GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

4 Oktober 2022

Palangkaraya

Ajang balap sepeda bertajuk Gubernur Kalteng Cup Road Race 2022 sukses digelar. Ajang ini adalah test-event menjelang UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

Kalteng Cup Road Race di Palangkaraya, Sabtu, (20/8/2022). Event ini terselenggara sebagai salah satu persiapan Kalimantan Tengah yang akan menjadi tuan rumah UCI MTB Eliminator World Cup 2022 28 Agustus, atau bisa disebut Piala Dunia-nya MTB.

Acara perlombaan Gubernur Kalteng Cup Road Race dibuka sekitar pukul 07.00 WIB oleh Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko. Setelah itu, terdapat sesi fun bike sebelum dimulainya balapan kategori Men Junior, Women 17 UP, Men Elite, Master A, dan Master B yang berakhir sekitar pukul 14.00 WIB.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, mengaku senang acara di wilayahnya tersebut bisa berjalan lancar tanpa kendala. Pria berusia 49 tahun menjelaskan bahwa perlombaan diikuti oleh 121 atlet nasional, dan terdapat 18 atlet Indonesia untuk UCI MTB Eliminator World Cup 2022 yang berpartisipasi dalam sesi fun bike.

“Kami menggelar road race ini juga bentuk apresiasi yang dimana atlet-atlet kita sudah lebih dahulu berada di sini,” kata Sugianto.

Sugianto menjelaskan alasan test-event tak digelar di sirkuit yang akan digelar untuk UCI MTB Eliminator World Cup. Sebab terdapat peraturan yang menyebutkan lokasi bertanding harus steril sepekan sebelum kejuaraan dunia itu dimulai.

Adapun sirkuit UCI MTB Eliminator World Cup 2022 itu sendiri terletak di luar area Stadion Tuah Pahoe dan proses pembangunannya sudah hampir rampung. Tinggal membereskan masalah-masalah minor saja.

“Sirkuit kami sterilkan karena tidak boleh dipakai dan kami harus bisa membayar kepercayaan itu. Siapa tahu saja dengan adanya kejuaraan dunia ini membuat Kalteng lebih terkenal,” tutur Sugianto.

“Rangkaian event ini juga sangat penting bagi kami karena bisa sekaligus memperkenalkan pariwisata dan kuliner di Kalteng,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemenang Gubernur Kalteng Cup Road Race 2022, Rachmad Nika Wibisono, bersyukur bisa menjuarai kelas Men Elite. Menurutnya, prestasi itu diraih berkat persiapan matang dan kerja sama tim yang kompak.

“Kami sudah mempersiapkan ini selama dua pekan dengan terus berlatih di Malang. Persaingannya lumayan ketat karena banyak pembalap bertipe sprinter juga yang mengikuti perlombaan ini. Jadi, kami harus memakai strategi dengan bagus,” ucap Rachmad.

Ajang balap sepeda bertajuk Gubernur Kalteng Cup Road Race 2022 sukses digelar. Ajang ini adalah test-event menjelang UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Foto: dok.Pemprov Kalimantan Tengah

Rachmad dan teman-temannya yang tergabung dalam tim dr J Cycling Team berhasil menyabet gelar juara pertama, peringkat kedua, dan peringkat keenam. Tim asal Malang itu keluar sebagai pemenang setelah melahap jarak sejauh 115 kilometer dalam tempo 2 jam 30 menit.

Rachmad melanjutkan, cuaca di Palangkaraya dengan Malang sangat berbeda sehingga dia harus mengonsumsi banyak air selama perlombaan karena temperatur yang cukup tinggi. Meski demikian, Rachmad tidak kapok dan malah berharap agar Kalteng lebih sering menggelar event sejenis.

“Menurut saya event ini sangat bagus apalagi di Kalteng ini memberi hadiah juara yang tinggi dan banyak yang ingin ikut. Kalau bisa event ini bisa terus digelar di Kalteng lebih dari satu kali dan itu sangat bagus,” ucap Rachmad.

(mrp/bay)

Artikel ini bersumber dari : sport.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News