GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

4 Oktober 2022

TEMPO.CO, Jakarta – Sekitar 10 ribu warga Palestina yang bekerja di Israel melakukan aksi mogok kerja selama satu hari, yakni pada Minggu, 21 Agustus 2022. Mereka memprotes metode pembayaran gaji, yang semula dibayarkan tunai menjadi di transfer ke rekening bank mereka.

Metode baru pembayaran gaji ini disetujui oleh otoritas Palestina dan otoritas Israel karena dirasa lebih efisien dan aman dalam menyalurkan gaji. Akan tetapi, para pekerja waswas dengan biaya administrasi yang tak terduga dan gaji mereka akan dipotong pajak.

Ribuan warga palestina mogok kerja pada Minggu, 22 Agustus 2022, untuk memprotes perubahan sistem pembayaran gaji. Sumber: Reuters

Sekitar 200 ribu warga Palestina ke Israel setiap hari atau ke wilayah yang ditempati pemeluk Yahudi, untuk bekerja. Penghasilan mereka dengan bekerja di sana, dua kali lipat dari pada mereka yang bekerja di wilayah Palestina atau lembaga negara Palestina.        

Sebagian besar pekerja asal Palestina tidak memiliki rekening bank sehingga pembayaran gaji mereka dilakukan secara manual (dicatat). Namun pembayaran gaji sekarang diubah menjadi sistem transfer sehingga bisa pula menciptakan keuntungan dari service fee (biaya jasa) pada perbankan Palestina.

Di bawah kesepakatan ini, gaji-gaji pegawai akan dibayar secara mingguan dengan biaya administrasi bank USD 1 per satu kali transfer. Kementerian Tenaga Kerja Palestina Nasri Abu Jeish mengatakan kesepakatan ini ditujukan untuk melindungi hak-hak pekerja dan tidak ada rencana sama sekali untuk memberlakukan pajak-pajak baru.

Sumber di Kementerian Pertahanan Israel mengatakan perubahan ini akan mengalami masa penyesuaian hingga benar-benar diberlakukan pada 1 Januari 2022.    

“Ini akan memperkuat perekonomian Palestina. Dampak positifnya banyak, seperti memastikan uang pensiun para pekerja dibayarkan oleh majikan mereka yang ada di Israel dan ini juga untuk mengurangi uang gelap,” kata sumber tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pegawai Kereta Api Inggris Mogok Kerja Lagi

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.            


Artikel ini bersumber dari : dunia.tempo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News