GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

3 Oktober 2022

Brilio.net – Profesi merupakan istilah yang merujuk pada suatu bidang pekerjaan dengan membutuhkan keahlian atau keterampilan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut.

Seseorang yang berkompeten di suatu profesi tertentu disebut dengan profesional. Meski demikian, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Profesi merupakan seseorang yang memperoleh penghasilan dari pengetahuan atau pengalaman khusus yang dimiliki oleh seseorang.

Nah, untuk lebih jelas mengetahui apa itu profesi, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (13/9).

Pengertian profesi.


foto: freepik.com

Profesi secara etimologi berasal dari kata ‘profession’ (Inggris) dan berasal dari bahasa Latin ‘profesus’ yang berarti mampu atau ahli dalam suatu bentuk pekerjaan. Sedangkan secara etimologi, profesi berarti suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental. Jadi profesi harus memiliki tiga pilar pokok, yaitu pengetahuan, keahlian, dan persiapan akademik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu. Sehingga pekerjaan yang bersifat profesional jika memenuhi hal-hal berikut, yaitu bersangkutan dengan profesi, memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya.

Berikut ini pengertian profesi menurut para ahli.

1. Hamalik.

Profesi adalah suatu pernyataan atau suatu janji terbuka, bahwa seseorang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan atau pekerjaan dalam arti biasa, karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu.



2. De George (1996).

Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengendalikan suatu keahlian.

3. Peter Jarvis (1983).

Profesi adalah suatu pekerjaan yang sesuai dengan studi intelektual atau pelatihan khusus dimana tujuannya untuk menyediakan pelayanan keterampilan bagi orang lain dengan upah tertentu.

4. Dedi Supriyadi (1998).

Profesi adalah suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian khusus, tanggung jawab, serta kesetiaan terhadap pekerjaan tersebut.

5. Doni Koesoema.

Profesi adalah suatu pekerjaan yang memiliki wujud sebagai jabatan dalam hierarki birokrasi, yang menuntut keahlian serta etika khusus untuk jabatan tersebut serta pelayanan baku terhadap masyarakat.

(brl/pep)


Artikel ini bersumber dari : www.brilio.net.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News