GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

4 Oktober 2022


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Hoaks lama yang kembali beredar. Video tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, pengulangan sumpah jabatan hanya dilakukan sebanyak satu kali karena terdapat satu kata yang tidak diucapkan ketika Anies Baswedan tengah mengulang sumpah jabatan.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter

= = = = =

NARASI:

“Mengulang ucapan sumpah jabatan saja tidak becus, apalagi disuruh kerja!? Anu Edanne.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “Rusman_Sumbayak” mengunggah sebuah video yang menunjukkan Anies Baswedan yang salah mengulang sumpah jabatan berulang kali. Dalam video, terlihat bahwa Anies mengulang sumpah jabatan hingga tiga kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, pengulangan sumpah jabatan hanya dilakukan sebanyak satu kali karena terdapat satu kata yang tidak diucapkan ketika Anies Baswedan tengah mengulang sumpah jabatan.

Versi lengkap dari video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube “CNN Indonesia” pada 16 Oktober 2017 dengan judul video “Sah! Anies-Sandi Resmi Pimpin Jakarta, Pelantikan Gubernur & Wagub DKI oleh Presiden Jokowi”. Adapun pengulangan sumpah dapat dilihat pada detik 9:20 hingga 9:39.

Narasi dengan topik serupa juga pernah beredar bulan Mei 2022. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Anies Baswedan Berkali-kali Salah Mengucapkan Sumpah Jabatan” yang diunggah pada 16 Mei 2022 lalu.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Rusman_Sumbayak” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian

Artikel ini bersumber dari : turnbackhoax.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News