Pengalaman WNI Tinggal di Desa Terpencil Azerbaijan, Terkejut dengan Kehidupan Warganya!

INDOZONE.ID – Desa Xinaliq terletak di Azerbaijan utara. Letaknya di atas pegunungan Kaukasus, sehingga membuat Xinaliq disebut-sebut sebagai desa tertinggi di Azerbaijan. Tepatnya terletak di atas ketinggian 2.300 mpdl. 

Pegunungan Kaukasus sendiri telah terbentuk kurang lebih puluhan juta tahun yang lalu. Saking besarnya, Pegunungan Kaukus melewati empat negara yaitu Azerbaijan, Georgia, Armenia, dan Rusia. 

xinaliq
Suasana Desa Xinaliq, Azerbaijan. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Letaknya yang terpencil dan terisolasi menjadikannya Xinaliq sebagai salah satu desa kuno yang ada di dunia dan masih bertahan sampai sekarang. Tercatat Desa Xinaliq telah ada sejak 5.000 tahun silam. 

Bukti keberadaannya dapat dibuktikan dengan artefak yang ditemukan di sekitar desa. Warga Xinaliq mempertahankan cara hidup tradisional mereka, termasuk pernikahan dan upacara yang diwarisi dari generasi sebelumnya.

azerbaijan
Suasana Desa Xinaliq, Azerbaijan. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Tim Z Creators, Fabiola Lawalata berkempatan untuk merasakan liburan di desa terpencil ini. Bertengger di atas puncak dan dikelilingi pegunungan, penduduk Xinaliq berprofesi sebagai peternak dan masih menjalani hidup dengan menunggang kuda. 

Walaupun terisolasi, penduduk Xinaliq membuka rumah mereka yang seadanya untuk para pelancong. Jauh dari kemewahan hotel berbintang namun kehangatan khas Xinaliq lah yang mereka tawarkan.

“Di Xinaliq enggak ada penginapan ataupun restoran. Kita cuma bisa menginap di rumah penduduk dan hidup sederhana seperti mereka. Rumah mereka biasanya modelnya rumah tingkat, di lantai paling dasar adalah kandang tempat mereka menyimpan hewan peliharaan,” ujar Fabiola Lawalata menceritakan pengalamannya. 

azerbaijan
Suasana Desa Xinaliq, Azerbaijan. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Rumah warga Desa Xinaliq bahkan enggak ada penghangat ruangan. Kalau musim dingin harus pakai baju berlapis-lapis.

Aktivitas yang bisa dilakukan bisa membutuhkan adrenalin, seperti tracking ke atas gunung, berkuda, ketika musim panas bisa memancing di sungai yang dialiri air langsung dari salju yang mencair. 

azerbaijan
Rumah di Desa Xinaliq, Azerbaijan. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Untuk para pecinta fotografi, siapkan peralatan karena panorama Xinaliq akan menghipnotis di setiap bidikkannya! 

Baca Juga :   Gaji TKI di Austria

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators


Artikel ini bersumber dari : www.indozone.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar