GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

2 Oktober 2022

Suara.com – Sholat hajat menjadi bentuk ibadah pamungkas bagi seorang Muslim yang memohon sesuatu kepada Allah SWT. Allah menganjurkan umatNya agar mendirikan sholat ini jika memiliki permohonan khusus.

Ada waktu-waktu terbaik yang bisa digunakan untuk mendirikan sholat hajat. Oleh karenanya, jangan sia-siakan waktu ini untuk memohon kepada Sang Maha Pencipta.

Sholat hajat merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal sebanyak 12 rakaat. Tata cara mengerjakan sholat ini sama seperti sholat pada umumnya, hanya saja ada perbedaan di bacaan niat.

Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini niat, tata cara hingga waktu sholat hajat terbaik yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga:
Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Tata Cara dan Niat Sholat Hajat

Tata cara sholat hajat pada umumnya sama seperti sholat pada umumnya. Meski demikian, ada perbedaan mendasar pada bacaan niatnya. Berikut ini tata cara mengerjakan sholat hajat beserta bacaan niat.

1. Membaca niat sholat hajat

Usholli sunnatal haajati rak’ataini lillaahi ta’ala

Artinya: “Aku niat sholat hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Baca Juga:
Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Lengkap dengan Tata Caranya

2. Melakukan takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah dan al fatihah

4. Rukuk dengan tumaninah

5. Itidal dengan tumaninah

6. Sujud, duduk di antara dua sujud, kemudian kembali sujud

7. Berdiri untuk rakaat kedua dilanjutkan dengan tata cara seperti awal hingga sujud

8. Tahiyat akhir

9. Salam

Doa Setelah Sholat Hajat

Ada doa khusus yang bisa dibaca setelah mengerjakan sholat hajat. Berikut bacaan latin doa setelah sholat hajat.

La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil arsyil karimil azhim. Alhamdulillâhi rabbil alamin. Asaluka mujibati rahmatik, wa azaima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News