GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

2 Oktober 2022

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa untuk seluruh isi substantif, Presidensi (G20) Indonesia telah memperoleh konsensus

Nusa Dua, Bali (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan Pertemuan Menteri Ekonomi Digital (Digital Economy Ministers Meeting/DEMM) pada Kamis telah menghasilkan dokumen yang disebut “G20 Digital Economy Minister Meetings 2022; Chair Summary”.

“Dokumen tersebut menunjukkan bahwa untuk seluruh isi substantif, Presidensi (G20) Indonesia telah memperoleh konsensus dari seluruh anggota DEWG sesuai isu prioritas DEWG,” kata Johnny dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Ia menjelaskan dokumen tersebut merangkum seluruh ide, gagasan, dan dinamika yang berkembang selama rangkaian pertemuan DEWG G20 yang disampaikan oleh para perwakilan negara anggota G20 selama kurun waktu enam bulan terakhir.

Baca juga: Perwakilan ASEAN tunjukkan sikap suportif & aktif di sidang ke-4 DEWG

Johnny mengatakan dokumen “Chair Summary” telah ia bacakan di depan para menteri bidang ekonomi digital negara-negara anggota G20 dalam penutupan sidang DEMM Kamis sore.

“Perumusan langkah-langkah konkret dalam dokumen DEWG ini akan disampaikan sebagai masukan bagi Presiden Joko Widodo dalam memimpin Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan digelar di bulan November nanti,” kata Johnny.

Menurutnya, dokumen keluaran DEWG terbagi menjadi dua bagian yang mencakup kesepakatan-kesepakatan substantif yang tercapai antara para menteri bidang ekonomi digital di tiga isu prioritas DEWG Presidensi G20 Indonesia, serta rangkuman atas dinamika pembahasan para delegasi dalam menyikapi tantangan global.

Sebagai informasi, ketiga isu prioritas dalam DEWG tahun ini, antara lain konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi COVID-19; kecakapan dan literasi; serta aliran data bebas dengan kepercayaan dan aliran data lintas batas (data free flow with trust dan cross-border data flow).

Baca juga: Menkominfo diskusikan persiapan DEMM G20 di pertemuan bilateral

DEMM yang diselenggarakan pada Kamis merupakan puncak pertemuan DEWG yang membahas isu-isu prioritas ekonomi digital pada Presidensi G20 Indonesia.

Pertemuan DEMM dihadiri oleh sembilan menteri atau wakil menteri dan sepuluh pejabat tinggi anggota G20, serta lima menteri atau wakil menteri non-anggota G20 yang hadir sebagai undangan.

Selain perwakilan negara, hadir pula perwakilan dari organisasi internasional termasuk Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) serta Under Secretary General of the United Nations and Executive Secretary dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and The Pacific (UNESCAP).

Baca juga: DEMM G20 akan tentukan arah pembangunan ruang digital global

Baca juga: Menkominfo diskusikan persiapan DEMM G20 di pertemuan bilateral

Baca juga: Indonesia dan Argentina jajaki peluang kerja sama TIK di DEMM G20

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari : www.antaranews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News