GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

Dalam penelitian psikologi, sebagaimana yang dilansir dari Psychology Today, proses pengembangan diri seseorang menuju ke kehidupan yang lebih baik membutuhkan empat kebutuhan yang disebut dengan kebutuhan universal.

Meskipun kebutuhan ini tidak terlalu dibutuhkan untuk kelangsungan hidup, namun kebutuhan ini akan berguna untuk proses pengembangan diri, khususnya dalam mengembangkan diri di dunia pekerjaan. Sebelum itu, penting untukmu mengetahui terlebih dahulu macam-macam dari kebutuhan universal.

Nah, kira-kira apa saja ya yang termasuk dari kebutuhan universal? Penasaran, Beauties? Melansir dari Psychology Today, berikut empat kebutuhan universal yang bisa membantumu dalam mengembangkan diri. Yuk, simak!

Contribution or Calling





Sekelompok orang yang ikut berkontribusi dalam rapat kerja/Foto: Freepik/Tirachardz

Contribution or Calling jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah kontribusi atau panggilan. Maksud dari kebutuhan universal ini, kamu harus menjalani hidup dengan tujuan yang jelas. Seperti, hal apa yang dapat kamu kontribusikan? Apa yang ingin kamu kejar? Apakah hal yang kamu kontribusikan dan kejar itu akan memberikan hasil yang baik atau justru sebaliknya? Dengan begitu, kamu bisa melangkah maju untuk mengembangkan dirimu.

Choice or Control




Ilustrasi foto
Ilustrasi foto/Foto: Freepik/Tirachardz

Sebagai manusia harus bisa memilih atau mengontrol sesuatu demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada umumnya, manusia lebih suka pada hal-hal yang lebih banyak daripada yang lebih sedikit, namun sayangnya, mereka cenderung lupa untuk mengontrol hal tersebut.

Sama halnya dengan pilihan, kamu akan lebih keras pada dirimu sendiri dengan lebih banyak mengontrol atas apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Jika menginginkan diri dengan versi yang lebih baik maka pilihan atau kontrol yang kamu lakukan harus dilakukan secara sadar dengan tujuan yang jelas.

Competence or Capability




Kemampuan memimpin rapat
Kemampuan memimpin rapat/Foto: Freepik/Tirachardz

Kompetensi atau kemampuan menjadi salah satu kebutuhan penting dalam dunia pekerjaan. Mengapa? Karena hal ini bisa menjadi peluang positif untuk membantumu dalam mengembangkan diri. Orang yang memenuhi kebutuhan ini tentunya akan merasa lebih puas dalam menjalankan pekerjaannya dibandingkan dengan orang yang tidak.

Connection or Community




Ilustrasi foto
Ilustrasi foto/Foto: Freepik/Tirachardz

Beauties, apa yang terpikirkan olehmu ketika mendengar koneksi atau komunitas? Apakah kamu berpikir jika ingin mendapatkan hal tersebut, kamu harus disukai terlebih dahulu oleh semua orang? Jawabannya tidak harus, Beauties.

Koneksi atau komunitas memang penting adanya, namun bukan berarti kamu harus disukai oleh semua orang terlebih dahulu. Ini adalah tentang bagaimana caranya kamu bisa memiliki sekelompok orang yang menyukai dan menghormatimu. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan universal ini secara alami.

Nah, Beauties itulah tadi empat kebutuhan universal yang bisa membuat dirimu menjadi berkembang, khususnya di dunia pekerjaan. Meskipun kebutuhan ini penting, namun bukan suatu keharusan bahwa pekerjaanmu harus memenuhi keempat kebutuhan itu. Hanya saja jika kamu menginginkan dirimu menjadi lebih berkembang, kamu bisa memenuhi semuanya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Artikel ini bersumber dari : www.beautynesia.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News