GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

2 Oktober 2022

Sosok perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin yang tercatat sebagai perdana menteri termuda saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan publik. Hal itu terjadi setelah beredar sebuah video dirinya sedang clubbing bersama rekan-rekannya.

Atas videonya tersebut, Sanna Marin mendapatkan kecaman dan kritik dari publik. Tidak hanya videonya pada saat clubbing, Sanna Marin juga diduga terkena kasus skandal foto telanjang dada di pesta pribadinya.

Sosok perdana Menteri muda tersebut menuai kontroversi, lantas siapa itu Sanna Marin tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Sanna Marin

Baca Juga:
6 Fakta Sosok Sanna Marin, PM Finlandia yang Terjerat Skandal Pesta di Rumahnya

Sanna Marin merupakan Ketua Partai Sosial Demokrat (SDP) yang masih berumur 36 tahun. Sepanjang sejarah Finlandia, Marin tercatat sebagai perdana menteri termuda.

Marin mulai melenggangkan namanya di tampuk kekuasaan negara bagian Eropa Utara tersebut sejak Desember 2019 dan telah mempelopori koalisi lima partai.

Diketahui, Marin yang lahir pada 16 November 1985 tersebut merupakan perempuan asal Ibu Kota Helsinki. Ayah Marin bernama Lauri dilaporkan berjuang melawan kecanduan alkohol dan meninggalkan ibunya. Setelah ditinggalkan oleh ayah Marin, ibu Marin diketahui memulai hubungan sesama jenis dan kemudian membesarkan Marin.

Latar Belakang Pendidikan

Marin menyelesaikan pendidikan di SMA Pirkkala. Kemudian, Marin melanjutkan studi ke perguruan tinggi yaitu Universitas Tampere dan lulus dengan gelar Ilmu Administrasi.

Baca Juga:
Video Pesta ‘Panas’ Bocor Ke Media, PM Finlandia Jalani Tes Narkoba

Diberitakan bahwa untuk membiayai kuliahnya tersebut, Marin sempat bekerja sebagai pembuat oti dan staf kasir.

Perjalanan Karier

Diketahui, Marin memulai karirnya di dunia politik sejak tahun 2006, pada saat Marin bergabung dengan Pemuda Sosial Demokrat, yaitu sebuah organisasi tempatnya menjadi Wakil Presiden Finlandia pada tahun 2010.

Kemudian, Marin mencalonkan diri dalam pemilihan dewan kota Tampere pada tahun 2012. Marin pun berhasil memenangkan pemilihan tersebut.

Karir Marin di dunia politik tampak seperti berjalan mulus. Saat Marin menjabat sebagai ketua dewan, di tahun 2015 Marin terpilih menjadi anggota parlemen Finlandia.

Pada Juni 2019, Marin dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Menteri Transportasi Finlandia.

Karir politik Marin memuncak pada akhir 2019 saat Marin mengganti Antti Rinne sebagai Perdana Menteri Finlandia.

Marin tercatat sebagai Perdana Menteri termuda ketiga di dunia setelah Dritan Abazovic dari Montenegro dan Gabriel Boric dari Chili.

Diketahui, Marin menikah dengan Markus Raikkonen pada bulan Agustus 2020, pada saat dirinya menjabat sebagai Perdana Menteri Finlandia. Dari pernikahannya tersebut, Marin dianugerahi putri bernama Emma.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News