GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

JurnalPost.com – Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan kegiatan magang kelompok yang dilakukan di PT.Perkebunan Nasional III Medan.

Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fisip USU yang melaksanakan kegiatan magang tersebut terdiri dari Fernando Sihite, Charvolika Audry, Mazidah Annisa Azzahra, Andini Farzanna, Rifqah Tiara Nazari Harahap.

Ketua kelompok dari kegiatan magang kelompok tersebut, Mazidah Annisa Azzahra mengatakan bahwa kegiatan magang merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan nyata di dalam dunia kerja.

PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang pengelolaan, pengolahan dan pemasaran hasil Perkebunan. Komoditi yang diusahakan adalah kelapa sawit, karet, tebu, teh, kopi, kakao, tembakau, aneka kayuan, buah- buahan dan aneka tanaman lainnya.

Selain melaksanakan kegiatan magang, para mahasiswa melakukan penelitian dikarenakan terdapat hal yang menarik perhatian yang terdapat pada perusahaan yaitu mengenai kualitas sumber daya manusia. Setelah data-data yang diperoleh dari penelitian terkumpul dan diolah maka laporan penelitian magang itu kemudian diberi judul “Pengaruh Profesionalisme Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara profesionalisme sebagi karyawan dengan kinerja yang dilakukan di perusahaan dimana hasil penelitian yg dilakukan menunjukkan semua karyawan bersikap profesional dan berkomitmen menjadi bagian dari perusahaan karena adanya ikatan emosional. Dengan kata lain, komitmen yang kuat akan mengidentifikasikan karyawan dengan terlibat aktif dan menikmati keanggotannya dalam perusahaan.

Selain itu terdapat hasil komitmen berkelanjutan yaitu nilai ekonomi yang dirasakan dari bertahan didalam organisasi bila dibandingkan dengan meninggalkan organisasi tersebut atau dengan kata lain para karyawan bertahan di perusahaan dikarenakan fasilitas dan gaji yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan kinerja yang dilakukan.

Perusahaan juga memberikan reward dan punishment terhadap karyawan yang tidak bersikap professional dalam melakukan pekerjaan nya. Oleh karena itu sikap professional seorang karyawan dan komitmen yang diberikan mempengaruhi kinjerja nya selama berada di perusahaan tersebut.
 
Tim Peneliti :
1. Fernando Gidion Sihite 190907002
2. Charvolika Audry 190907016
3. Mazidah Annisa Azzahra 190907034
4. Andini Farzanna 190907100
5. Rifqah Tiara Nazari Harahap 190907110

Artikel ini bersumber dari : jurnalpost.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News