GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

2 Oktober 2022

PURWASUKA – Simak tips agar diterima kerja di PT Pertamina (Persero). Bekerja di PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu impian didambakan oleh banyak orang. Alasannya, tak lepas dari gaji dan fasilitas yang mereka dapatkan sebagai karyawan. 

Untuk itu, tips agar diterima kerja di PT Pertamina ini bisa menjadi salah satu hal yang dapat kalian pelajari. Mesti tak dijamin bisa 100 persen lolos, tak ada salahnya kalian coba tips ini.

Dilansir dari banyak sumber, berikut beberapa tips agar diterima kerja di PT Pertamina (Persero):

1. Online Interview – Tahapan interview merupakan tahapan untuk menyelesaikan verifikasi jawaban peserta dari tes kemampuan dasar yang sebelumnya sudah dilalui. Peserta yang melakukan online interview biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 20 menit.

Baca Juga:Kontennya Viral Sampai Banjir Kritikan, Baim Wong Kaget Pemilik Warteg Barokah yang Selamat Kebakaran Pulang Kampung

Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara tersebut juga bervariasi. Meliputi perkenalan diri pribadi, verifikasi tes yang telah dilakukan sebelumnya, background pendidikan pelamar, motivasi ingin bekerja di Pertamina hingga pertanyaan lain seputar kepribadian.

Untuk bisa lolos pada tahapan tersebut, coba lakukan tips ini:

– Cek terlebih dahulu koneksi dan perangkat yang digunakan. Jangan sampai saat interview, koneksinya buruk atau tidak mendukung.
– Sebisa mungkin peserta harus berpakaian rapi dan sopan meskipun interview dilakukan secara online.
– Pelajari unsur tata nilai dan juga budaya di BUMN dan Pertamina secara lengkap di website online resmi perusahaan.
– Perhatikan etika dan norma ketika melakukan interview.
– Jawaban harus lugas, tegas, dan juga tidak berbelit-belit.

2. Interview User dan HR – Tahapan melamar kerja di Pertamina selanjutnya adalah didampingi HR atau HC (Human Capital) bersama orang yang nantinya bekerja dengan peserta (user). Tahapannya memakan waktu 15 hingga 30 menit. Interview-nya dilakukan dalam bahasa Inggris sesuai permintaan user.

Komposisi pertanyaan di tahap ini biasanya 50% kepribadian, 30% teknis, dan selanjutnya 20% komitmen. Untuk pertanyaan teknis, nantinya disesuaikan proses bisnis lokasi yang akan dilamar. Pertanyaan interview seputar background pendidikan, prestasi selama kuliah dan pengalaman kerja ataupun organisasi.

Baca Juga:Bareskrim Tetapkan 6 Polisi Tersangka Obstruction of Justice Kasus Brigadir J, Salah Satunya Brigjen Hendra Kurniawan

– Baca CV yang telah di-submit terlebih dahulu sebelum melakukan interview;
– Lima menit pertama adalah waktu yang sangat menentukan jalannya keseluruhan interview yang nanti Anda lakukan,
– Jangan lupa untuk mempelajari proses jalannya bisnis di lokasi ataupun perusahaan yang dilamar;
– Selalu jawab setiap pertanyaan dengan konsisten. Konsistensi dan juga punya pendirian yang teguh menjadi kunci ketertarikan interviewer.

3. Interview Top Management – Vice President (VP), dewan direksi, dan juga HC. Proses interview biasanya berlangsung selama 5-15 menit. Tidak jauh beda dengan interview yang telah dilakukan sebelumnya, interview top management dilakukan dalam bahasa Inggris atau sesuai dengan permintaan perusahaan.

Untuk komposisi pertanyaan juga lebih bervariasi. Di antaranya terdiri dari 40% yang membahas soal kepribadian pelamar, 40% mengenai komitmen, dan juga 20% pendapat tentang PT Pertamina.

Berikut adalah tips untuk melakukan Interview Top Management:

– Sebisa mungkin harus sudah mempelajari visi dan misi perusahaan dengan sebaik mungkin.
– Pahami juga poin-poin AKHLAK BUMN dan budaya Pertamina yang berlaku di perusahaan.
– Perbanyak literasi informasi mengenai potensi perusahaan minyak dan gas bumi, terutama di sekitar lokasi perusahaan yang tengah dilamar.***

Artikel ini bersumber dari : purwasuka.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News