Mewakili Bupati, Ashari Membuka Sosialisasi Diklat CPMI Jepang

Peserta Calon PMI Bolmong ke Jepang

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, yang diwakili oleh Asisten III Ashari Sugeha membuka sosialisasi Diklat calon pekerja migran Indonesia (CPMI) ke Jepang. Bertempat di lantai II kantor Bupati, Senin (26/9/2022).

Turut hadir, Kepala BP2MI Sulut Hendra T.Makalalag, S.IP, Perwakilan ISO dan LPPR Jepang Budiawan Tahir, Kadisnaker Deddy Mokodogan dan peserta CPMI sebanyak 18 orang.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Ashari Sugeha menyampaikan, ucapan terima kasih kepada kepala BP2MI Provinsi Sulut dan jajarannya serta Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi yang telah melaksanakan sosialisasi pendidikan, dan pelatihan pada hari ini. Ia mengatakan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam melindungi para pekerja migran yang bekerja diluar negeri.

“Pada tahun 2017 lalu DPR RI telah mengesahkan RUU tentang perlindungan pekerja migran Indonesia menjadi UU pelindungan pekerja migran Indonesia. Untuk menggantikan UU nomor 39 tahun 2004, tentang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar negeri,” kata Ashari dalam sambutannya.

Pengesahan UU tenaga kerja ini, kata Ashari merupakan akhir dari perjalanan panjang dalam memperjuangkan perlindungan buruh migran Indonesia yang setiap saat alami kerentanan masalah. Misalnya mulai dari pengupahan, pengusiran, penganiayaan, Pelecehan seksual, perkosaan dan bahkan Hukuman mati.

“Sejak disahkannya UU pekerja migran Indonesia dari istilah tenaga kerja Indonesia (TKI) menjadi pekerja migran Indonesia atau PMI,” ujar Ashari.

Kata Ashari, penyebutan TKI pasti stigma ke masyarakat adalah negatif sehingga pemerintah memperbaiki bukan hanya pada UU tapi juga penyebutannya pekerja migran Indonesia adalah orang terhormat dan penyumbang devisa terbesar bagi negara. Sekaligus pahlawan devisa yang harus dilindungi.

“Saya berharap melakukan pelaksanaan sosialisasi, pendidikan serta pelatihan pada hari ini, mampu memberikan pemahaman yang jelas pada calon pekerja migran di kabupaten Bolmong,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kamaruddin Sebut Presiden Sembah Dirinya, WNI Diperkosa di Malaysia

Diakhir sambutannya, Ashari mengajak semua untuk bersama berdoa semoga para calon pekerja migran Indonesia kabupaten Bolmong, dalam perlindungan Tuhan yang maha esa Allah SWT.

Sambil Ashari, membuka acara sosialisasi pendidikan dan pelatihan bagi para calon pekerja migran Indonesia kabupaten Bolmong.

Diketahui, para peserta calon pekerja migran Indonesia kabupaten Bolmong sebanyak 18 orang yang nanti akan bekerja di Jepang. (Yono).

Artikel ini bersumber dari : detotabuan.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar