerjaan apa saja yang memberikan gaji tinggi di Indonesia? Lalu, keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai level tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, platform penyedia layanan end-to-end automasi rekrutmen, GrabJobs, telah merilis laporan terbaru tentang “20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2022”.

Baca juga: Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia, Startup GrabJobs Bantu Hubungkan Perusahaan dan Pencari Kerja

Data pada laporan tersebut dikumpulkan GrabJobs berdasarkan insight dari 3.000 rekan perusahaan yang memublikasikan lowongan pekerjaan pada platform GrabJobs selama periode Januari hingga September 2022.

CEO and Co-Founder GrabJobs Emmanuel Crouy menyebutkan, laporan tersebut bisa menjadi standar acuan perusahaan di berbagai sektor industri dalam memberikan gaji kepada karyawannya.

“Selain itu, laporan itu juga bisa menjadi informasi penting kepada para pencari kerja untuk mengetahui rentang gaji tertinggi di Indonesia,” kata Emmanuel.

Berdasarkan data yang dihimpun GrabJobs, berikut daftar pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia pada 2022.

1. HR manager

Pekerjaan bagian personalia tak hanya memiliki fungsi untuk mengelola kebutuhan rekrutmen, tetapi juga meliputi tugas serta fungsi penting lainnya.

Beberapa tugas yang diemban human resource (HR) di antaranya mengelola efektivitas hubungan antarkaryawan, mengelola kompensasi dan benefit karyawan, mengadakan pelatihan, serta mengerjakan tugas administrasi.

Pekerjaan HR termasuk sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi, terutama manajer HR. Kisaran gajinya bisa mencapai Rp 10 juta sampai Rp 20 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 6 tahun.

2. Content manager

Penulis konten, seperti content writer atau copywriter merupakan pekerjaan yang dibutuhkan pada hampir semua sektor industri.

Lingkup pekerjaan yang dijalani beragam, mulai dari mengidentifikasi keperluan konten perusahaan, melakukan riset keyword, mencari ide tulisan menarik, dan mempublikasikan hasil tulisan.

Seorang content writer, copywriter, atau penulis lainnya juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji besar dengan menjadi manajer konten. Kisaran gaji seorang manajer konten berada pada rentang Rp 15 juta sampai Rp 25 juta per bulan dengan 5 tahun pengalaman di bidangnya.

Ilustrasi content creator dan content writer. DOK. Freepik.com Ilustrasi content creator dan content writer.

3. Head of tax

Kepala pajak atau head of tax menjadi satu dari banyak jenis pekerjaan yang punya fungsi vital, terutama terkait perpajakan.

Seseorang yang berkarier di bidang pajak memiliki tugas untuk melakukan segala pencatatan, pembayaran, pelaporan, dan pengawasan proses administrasi yang berkaitan dengan pajak suatu perusahaan.

Kisaran gaji seorang head of tax berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 25 juta per bulan dengan pengalaman kerja lebih dari 9 tahun.

4. Call center manager

Siapa bilang menjadi staf call center tidak bisa memiliki gaji besar dan kesempatan untuk naik jabatan? Pada dasarnya, kesempatan ini selalu terbuka di semua sektor pekerjaan, salah satunya bagian call center.

Jika staf call center memiliki kinerja yang baik, tak menutup kemungkinan bisa diangkat menjadi call center manager. Kisaran gaji call center manager pun besar, yakni di antara Rp 20 juta sampai Rp 35 juta per bulan dengan 5 tahun pengalaman.

5. Marketing manager

Bagian marketing atau pemasaran menjadi pekerjaan yang dibutuhkan pada hampir semua industri. Adapun tugas marketer di antaranya adalah mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan konsumen, melakukan pengembangan produk, dan mengenal kelebihan dan kekurangan sebuah produk.

Gaji seorang marketing manager berkisar di antara Rp 17 juta sampai Rp 25 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 7 tahun.

6. Sales manager

Tanpa penjualan produk dan jasa, sebuah perusahaan tidak akan bisa bertahan. Oleh karena itu, bagian penjualan atau sales menjadi salah satu divisi terpenting pada perusahaan.

Sales manager pun memiliki peran vital untuk mengawasi tim penjualan, membuat anggaran, melakukan monitoring pelanggan, menciptakan keuntungan pada perusahaan, menentukan jadwal waktu promosi, dan menyelenggarakan pelatihan untuk tim.

Oleh sebab itu, sales manager menjadi salah satu pekerjaan yang gajinya besar di Indonesia. Kisarannya berada pada rentang Rp 25 juta sampai Rp 35 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.

Ilustrasi pilot dan co-pilotShutterstock/TunedIn by Westend61 Ilustrasi pilot dan co-pilot

7. Pilot

Tidak heran bila mendengar pilot menjadi salah satu pekerjaan gaji besar di Indonesia. Untuk menjadi pilot, Anda harus mengikuti pendidikan khusus terlebih dahulu.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Lulusan S1 dan S2, Freeport Indonesia Buka Kesempatan Emas di Posisi Ini, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya

Seorang pilot bisa mendapatkan gaji rata-rata Rp 20 juta sampai Rp 40 juta per bulan tergantung dengan jam terbang masing-masing pilot.

8. Operation manager

Berbicara tentang lingkup, manajer operasional memiliki cakupan yang cukup luas. Sebab, manajer operasional bertanggung jawab terhadap kegiatan manajerial, produktivitas, serta melakukan kontrol terhadap efektivitas dan efisiensi yang sejalan dengan kebijakan perusahaan.

Adapun kisaran gaji seorang manajer operasional mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 40 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.

9. Ahli pertambangan

Ahli pertambangan menjadi salah satu pekerjaan yang gajinya besar di Indonesia. Potensi industri pertambangan di Indonesia pun cukup besar. Sebab, Indonesia dianugerahi sumber daya alam (SDA) yang melimpah, mulai dari tambang batu bara, emas, perak, hingga nikel, tersebar di seluruh negeri.

Untuk menjadi seorang ahli pertambangan, Anda bisa menempuh studi di jurusan teknik pertambangan, teknik perminyakan, teknik metalurgi, teknik geologi, teknik geodesi, teknik lingkungan, dan geofisika.

Baca juga: Ini Strategi Platform HR-Tech GrabJobs Tidak Merugi di Tengah Pandemi

Seorang ahli pertambangan bisa mendapatkan gaji dengan rentang mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 50 juta per bulan tergantung lingkup pekerjaan dan level masing-masing pekerjaan.

10. Ahli perminyakan dan gas

Tidak jauh berbeda dengan sektor industri pertambangan, industri perminyakan dan gas juga menawarkan berbagai perkerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia.

Pencari kerja dari lulusan fakultas teknik serta pengetahuan alam pun bisa menjadi ahli perminyakan dan gas. Seorang ahli perminyakan dan gas bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 10 juta hingga Rp 50 juta per bulan tergantung lingkup pekerjaan dan level masing-masing pekerjaan.

Ketika pertama kali mengunjungi dokter kandungan, pasien bisa memulai dengan meminta dokter membantunya mengidentifikasi apakah organ reproduksinya masih sehat secara anatomi.PEXELS/MART PRODUCTION Ketika pertama kali mengunjungi dokter kandungan, pasien bisa memulai dengan meminta dokter membantunya mengidentifikasi apakah organ reproduksinya masih sehat secara anatomi.

11. Dokter spesialis

Bisa dikatakan bahwa standar gaji seorang dokter bervariasi. Sebab, ini berkaitan dengan pengalaman, tanggung jawab, jam kerja, serta keahlian masing-masing dokter. Kendati demikan, bisa dibilang bahwa dokter spesialis menjadi salah satu pekerjaan gaji besar di Indonesia.

Selain memiliki tanggung jawab besar, tantangan menjadi dokter spesialis juga beragam. Tidak heran apabila dokter spesialis memiliki kisaran gaji tinggi di Indonesia dengan rentang Rp 15 juta sampai Rp 50 juta per bulan.

12. Ahli konstruksi

Pekerjaan gaji besar lainnya diisi oleh ahli konstruksi. Pekerjaan konstruksi merupakan jenis pekerjaan yang meliputi pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, pembongkaran, dan pembangunan kembali suatu bangunan.

Adapun beragam jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh ahli konstruksi, seperti project manager, site engineer, arsitek, administrasi umum, surveyor, dan chief inspector.

Kisaran gaji seorang ahli konstruksi berada pada rentang Rp 15 juta hingga Rp 50 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.

13. Manajer perbankan

Perbankan menjadi sektor industri yang cukup stabil di Indonesia. Adapun faktor yang membuat perbankan menjadi sektor industri yang stabil karena berbagai bank kerap menjaring lulusan terbaik untuk menjadi staf perbankan.

Manajer bank juga menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi yang berkisar antara Rp 18 juta sampai Rp 50 juta per bulan dengan 6-10 tahun pengalaman. Adapun manajer perbankan bisa meliputi relationship manager, finance manager, head of credit, head of risk, dan marketing communication manager.

14. Property developer

Industri properti bisa dibilang menjadi sektor industri yang mengalami pasang surut selama masa pandemi Covid-19. Namun, seiring pertumbuhan ekonomi kian membaik, sektor properti menunjukkan pemulihan yang drastis.

Seseorang yang bekerja sebagai real estate developer atau property developer pun menjadi pekerjaan gaji besar yang berkisar mulai dari Rp 19 juta sampai Rp 50 juta per bulan dengan 10-15 tahun pengalaman.

15. Head of corporate finance

Seorang kepala keuangan perusahaan atau head of corporate finance menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji besar berikutnya.

Kisaran gaji seorang kepala keuangan perusahaan atau head of corporate finance berada pada rentang Rp 40 juta sampai Rp 60 juta per bulan dengan 10 tahun lebih pengalaman.

16. Manufacturing director

Manufacturing director memiliki tugas penting dalam sebuah pabrik. Tanggung jawabnya meliputi perencanaan dan pengorganisasian jadwal produksi, menilai proyek dan sumber daya persyaratan, menentukan standar kontrol kualitas, serta mengawasi proses produksi.

Seorang manufacturing manager bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 80 juta sampai Rp 150 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun.

17. Business development advisor

Sebuah perusahaan membutuhkan orang yang fokus dalam mengerjakan perkembangan bisnis. Inilah tugas dari seorang business development staff. Bila memiliki kinerja yang baik, business development staff bisa diangkat menjadi business development advisor.

Adapun tugas seorang business development advisor adalah memberikan masukan terkait peluang menggaet pelanggan baru, menjaga relasi dengan pelanggan atau klien, menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan, serta melakukan riset perkembangan bisnis perusahaan secara berkala.

Baca Juga :   Lowongan Kerja di Sate Taichan Kendari Untuk Satu Posisi, Simak Syarat dan Cara Daftar

Seorang business development advisor mendapatkan gaji rata-rata Rp 50 juta sampai Rp 150 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 10 tahun.

18. Country manager

Saat ini, banyak perusahaan atau startup asing yang melebarkan sayapnya dengan membuka kantor di Indonesia. Nah, orang yang memimpin kantor cabang di suatu negara disebut dengan country manager.

Country manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk menentukan dan mendorong ekspansi pasar untuk pelanggan di negara yang ia pegang. Seorang country manager diharapkan bisa menerjemahkan kebutuhan di negara tersebut ke dalam bisnis perusahaan.

Country manager menjadi pekerjaan gaji besar berikutnya dengan rentang pendapatan mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 150 juta per bulan untuk pengalaman 10-15 tahun.

19. C-Level (CEO, COO, CFO, CMO)

Chief level (C-level) menjadi jenjang tertinggi dalam sebuah perusahaan. Istilah C-level pun sama dengan managing director (MD).

Seorang yang berkedudukan di C-level atau MD memiliki peran vital dalam perusahaan. Tugasnya memimpin dan mengendalikan perusahaan, mengontrol pertumbuhan aktivitas organisasi, dan mengawasi kinerja perusahaan.

Baca juga: Startup Karier Asal Singapura, GrabJobs Merambah Pasar Indonesia

Kisaran gaji seorang CEO atau MD berada pada rentang Rp 100 juta sampai 300 juta dengan pengalaman lebih dari 15 tahun. Patut dicatat bahwa tak semua industri dan perusahaan memiliki rentang gaji yang sama.

20. Wirausahawan

Bila Anda memiliki jiwa bisnis atau wirausaha, tak ada salahnya menjadi seorang businessman atau wirausahawan. Menjadi wirausahawan berarti, Anda memiliki perusahaan sendiri. Meskipun begitu, tantangan dan hambatan pasti selalu ada.

Namun, bila terus bekerja keras, tekun, dan disiplin, Anda bisa mendapatkan pendapatan besar per bulannya.

Perlu diketahui, orang lain akan bersikap pada kita sesuai dengan reputasi yang mereka pandang tentang diri kita. SHUTTERSTOCK/JIRSAK Perlu diketahui, orang lain akan bersikap pada kita sesuai dengan reputasi yang mereka pandang tentang diri kita.

Tips mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar tidak seperti membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan, proses, dan keahlian tertentu untuk bisa menggapainya.

Berikut adalah beberapa tips dari GrabJobs yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar.

1. Mengerti prospek pekerjaan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti prospek dan jenjang karier pekerjaan di berbagai bidang industri. Dengan memahami hal ini, Anda bisa memilahnya sesuai dengan kemampuan dan minat.

Emmanuel mengatakan, terus belajar dan meningkatkan keterampilan (upskilling), terutama di bidang teknologi bisa menjadi tips utama.

“Tidak masalah di jalur karier mana Anda berada, (bidang atau ketertkaitan dengan) teknologi (akan) selalu ada di sana. Anda perlu meningkatkan keterampilan jika ingin terus kompetitif dan mengikuti perubahan dalam lanskap pekerjaan,” ujar Emmanuel.

2. Memiliki keahlian yang jarang dimiliki orang lain

Memiliki keahlian memang penting, tapi akan lebih berguna lagi jika Anda memiliki keahlian yang jarang dimiliki orang lain.

“Saya menyarankan agar Anda meminta atasan untuk memberikan kursus peningkatan keterampilan. Opsi lain, Anda harus menginvestasikan sebagian waktu dan sumber daya Anda sendiri untuk peningkatan keterampilan. Berinvestasi pada diri sendiri adalah investasi terbesar yang dapat Anda lakukan,” kata Emmanuel.

3. Punya perilaku yang baik di perusahaan

Bisa dibilang, perilaku atau attitude menjadi hal utama yang harus dimiliki karyawan selain keahlian. Dengan memiliki perilaku yang baik, Anda bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari atasan untuk memimpin sebuah proyek atau bahkan sebuah tim.

4. Jangan takut melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan

Patut digarisbawahi bahwa tak semua orang di dunia ini bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh takut mencoba hal baru untuk bisa menggapai tangga karier impian.

5. Perluas jaringan koneksi

Memiliki jaringan koneksi yang luas bisa meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar. Oleh karena itu, jangan takut untuk memulai perbicangan pada sebuah forum. Sebab, berawal dari perbincangan santai, Anda bisa perlahan menunjukkan kualitas serta keahlian yang dimiliki.

Bisa jadi pula, orang yang Anda ajak bicara merupakan orang penting di sebuah organisasi atau perusahaan.

Baca juga: Permudah Proses Perekrutan Staf di Industri UKM, Moka Gandeng GrabJobs

Pekerjaan dengan gaji tinggi memang menggiurkan. Namun, Anda harus mengetahui alur jenjang karier yang bisa membawa ke posisi dengan penghasilan tinggi tersebut.

Sebagai informasi, GrabJobs juga mendukung para pencari kerja dengan menyediakan beragam informasi. Mulai dari informasi lowongan kerja, platform untuk mengecek gaji, artikel pengembangan karier, serta pusat pembelajaran yang penting bagi pencari kerja.

Saat ini, GrabJobs beroperasi di lebih dari 50 negara di 5 benua dan telah membantu lebih dari 10.000 perusahaan di dunia, termasuk Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : money.kompas.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar