Jadikan Diri Lebih Disiplin, Ini Pentingnya Memiliki Target Menabung dan Sederet Tips Mewujudkannya

Punya tabungan 100 juta Rupiah dalam setahun, mungkin gak ya? Mungkin-mungkin saja selama kamu memiliki tujuan atau target menabung.

Semua orang pasti memahami jika menabung merupakan salah satu aktivitas yang amat penting untuk dilakukan. Alasannya karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas tersebut. Beberapa di antaranya adalah menjadikan kondisi keuangan lebih stabil, membeli barang yang diinginkan, hingga mampu mencapai tujuan finansial.

Tentunya, agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari kegiatan tersebut, kamu perlu menentukan terlebih dulu apa tujuan atau target menabung yang ingin dicapai. Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu tujuan atau target menabung, alasan kenapa tujuan tersebut perlu dimiliki, hingga tips yang bisa diterapkan untuk mewujudkannya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Tabungan Anak dan Waktu yang Tepat untuk Membukanya

 

Apa Itu Tujuan atau Target Menabung?

Apa Itu Tujuan atau Target Menabung

Apa Itu Tujuan atau Target Menabung?

Menabung adalah salah satu aktivitas yang sering kali dilakukan oleh banyak orang untuk tujuan tertentu atau biasa disebut dengan target menabung. Tergantung dari keinginan, kebutuhan, kondisi keuangan, tanggungan, dan berbagai faktor lainnya, setiap orang bisa memiliki tujuan atau target menabung yang berbeda-beda. 

Adanya tujuan pada aktivitas menabung tentu mampu memberikan banyak keuntungan yang bisa membuat kamu lebih fokus dalam menjalaninya.

Alasan Kenapa Tujuan Menabung Perlu Dimiliki

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menabung perlu dilakukan dengan tujuan yang jelas agar aktivitas tersebut mampu berjalan dengan lebih lancar hingga akhir. Tanpa adanya tujuan tersebut, bukan tidak mungkin semangat untuk menabung lebih mudah redup hingga berisiko terhenti di tengah jalan. Guna mengantisipasi hal tersebut sebaiknya kamu menentukan terlebih dulu tujuan menabung sebelum memulainya. 

Di samping itu, dengan memiliki tujuan menabung kamu bisa lebih mampu menentukan berapa nominal dana yang harus terkumpul dalam jangka waktu tertentu. Secara tidak langsung alokasi anggaran yang perlu ditabung berkala juga bisa diketahui dan membuatnya mampu berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. 

Tidak kalah pentingnya, tujuan menabung ini juga mampu menjadikan seseorang lebih konsisten dan disiplin dalam menjalaninya. Jadi, peluang mencapai target keuangan tersebut juga akan menjadi lebih besar dan mampu memberikan manfaat dari menabung secara lebih maksimal. 

Cara Penuhi Target Menabung 100 Juta Rupiah dalam Setahun

Salah satu alasan mengapa banyak orang menabung adalah untuk mencapai target keuangan dengan nominal tertentu. Tergantung dari kebutuhan dan kondisi keuangan, kamu bisa menentukan sendiri berapa nominal yang ingin dicapai dari aktivitas tersebut. Sebagai contoh, jika ingin mengumpulkan dana dengan jumlah 100 juta Rupiah, berapa lama waktu yang dibutuhkan saat rutin menyisihkan uang dengan nominal tertentu dalam tabungan?

Baca Juga :   Unand Tandatangani PKS dengan Media Massa dalam Program Magang Bersertifikat

Perlu diingat jika saat ini ada banyak sekali platform, layanan, ataupun produk keuangan yang bisa dimanfaatkan agar bisa menjalani aktivitas menabung dengan lebih optimal. Salah satunya adalah melalui investasi yang mampu memberikan peluang imbal hasil dengan nilai tertentu setiap tahunnya. 

Nah, jika kamu ingin memenuhi target menabung sejumlah 100 juta Rupiah, simak ulasan tentang simulasi perhitungannya berikut ini.

Nominal Menabung Tiap Bulan

(dalam Rupiah)

Perkiraan Jangka Waktu 
1 Juta 6 Tahun 8 Bulan
2 Juta 3 Tahun 8 Bulan
3 Juta  2 Tahun 6 Bulan
4 Juta  2 Tahun
5 Juta 

1 Tahun 6 Bulan

Berdasarkan simulasi perhitungan target menabung 100 juta Rupiah di atas, bisa diketahui lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya dengan nominal menabung tertentu tiap bulannya. Simulasi tersebut dihitung dengan asumsi kamu memanfaatkan produk investasi yang mampu memberi imbal hasil sebesar 7 persen setiap tahunnya. Peluang return dengan nilai tersebut bisa didapatkan melalui berbagai produk investasi, salah satunya reksa dana

Reksa dana sendiri adalah instrumen investasi yang cocok untuk dipilih ketika memiliki tujuan investasi dengan jangka waktu pendek, menengah, hingga panjang. Hal ini dikarenakan ada berbagai jenis reksa dana yang bisa dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan, profil risiko, dan tingkat risikonya. 

Karenanya, jika ingin memilih reksa dana dengan peluang keuntungan lebih tinggi, pahami jika risiko kerugiannya juga sama besar. Dengan begitu, kamu mampu memilih jenis produk yang paling sesuai agar bisa memastikan aktivitas menabung berhasil mencapai target dengan optimal.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Rekomendasi Produk Keuangan Ideal untuk Menabung Sesuai Kebutuhan

Agar bisa meraih target menabung dengan lebih optimal, ada beberapa rekomendasi produk keuangan yang ideal untuk dimanfaatkan. Berikut adalah beberapa pilihan dan penjelasannya. 

  1. Tabungan

    Untuk menabung dan menyimpan uang, kebanyakan orang sudah pasti memilih tabungan atau rekening di bank. Alasannya sederhana, yakni saldo yang tersimpan di dalamnya bisa dengan mudah diambil kapan pun saat dibutuhkan. 

    Hanya saja, jika memilih produk ini untuk mencapai target menabung, prosesnya bisa dibilang kurang optimal. Sebab, tabungan tak memberikan bunga signifikan yang mampu mengembangkan nilainya. Sehingga produk ini hanya cocok untuk menyimpan sedikit dana saja yang mungkin akan digunakan dalam waktu dekat.

  2. Deposito

    Ketimbang memilih tabungan untuk mencapai target menabung, deposito bisa menjadi pilihan yang lebih ideal. Hal ini dikarenakan deposito mampu memberikan imbal hasil relatif lebih besar ketimbang tabungan biasa. Namun, pencairan dana deposito tidak bisa dilakukan sembarangan agar terhindar dari risiko membayar denda atau penalti.

  3. Emas

    Pilihan lainnya agar target menabung bisa lebih lekas tercapai adalah memanfaatkan investasi emas. Harga emas yang senantiasa mengalami kenaikan menjanjikan setiap tahun dan memiliki tingkat likuiditas tinggi membuat emas bisa menjadi sarana menabung yang optimal. Tidak hanya mampu melindungi aset agar tak terdepresiasi akibat inflasi, menabung emas juga bisa mempercepat prosesmu meraih target keuangan. 

  4. Reksa Dana

    Terakhir, reksa dana juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan menabung dengan lebih optimal. Bisa dimulai dengan nominal kecil, portofolio investasi dikelola manajer investasi, dan likuiditas tinggi, reksa dana dijamin mampu membantumu mencapai target menabung dengan lebih cepat ketimbang rekomendasi produk lainnya. Yang terpenting, pilih jenis produk reksa dana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko agar mampu mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga :   Tips Beli Mobil Bekas, Ini Pentingnya Relay Untuk Kelistrikan Mobil

Tips Mencapai Target Menabung

Tips Mencapai Target Menabung

Tips Mencapai Target Menabung

Motivasi dari membuat target menabung mungkin belum cukup untuk bisa mencapainya. Lalu, bagaimana cara mencapai target menabung dengan lebih lekas? Tips berikut ini mungkin bisa jadi jawabannya. 

  1. Ketahui Kondisi Keuangan

    Hal terpenting yang perlu dilakukan agar target menabung bisa tercapai adalah memahami kondisi keuangan. Cek berapa jumlah pemasukan yang didapat dan catat total pengeluaran tiap bulannya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan dan mengetahui berapa dana tersisa yang dapat digunakan untuk menabung secara rutin. 

  2. Tambah Penghasilan

    Setelah mengetahui kondisi keuangan dan alokasi dana yang tersisa untuk ditabung, kamu tentu dapat memperkirakan apakah nominalnya cukup untuk mencapai target menabung sesuai jangka waktu yang ditentukan atau tidak. Jika ternyata belum cukup, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menambah penghasilan. 

    Ada beberapa cara untuk menambah sumber penghasilan. Contohnya adalah melakukan kerja sampingan, memulai bisnis kecil, dan lain sebagainya. Yang terpenting, jangan sampai aktivitas tersebut mengganggu sumber penghasilan utama hingga berisiko mengganggu produktivitas.

  3. Kurangi Pengeluaran

    Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengurangi beberapa pengeluaran yang tak terlalu penting ketika sedang berusaha mencapai tujuan menabung. Hal ini perlu dilakukan agar ada lebih banyak dana tersisa yang bisa disisihkan dan ditabung. Sebagai contoh, pengeluaran bisa dikurangi dengan cara membatasi kebiasaan belanja atau makan di luar, subscription layanan tertentu, dan semacamnya.

Jadi, Sudah Tahu Apa Itu Target Menabung dan Tips Mencapainya?

Itulah penjelasan mengenai pengertian target menabung, alasan memilikinya, hingga tips mencapainya. Dengan memiliki target yang jelas, sudah pasti aktivitas menabung bisa berlangsung dengan lebih lancar dan konsisten dari awal hingga akhir. Jadi, kebiasaan tersebut pun tidak akan terhenti di tengah jalan hanya karena alasan tertentu yang sepele. 

Baca Juga: Persiapkan Masa Tua dengan Tabungan Pensiun, Ini Pengertian, Manfaat, dan Tips Pilih Layanan Terbaik

 

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.


Artikel ini bersumber dari : www.republika.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar