Poliban wisuda 885 sarjana, 10,28 persen sudah dapat pekerjaan

Banjarmasin (ANTARA) – Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan mewisuda sebanyak 885 sarjana pada Dies Natalis ke-35 dan Wisuda ke-32 tahun 2022 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Kamis.

“Dari semua sarjana yang kita wisuda hari ini, 10,28 persen di antaranya sudah dapat pekerjaan,” ujar Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi saat gelar wisuda tersebut.

Menurut dia, persentasenya 2,26 persen atau 20 sarjana telah bekerja di instansi pemerintahan dan 8,02 persen atau 71 orang di perusahaan swasta.

“Kita bersyukur, kepercayaan dunia industri dan dunia kerja di pemerintahan besar terhadap alumni kampus Poliban,” ujarnya.

Selain masuk dunia kerja, kata Joni, wisudawan dan wisudawati juga banyak yang sudah berwirausaha dengan ilmu dan pendidikan yang mereka dapat, persentasenya 7,01 persen atau 62 orang.

“Kemudian studi lanjut sebanyak 54 orang atau 6,10 persen,” tutur Joni.

Sisanya, kata dia, sebanyak 678 orang sarjana, di antaranya sebanyak 339 orang sedang dalam proses rekrutmen di 4 perusahaan besar.

“Kami percaya dengan kualitas SDM yang dimiliki alumni kami lainnya juga akan mendapat kerja dengan cepat, karena mereka memiliki sertifikasi profesi sesuai keilmuan mereka,” ujarnya.

Joni menyampaikan, sarjana yang diwisuda pada tahun 2022 ini dari 15 program studi, yakni dari program Diploma 3 dan program sarjana terapan.

Poliban sejak didirikan pada 1987 hingga 2022 ini sudah memiliki sebanyak 14.739 alumni.

Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Ristek Dr Henry Togar Hasiholan Tambunan yang hadir pada acara Dies Natalis ke-35 dan wisuda ke-32 sarjana Poliban tersebut mengapresiasi SDM yang diciptakan kampus tersebut.

“Terbukti sebanyak 91 sarjana sudah kerja sebelum diwisuda dan banyak yang berwirausaha, ini luar biasa,” tuturnya.

Baca Juga :   Meski Tak Mudah, Modi Telah Melakukan Pekerjaan yang Hebat

Dia pun menyampaikan, ketika mereka ini sudah menempuh pendidikan di politeknik atau kampus vokasi, mereka sudah memiliki bekal untuk bisa bersaing di dunia kerja dan industri.

“Sistem pendidikan vokasi itu link and match antara perusahaan dan politeknik, maka kami berkeyakinan alumninya bisa sukses dan mendapat pekerjaan sesuai keinginannya,” kata Harry.

Gelar wisuda sarjana Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) tahun 2022 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Kamis.(Antara/Sukarli)


Artikel ini bersumber dari : kalsel.antaranews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar