GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022


Ragam Wisata di Madiun Terhits yang Tidak Boleh Dilewatkan, Penuh Alam dan Sejarah. Instagram/©2022 Merdeka.com

Merdeka.com – Wisata di Madiun adalah salah satu tempat yang sangat sayang apabila tidak dikunjungi. Sebab, di kota ini tersimpan banyak keindahan yang siap memanjakan mata para wisatawan.

Di Madiun sendiri, tempat wisatanya sudah didominasi dengan destinasi alam yang begitu memukau. Meski lebih terkenal dengan kulinernya, Pecel Madiun, nyatanya kota di Jawa Timur ini juga menyimpan sejuta keindahan tempat wisata.

Wisata di Madiun akan menawarkan Anda pengalaman yang amat menarik dan terkenang dibandingkan dengan daerah lainnya. Karena selain indah, banyak juga tempat bersejarah.

Dirangkum dari beragam sumber, Jumat (9/9) berikut adalah Wisata di Madiun yang bisa Anda jadikan rekomendasi.

2 dari 7 halaman

Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata di Madiun yang pertama adalah Hutan Pinus Nongko Ijo yang ada di Desa Kare, Madiun. Tempat ini menyuguhkan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan asrinya.

Berada di kaki Gunung Wilis, Hutan Pinus Nongko Ijo menyajikan hawa sejuk pegunungan dengan pemandangan hijau yang sangat memanjakan mata.

ragam wisata di madiun terhits yang tidak boleh dilewatkan penuh alam dan sejarah

Instagram/nongkoijo©2022 Merdeka.com

Hutan Pinus Nongko Ijo ini juga menyediakan area perkemahan untuk para pengunjung. Beragam fasilitas menarik hadir di kawasan ini seperti rumah pohon, ayunan, spot foto, warung makan, ruang terbuka untuk bersantai.

3 dari 7 halaman

Taman Gunung Kendil

Wisata di Madiun yang kedua adalah Taman Gunung Kendil yang ada di Pilangrejo, Wungu, Madiun. Anda bisa melihat suasana pegunungan yang luas dan asri.

Dari Taman Gunung Kendil sudah nampak perbukitan, hutan, hamparan sawah yang indah dengan keunikan didominasi warna cokelat berupa tebing tanpa pohon. Taman Gunung Kendil ini dilengkapi juga dengan gazebo.

Ada pula arena balap motor, mobil off road dan juga tempat latihan tembak. Kawasan ini menjadi tempat favorit bagi Anda untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset.

4 dari 7 halaman

Situs Sejarah Nglambangan

Wisata di Madiun berikutnya adalah situs sejarah Nglambangan. Lokasinya ada di Desa Nglambangan, Wungu dan tempatnya berjarak delapan kilometer ke arah timur dari kota Madiun.

Destinasi wisata di Madiun ini memiliki sejumlah peninggalan yang dipercayai sudah ada sejak era Majapahit. Ada juga beberapa bangunan dan artefak yang masih terjaga hingga kini.

ragam wisata di madiun terhits yang tidak boleh dilewatkan penuh alam dan sejarah

Instagram/ryanferryhandoko©2022 Merdeka.com

Mulai dari Pura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pustaka, punden, lumbung, sumur kuno dan juga Sendang Jambangan.

5 dari 7 halaman

Monumen Kresek

Wisata di Madiun yang lain adalah monumen Kresek yang merupakan salah satu peninggalan sejarah untuk mengenang tragedi berdarah politik tahun 1948. Orang-orang sering menyebutnya dengan Persitiwa Madiun yang kemudian dibuat dalam diorama dan relief-relief.

Lokasinya sendiri berjarak 8 kilometer menuju arah timur dari kota Madiun. Tragedi Madiun sebenarnya tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia.

ragam wisata di madiun terhits yang tidak boleh dilewatkan penuh alam dan sejarah

Instagram/monumen.kresek©2022 Merdeka.com

Peristiwa ini menelan banyak korban di Desa Kresek. Mulai dari anggota TNI, Pamong Desa hingga para warga biasa.

6 dari 7 halaman

Makam dan Masjid Kuno Taman

Wisata di Madiun selanjutnya adalah Makam dan Masjid Kuno Taman yang merupakan peninggalan sejarah. Lokasinya ada di Kelurahan Taman, Madiun.

Perlu diketahui nama lain dari masjid ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun. Masjid ini dibangun oleh Kiai Ageng Misbach atau dikenal juga dengan sebutan Kiai Donopuro pada 1754.

ragam wisata di madiun terhits yang tidak boleh dilewatkan penuh alam dan sejarah

Instagram/seputarmadiun©2022 Merdeka.com

Masjid ini semula bernama Masjid Donopuro dan didirikan di tanah bebas pajak atau perdikan Kerajaan Mataran. Masjid ini juga dikelilingi oleh makam para mantan bupati Madiun bahkan destinasi ini sudah masuk ke dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981. Sejak itulah namanya diubah menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

7 dari 7 halaman

Air Terjun Seweru

Wisata di Madiun lainnya adalah air terjun Seweru yang letaknya ada di Dusun Seweru, Kare, Madiun. Air terjun ini merupakan destinasi di Madiun yang tak boleh Anda lewatkan.

Untuk sampai ke air terjun Sewru dibutuhkan perjuangan yang keras. Namun jangan khawatir, usahamu tidak akan terasa sia-sia karena pemandangannya begitu memanjakan mata.

Air terjun ini berasal dari sumber mata air dari bawah gunung yang muncul di atas pohon begitu rindangnya. Lokasinya ada di lereng gunung wilis dan berada di ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas sekitar 6 hektar, sehingga tak ayal membuat air terjun Seweru mempunyai pemandangan dan suasana begitu menakjubkan.

[bil]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News