Sebut Tambang Bawah Tanah PT Freeport Dijalankan 99 Persen WNI, Jokowi: Saya Sudah Lihat Langsung

TRIBUN-PAPUA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan teknologi baru yang diterapkan di tambang bawah tanah milik PT Freeport Indonesia yakni 5G Underground Smart Mining, Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).

Dalam sambutannya di acara tersebut, Jokowi menyebutkan bahwa 99 persen karyawan Indonesia (WNI) menjalankan pekerjaan tambang bawah tanah di PT Freeport Indonesia dengan metode pengendalian jarak jauh.

Operasional dengan metode pengendalian jarak jauh ini diterapkan lantaran tambang di bawah tanah memiliki medan yang sulit sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Hal itu mendapatkan apresiasi dari Jokowi.

Baca juga: Jokowi Ajak Anak Papua Main Bola di Stadion Lukas Enembe: Tagih Janji Freeport Kembangkan Olahraga

Kunjungi Gedung olahraga (GOR) Toware, Doyo, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk menyerahkan 2.700 Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memberi pujian terhadap produk dari para pelaku UMKM Papua, Rabu (31/8/2022).
Kunjungi Gedung olahraga (GOR) Toware, Doyo, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk menyerahkan 2.700 Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memberi pujian terhadap produk dari para pelaku UMKM Papua, Rabu (31/8/2022). (Tribun-Papua.com/Calvin Erari)

“Saya sangat gembira, tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan dari jarak jauh. Tadi saya sudah melihat secara langsung yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia, khususnya dari tanah Papua,” ujar Jokowi sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

“Dan melalui teknologi 5G underground smart mining ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah dan meminimalisasi kecelakaan kerja,” jelasnya.

Dengan adanya teknologi baru ini, Jokowi yakin PT Freeport Indonesia ke depannya semakin diperhitungkan di tingkat global.

Selain itu, juga semakin banyak menghasilkan sumber daya manusia di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia.

Baca juga: Pesan Mendalam Menteri Investasi Usai Lepas Pengiriman Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia

“Dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia,” tegas Jokowi.

Kepala Negara pun menegaskan, Indonesia tidak boleh tertinggal dalam operasional pertambangan.


Artikel ini bersumber dari : papua.tribunnews.com.

Baca Juga :   BRI Sukseskan Penjualan SR017 hingga Jayapura
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar