Apa Penyebab Mesin Ngelitik dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Penyebab Mesin Ngelitik – Setiap mobil yang sedang berjalan tentunya akan mengeluarkan suara dari knalpot dan juga mesin. Tentunya suaranya bisa dibedakan antara knalpot dengan mesin, jika ada suara kasar dan aneh maka biasanya berasal dari mesin.

Ada banyak suara yang dihasilkan mesin ketika bermasalah, salah satunya suara ngelitik. Bagi yang sudah pernah merasakan tentunya sudah tahu suara klitik-klitik yang berdampak mobil menjadi tidak bertenaga sekalipun sudah menginjak pedal gas dalam-dalam bahkan membuat suara klitik semakin nyaring terdengar.

Banyak yang menyebut ngelitik dengan kata lain seperti knocking atau detonasi dini. Biasanya suara ini terdengar saat sedang menyalip kendaraan lain atau saat injak gas dari rpm rendah ke tinggi.

Bagi yang belum tahu tentang masalah ngelitik pada mobil disebabkan karena pembakaran tidak sempurna karena terjadi detonasi. Detonasi adalah sebuah kondisi saat bensin yang masuk ke mesin telah terbakar sebelum waktunya sehingga terjadi ledakan.

Hal ini membuat terjadinya konflik antara piston yang bergerak ke atas dengan ledakan ke bawah sehingga membuat piston bergetar dan terbentur dengan dinding silinder, dari hal tersebut timbul suara ngelitik.

Jika ini dibiarkan terjadi maka bisa merusak komponen dengan lebih cepat, salah satunya merusak piston. Terjadinya ngelitik tentu bukan hanya disebabkan oleh satu faktor saja tetapi ada beberapa penyebab mesin mobil ngelitik lainnya, apa saja?

Penyebab Mesin Ngelitik

Penyebab Mesin Ngelitik
Penyebab Mesin Ngelitik

1. Pengapian tidak sempurna

Proses pengapian yang lemah tentunya berasal dari penurunan kualitas pada busi yang mampu menghasilkan api yang kecil sehingga saat bensin dikeluarkan dari injektor maka tidak semua bensin terbakar sehingga menjadi uap yang telat terbakar.

Baca Juga :   Inilah 6 Potret Rumah Mewah Dijual di Bandung Seharga Rp15 Miliar

2. Bensin dan udara tidak tercampur sempurna

Mengapa bensin dan udara bisa tidak tercampur dengan sempurna? ini terjadi karena tidak meratanya perbandingan bensin dengan udara di dalam ruang pembakaran mesin sehingga suara ngelitik timbul.

3. Waktu pembakaran tidak tepat

Waktu pembakaran atau sering dikenal dengan ignition timing tidak dalam keadaan tepat karena bensin diledakkan belum pada waktunya sehingga menghilangkan kompresi atau tidak bertenaga.

4. Temperatur dalam kondisi terlalu panas

Temperatur pada mesin yang terlalu panas akan membuat pengapian menjadi tidak teratur bahkan ada bensin yang terbakar sendiri. Jika suhu sudah mulai dingin dan normal, maka suara ngelitik juga akan hilang dan tak terdengar lagi.

5. Salah menggunakan bensin

Bensin dengan kualitas rendah maka akan berdampak pada titik ledak di suhu yang juga rendah. Idealnya saat kompresi dan suhu mesin tinggi, maka titik ledak bensin juga harus tinggi. Jika bensin yang digunakan adalah oktan rendah maka pembakaran akan terganggu dan timbul bunyi ngelitik di mesin.

Untuk mencegah terjadinya ngelitik maka mulai sekarang gunakan bensin dengan oktan yang direkomendasikan dan juga service di bengkel resmi serta beli mobil bekas di tempat yang tepat seperti mobbi.

Aplikasi mobbi menawarkan sebuah kemudahan baru untuk jual dan juga beli mobil bekas tanpa ribet bagi yang berencana beli mobil bekas. Untuk harganya tidak perlu khawatir mahal karena sudah pasti kompetitif dan terdapat garansi.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar