GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

INDOZONE.ID – Baru-baru ini Apple melaunching produk terbaru mereka yaitu Iphone 14. Produk terbarunya ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan dibanding produk sebelumnya Iphone 13.

Namun di antara banyak keunggulan, ternyata Iphone 14 versi Amerika memiliki perbedaan dibanding Iphone 14 yang dijual di negara-negara lainnya, khususnya terkait tray sim

Suasana di Apple Store Amerika. (Z Creators/Susi Fatimah)

Di seri Iphone 14 versi Amerika ini, Apple menghilangkan sim card fisik di perangkat mereka dan menggantinya dengan sim card elektronik atau e-SIM. 

Di Amerika, penggunaan e-SIM sudah umum digunakan, sejumlah provider besar seperti AT&T, T-Mobile sudah mengeluarkan e-SIM bagi pelanggannya. Bahkan pelanggan bisa mengganti menjadi e-SIM tanpa harus datang ke store. 

Sayangnya, e-SIM belum umum digunakan di Indonesia. Hingga saat ini hanya provider Smartfren saja yang baru memiliki e-SIM. Susi Fatimah, Z Creators mengaku antusias dengan kemunculan Iphone 14. 

Namun setelah mengetahui informasi terkait tray sim Iphone 14 versi Amerika yang berbeda, ia pun kecewa dan mengurungkan niat untuk membeli seri Iphone 14 tersebut.

apple store
Suasana di Apple Store Amerika. (Z Creators/Susi Fatimah)

Menurut Susi, menggunakan e-SIM menyulitkannya saat Iphone 14 akan digunakan di Indonesia nanti. Sebab ia harus pindah ke provider lain agar Iphone 14-nya tetap bisa digunakan di Indonesia atau menggunakan sim card Amerika dengan jaringan WiFi.

“Kalau begitu kita kemana-mana harus pakai WiFi, repot juga. Sementara kalau ganti provider agak berat, sayang kalau harus ganti lagi nomor,” katanya.

Padahal Susi dan teman-temannya dari Indonesia yang kini menetap sementara di Amerika tertarik dengan Iphone 14 Pro Max, terlebih warna ungu tua-nya. Namun akhirnya mereka batal ikut pre order.

“Setelah nunggu-nunggu Iphone 14 keluar ternyata versi Amerika beda. Kayaknya batal beli daripada nanti repot pas dipakai di Indonesia,” kata Susi.

apple store
Suasana di Apple Store Amerika. (Z Creators/Susi Fatimah)

Menurut Susi, harga Iphone di Amerika lebih murah dibandingkan di Indonesia. Selisihnya bisa Rp1 hingga Rp3 jutaan. Meski harganya lebih murah, namun saat balik ke Indonesia, Iphone yang dibeli dari Amerika nantinya dikenakan biaya cukai untuk mengaktifkan IMEI (International Mobile Equipment Identity) agar bisa aktif di Indonesia.

Sementara itu, sejak Iphone 14 dirilis, sejumlah Apple Store di Washington DC mulai ramai dikunjungi mereka yang ingin ikut pre order. Namun sayangnya, Iphone 14 seri terbaru itu tidak di display di Apple Store seperti produk lainnya, sehingga calon pembeli tidak bisa memegang langsung produknya. 

Meski demikian, banyak bule yang ikut pre order meski barang tak ditampilkan di display. Iphone 14 hadir dalam beberapa seri, di Amerika sendiri Iphone 14, 14 Pro, dan 14 Pro Max baru tersedia pada 16 September, sementara Iphone 14 plus tersedia 7 Oktober 2022.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators


Artikel ini bersumber dari : www.indozone.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News