Migrant Care Kebumen Gelar Pelatihan Literasi Bagi Mantan TKI – Kebumen24.com

KEBUMEN, Kebumen24.com – Migrant Care Kebumen menggelar pelatihan literasi dan inklusi keuangan bagi komunitas purna pekerja migrant atau TKI di Kebumen. Kegiatan berlangsung di Mexolie Kebumen, Selasa 20 September 2022.

Pelatihan bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan literasi keuangan pada komunitas pekerja migran dan keluarganya. Termasuk memberikan pengetahuan dasar menejemen keuangan.

Maryataun selaku panitia mengatakan, Literasi keuangan mempunyai peran penting dalam mengambil keputusan keuangan, Bagi pelaku Usaha Mikro,Kecil, Menengah(UMKM). Ini juga untuk mengetahui dasar literasi keuangan seperti inflasi, neraca, saldo dan lainnya untuk meminimalisir resiko.



‘’ Keputusan yang tepat dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan komunitasnya dimasa depan. Di kebumen masih banyak terdapat purna pekerja migran atau mantan TKI tidak memahami bagaimana mengelola keuangan hasil bekerja selama di luar negeri. Sehingga Sumberdaya pengelolaan keuangan menjadi bagian penting dalam pengembangan potensi yang dimiliki oleh keluarga pekerja migran maupun kelompok usaha pekerja migran.’’ujarnya.

Menurutnya, tanpa adanya pengetahuan literasi keuangan yang baik untuk menyusun, menggunakansampai dengan pelaporan keuangan akan menjadi masalah tersendiri. Oleh karena itu Migrant Care Kebumen berusaha terus meningkatkan kapasitas dan pengetahuan literasi keuangan di anggota komunitas maupun di keluarga pekerja migran kebumen.

‘’Intinya salah satu tujuan kegiatan ini untuk mengidentifikasi permasalahan dalam penyusunan rencana dan penggunaan keuangan, Meningkatkan pengetahuan literasi keuangan pada komunitas pekerja migran dan keluarganya dan Memberikan pengetahuan dasar menejemen keuangan.’’imbuhnya.(K24/*).

Artikel ini bersumber dari : kebumen24.com.

Baca Juga :   BSU Tahap Dua Cair Pekan Depan, Cek Nama Kamu di Sini
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar