GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

GRESIK, SabdaNews.com- Melalui program Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Assa’adah, perusahaan industri otomotif dan komponen manufaktur terkemuka di Indonesia, PT Indoprima Gemilang menyelenggarakan rekrutmen karyawan bagi lulusan SMK Assa’adah pada Senin (29/08/2022).

Prosesi rekrutmen dilakukan di Aula gedung SMK Assa’adah, di mana perwakilan dari PT Indoprima Gemilang langsung menyeleksi dan melakukan tes terhadap puluhan lulusan SMK Assa’adah dari jurusan mesin dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Beberapa tes yang dilakukan pada saat rekrutmen tersebut antara lain: tes tulis, tes wawancara, dan tes kompetensi; sementara untuk tes kesehatan akan dilakukan di klinik.

Mereka yang lolos akan langsung bekerja di perusahaan senior di bidang manufaktur otomotif internasional, yaitu PT Indoprima Gemilang.

Salah satu perwakilan HC. Admin dari PT Indoprima Gemilang, Sucahyono menilai bahwa lulusan dari SMK Assa’adah mempunyai kualitas yang bagus, bukan hanya dari kemampuan atau kompetensi, tapi juga dari etika dan karakternya.

“Sudah ada lulusan SMK Assa’adah yang bekerja di sana (PT Indoprima Gemilang, red). Di sana juga ada yang magang. Lalu selama lima (5) bulan magang di sana, mereka lulus, dan diangkat menjadi karyawan tetap. Kalau menurut pandangan saya, anaknya itu bagus. Sopan-sopan, tidak seperti yang lain,” kata Sucahyono, yang merupakan LTC PT Indoprima Gemilang.

Sucahyono juga menambahkan kerja sama antara PT Indoprima Gemilang dan SMK Assa’adah yang sudah berjalan sekitar 5 bulan itu bisa diperkuat.

“Harapan saya ke depan antara PT Indoprima Gemilang dengan SMK Assa’adah bisa lebih dekat. Ini juga memotivasi bagaimana murid-murid ini lebih unggul lagi. Supaya nanti ketika sudah masuk di perusahaan dia sudah siap bekerja,” imbuh Sucahyono.

Pada gilirannya, Ketua BKK SMK Assa’adah, Niswatun Hasanah mamaparkan bahwa BKK SMK Assa’adah mempunyai tujuan utama untuk memfasilitasi lulusan SMK Assa’adah agar dapat memenuhi kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan.

“Banyak lulusan SMK Assa’adah yang masih belum terserap. Ketika alumni langsung ke perusahaan, itu mungkin ada kendala. Dengan kita bekerja sama dengan PT atau perusahaannya secara langsung dan diseleksi di sini itu akan mempermudah alumni SMK Assa’ada,” kata Niswatun Hasanah.

Dalam upaya pemberian fasilitas untuk para alumni agar mendapatkan tempat bekerja yang layak, BKK SMK Assa’adah secara rutin dalam 3 bulan sekali melakukan tracker atau penelusuran alumni.

“Dari tracker itu, kita bisa mengetahui kira-kira seberapa banyak terserap alumni SMK Assa’adah di perusahaan,” imbuh Niswatun Hasanah.

SMK Assa’adah sendiri tercatat telah melakukan MoU dengan beberapa perusahaan terkemuka, baik di level kabupaten maupun nasional, termasuk PT Smelting, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (Pengelola JIIPE), Auto2022, dan RSI Mabarot.

“Kita selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas lulusan SMK Assa’adah, salah satunya dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Sebelum kelas 10 kami mengundang wali murid, kita sosialisasikan bahwa selain lulusan kami bertalenta, mempunyai kemampuan, dan dibekali ilmu agama yang kuat, juga kita tunjukkan banyak perusahaan yang sudah bekerja sama dan teken MOU dengan SMK Assa’adah,” tambah Niswatun Hasanah.

Komitmen BKK SMK Assa’adah dalam memfasilitasi alumni juga terlihat tatkala menjalin koordinasi dengan pemerintah setempat, dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Gresik (Disnaker).

“Sudah banyak alumni SMK Assa’adah yang bekerja di perusahaan, sekitar 50%. Bulan kemarin dari Disnaker ada pelatihan ekskavator dari enam (6) yang daftar ada dua (2) yang lolos seleksi. Setiap ada info lowongan kita pasti dapat informasi. Jadi ada koordinasi antara SMK Assa’adah dengan Disnaker,” kata Niswatun Hasanah.

“Kami berharap para alumni mendukung program kami. Kami menyiapkan program ini untuk para alumni. Kami berharap mereka antusias, juga menyiapkan diri, memantaskan diri, untuk bisa menjadi orang sukses,” pungkas Niswatun Hasanah. ( Redaksi )

 



Dibaca:
44

Artikel ini bersumber dari : sabdanews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News