GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

8 Oktober 2022

Wartaniaga.com, Batulicin – Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan program YESS menggelar sertifikasi profesi bagi penerima manfaat dari program YESS yang telah melaksanakan proses pemagangan di PT. Buana karya Bhakti (07/09).

Rangkaian sertifikasi profesi ini diikuti oleh 20 orang asesi yang merupakan penerima manfaat dari program YESS dan telah menjalani pemagangan selama 3 bulan di tempat yang sama.

Kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menyatakan bahwa peningkatan kompetensi SDM bidang pertanian harus dilakukan, “Peningkatan SDM yang profesional bisa dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi, maupun sertifikasi profesi.”

Demikian pula dengan pernyataan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, yang menyatakan bahwa Kementerian Pertanian, khususnya BPPSDMP akan terus mendukung proses sertifikasi ini.

“Sertifikasi kompetensi diberikan melalui proses uji kompetensi yang sistematis dan objektif, yang mengacu pada standar kompetensikerja nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional, dan standar khusus,” kata Dedi.

Uji Kompetensi yang dilaksananakan selama 2 hari ini, menghadirkan asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Nasional, Ir. Juremi Suharto dengan skema Pekerja Kebun Kelapa Sawit.

Juremi menuturkan, sekilas tidak ada yang terlihat terlalu spesial, mengingat kualifikasi pendidikan para asesi yang rata-rata lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

Artikel ini bersumber dari : wartaniaga.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News