Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Full Block Style

Hai teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang surat lamaran kerja dengan format full block style. Mungkin bagi sebagian dari kita masih bingung dengan format ini atau ingin lebih memahami bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan format full block style. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap dan santai mengenai hal tersebut. Yuk, simak artikelnya sampai selesai ya!

Apa itu Surat Lamaran Kerja dalam Format Full Block Style?


Surat Lamaran Kerja Full Block Style

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengetahui apakah seorang pelamar cocok dengan posisi yang dibutuhkan atau tidak. Karena itu, pengiriman surat lamaran kerja yang baik menjadi salah satu kunci untuk memenangkan hati perusahaan yang dituju. Salah satu format surat lamaran kerja yang sering digunakan adalah full block style. Namun, apa itu full block style?

Secara sederhana, full block style adalah format penulisan surat resmi di mana semua teks atau tulisan berada di sebelah kiri halaman. Artinya, tidak ada sangkut atau indentasi untuk setiap paragraf. Format ini disebut full block style karena seluruh isi surat lamaran terletak di atas jajaran margen kiri dan kanan, sehingga surat terlihat padat dengan ruang kosong terbatas di sekitarnya.

Full block style umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi ketika mengirimkan email, surat resmi, atau memo kepada pegawainya. Format ini juga sangat cocok digunakan untuk surat lamaran kerja. Biasanya, full block style lebih mengutamakan kesederhanaan dan kejelasan pesan, sementara format yang lain seperti semi block style atau modified block style memakai format sangkut yang sedikit berbeda.

Kelebihan dari surat lamaran full block style ini adalah tampilan yang rapi dan mudah dibaca. Format ini disukai oleh banyak perusahaan karena hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merancang tata letak surat lamaran kerja.

Adapun tips-tips untuk menulis surat lamaran dalam format full block style yang baik dan benar adalah:

  1. Menggunakan font yang profesional: Pilihlah jenis font yang serupa dengan Times New Roman, Arial atau Calibri. Hindari penggunaan jenis font yang aneh atau membuat surat sulit dibaca.
  2. Menulis nama dan alamat perusahaan dengan format yang benar: Tuliskan nama perusahaan dan alamat lengkap di bagian atas. Gunakan spasi satu, huruf kapital untuk setiap awal kata dalam kalimat, serta pisahkan antara nama dan alamat dengan satu spasi.
  3. Menuliskan daftar isi di dalam surat: Informasi utama harus terletak pada bagian atas dan menjadi fokus utama surat lamaran kerja, diikuti alasan lain mengapa pelamar cocok untuk posisi yang ditawarkan.
  4. Menggunakan kalimat yang mudah dipahami: Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau rumit. Sebaiknya, gunakan kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami.
  5. Menyampaikan pesan dengan tegas: Sampaikan pesan dengan tegas dan jelas, sehingga perusahaan dapat mengetahui apa yang ingin dipaparkan dan mengapa pelamar memilih perusahaan tersebut.
  6. Menggunakan bahasa yang sopan dan santun: Pertimbangkan penggunaan kata-kata dalam surat, karena penggunaan yang tidak selayaknya dapat menyebabkan pelamar dicap buruk atau tidak sopan.

Secara keseluruhan, surat lamaran kerja dalam format full block style adalah salah satu cara terbaik untuk menulis surat lamaran dengan rapi dan mudah dibaca. Setelah memahami apa itu full block style dan cara menuliskannya, Anda siap untuk mengirim surat lamaran yang berkualitas tinggi dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Surat Lamaran Kerja: Kelebihan Menggunakan Format Full Block Style

Penampilan Yang Rapi Dan Formal


Penampilan Yang Rapi Dan Formal

Salah satu kelebihan menggunakan format full block style pada surat lamaran kerja adalah penampilannya yang rapi dan formal. Format ini memiliki tata letak yang terstruktur dengan baik, dengan membagi surat menjadi beberapa bagian seperti pengantar, tubuh surat, dan penutup. Hal ini akan memberikan kesan profesional pada calon pelamar kerja dan memberikan pengalaman positif pada pihak penerima

Contoh dari penampilan format full block style pada surat lamaran kerja bisa dilihat pada gambar di atas. Kesan rapi dan formal yang terlihat pada surat tersebut membuat pihak penerima merasa lebih percaya dan menghargai calon pelamar kerja

Baca Juga :   Apakah Boleh Mengirim Lamaran Kerja 2 Kali?

Cepat Dibaca Dan Dipahami


Cepat Dibaca Dan Dipahami

Kelebihan lain menggunakan format full block style pada surat lamaran kerja adalah mudah dibaca dan dipahami. Dengan membagi surat menjadi beberapa bagian seperti pengantar, tubuh surat, dan penutup, pembaca dapat dengan mudah memahami isi surat tersebut tanpa harus membaca seluruh bagian suratnya

Tak hanya itu, penggunaan font yang formal dan mudah dibaca juga dapat memberikan penekanan pada kalimat-kalimat penting dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Maka, pihak penerima akan lebih mudah memahami maksud dan tujuan dari surat lamaran kerja yang dikirimkan oleh calon pelamar kerja

Menyajikan Informasi Dengan Jelas


Menyajikan Informasi Dengan Jelas

Format full block style pada surat lamaran kerja juga memiliki kelebihan dalam menyajikan informasi dengan jelas. Dalam format ini, setiap bagian surat ditempatkan secara terstruktur dan dapat disusun dengan lebih rapi sesuai dengan pembagian bagian surat. Penggunaan kalimat yang jelas dan lugas juga membuat informasi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami

Selain itu, format ini juga memungkinkan penggunaan bullet points atau penomoran pada bagian tubuh surat yang memperjelas poin-poin penting yang ingin disampaikan. Dengan begitu, pihak penerima akan lebih mudah menangkap informasi tentang kemampuan dan pengalaman calon pelamar kerja sehingga memudahkan mereka untuk mempertimbangkan pelamar di tahap seleksi selanjutnya

Meningkatkan Kepercayaan Diri


Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terakhir, kelebihan menggunakan format full block style pada surat lamaran kerja adalah meningkatkan kepercayaan diri. Penampilan yang rapi dan formal, serta penggunaan kalimat yang tepat dan jelas memberikan kesan profesional dan menunjukkan komitmen serius dari calon pelamar kerja

Poin-poin yang disampaikan dengan jelas dan rapi juga menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan hal ini akan menjadi nilai tambah bagi calon pelamar kerja. Dalam menjalani proses seleksi kerja, kepercayaan diri yang tinggi akan sangat membantu dalam menghadapi segala macam tantangan yang akan dihadapi

Kesimpulan

Dengan begitu, tidak heran jika format full block style pada surat lamaran kerja menjadi salah satu format yang paling banyak digunakan oleh para pelamar kerja. Penampilannya yang rapi, mudah dibaca dan dipahami, serta mampu menyampaikan informasi dengan jelas membuat format ini menjadi pilihan yang tepat dalam melamar pekerjaan. Selain itu, format ini juga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan pengalaman positif pada calon pelamar kerja.

Langkah-Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Format Full Block Style


Format Full Block Style

Setelah mempelajari bagaimana dasar-dasar penulisan surat lamaran kerja, saatnya untuk mempelajari cara membuat surat lamaran kerja dengan format full block style. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tentukan Terlebih Dahulu Format Surat Lamaran Kerja

Sebelum memulai penulisan surat, Anda harus menentukan terlebih dahulu format surat lamaran kerja yang ingin Anda gunakan. Salah satu format surat lamaran kerja adalah full block style. Pada format ini, semua elemen surat lamaran kerja harus rata kiri dan tidak ada bagian yang dibuat rata kanan.

2. Buat Kop Surat

Kop surat berisi informasi tentang diri Anda dan perusahaan tempat Anda melamar kerja. Kop surat biasanya terdiri atas nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi yang diberikan sudah benar dan akurat agar pihak perusahaan mudah menghubungi Anda ketika diterima sebagai karyawan.

3. Tuliskan Isi Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja

Isi surat lamaran kerja harus menjelaskan secara jelas tentang diri Anda dan mengapa Anda memilih perusahaan tersebut sebagai tempat bekerja. Berikut ini adalah beberapa informasi yang harus disertakan:

A. Salam Pembuka

Salam pembuka adalah pengantar surat lamaran kerja yang digunakan untuk menyapa pihak perusahaan. Pada full block style, salam pembuka diletakkan di sebelah kiri atasan dan dituliskan tanpa menggunakan tanda baca akhir.

Contoh salam pembuka pada full block style:

Bapak/Ibu Pimpinan,

B. Paragraf Pertama (Pendahuluan)

Paragraf pertama pada surat lamaran kerja berisi tentang pengenalan diri Anda secara singkat, misalnya nama, alamat, dan pendidikan terakhir yang telah Anda selesaikan. Selain itu, jelaskan juga tujuan mengapa Anda melakukan lamaran kerja pada perusahaan tersebut. Untuk format full block style, paragraf pertama diletakkan di sebelah kiri dan diawali tanpa jarak.

Contoh paragraf pertama pada full block style:

Nama saya Hadi, saya baru saja lulus dari Universitas Gajah Mada dengan gelar Sarjana Teknik Sipil. Saya tertarik untuk melamar pada posisi Surveyor yang sedang dibuka di perusahaan Bina Jaya Abadi. Saya percaya bahwa perusahaan Bina Jaya Abadi memiliki reputasi yang baik dan memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan nilai-nilai saya.

C. Paragraf Kedua (Isi)

Pada paragraf kedua, jelaskan mengapa Anda tertarik pada posisi pekerjaan yang sedang dibuka dan jelaskan juga mengenai rencana dan strategi yang akan dilakukan untuk memajukan perusahaan. Pada full block style, paragraf kedua diletakkan di sebelah kiri dan diawali tanpa jarak.

Baca Juga :   Tampak Dingin, Sifat Asli Wonwoo SEVENTEEN Dibongkar Penata Rambut Esquire Usai Kerja Bareng Lagi

Contoh paragraf kedua pada full block style:

Saya percaya bahwa posisi Surveyor adalah peluang sempurna bagi saya untuk mengembangkan keterampilan saya dalam industri konstruksi. Saya memiliki pengalaman di proyek-proyek besar sebelumnya dan memiliki kemampuan untuk mengoperasikan peralatan surveyor modern. Selain itu, saya memiliki ketertarikan dalam pengembangan dan penggunaan teknologi terbaru di bidang surveyor. Saya yakin dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dalam bidang survei pada proyek-proyek besar yang akan datang.

D. Paragraf Ketiga (Penutup)

Paragraf ketiga pada surat lamaran kerja berisi berbagai informasi penting seperti mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Jangan lupa sertakan juga informasi kontak seperti nomor telefon dan alamat email. Pada full block style, paragraf ketiga diletakkan di sebelah kiri dan diawali dengan tanpa jarak.

Contoh paragraf ketiga pada full block style:

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan perusahaan. Informasi kontak saya tertera di bawah ini, jika ada pertanyaan atau informasi yang perlu diberikan, saya sangat senang menerima kabar dari pihak perusahaan. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Setelah semua elemen surat lamaran kerja lengkap dan terisi dengan baik, pastikan untuk membaca ulang dan memperbaiki kesalahan grammar, ejaan, dengan teliti. Kirimkan surat lamaran kerja Anda secara langsung atau melalui email yang tertera pada iklan.

4. Buat Lampiran

Lampiran merupakan berbagai dokumen yang melengkapi dan membuktikan kualifikasi Anda, seperti ijazah, sertifikat, dan CV. Lampiran ditempatkan setelah surat lamaran kerja atau dapat dikirimkan bersamaan dengan surat secara elektronik. Pastikan Anda meletakkan lampiran sesuai dengan prioritas dan isikan jumlah lampirannya di bagian bawah surat lamaran kerja.

Dalam merancang surat lamaran kerja, Anda harus memperhatikan beberapa hal dan mengacu pada format standar. Pada dasarnya, full block style memudahkan penerima surat agar mendapatkan informasi dari surat lamaran kerja dengan jelas, rapi dan mudah dibaca. Jangan lupa, kirimkan surat Anda tepat waktu dan utamakan kualitas isi surat yang disampaikan.

Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Format Full Block Style


Lamaran Kerja Full Block Style

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang sebagai pengantar dalam melamar pekerjaan ke perusahaan yang diinginkan. Pada umumnya, surat lamaran kerja dibagi menjadi beberapa format, salah satunya adalah Full Block Style. Format Full Block Style merupakan format penulisan surat lamaran kerja yang memisahkan antara paragraf dan tidak menggunakan indentasi pada awal paragraf.

Berikut contoh surat lamaran kerja dengan format Full Block Style:

Jalan Raya Jember No. 1

Jember

12 Juni 2021

Kepada Yth,

Manajer HRD

PT Jaya Abadi

Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Ahmad Syafiq

Tanggal Lahir : 10 Februari 1995

Pendidikan Terakhir : Sarjana Pendidikan

Alamat : Jalan Raya Jember No. 1

Dalam kesempatan ini, dengan mengucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu, saya mengajukan lamaran untuk bergabung dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya tertarik untuk bekerja di PT Jaya Abadi karena perusahaan ini memiliki reputasi yang baik dan memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

Sekiranya Bapak/Ibu berkenan menerima saya sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh dalam bidang yang saya tekuni. Saya berharap dapat bergabung dengan PT Jaya Abadi untuk mengembangkan karier saya sekaligus berkontribusi dalam perkembangan perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya, terimakasih atas kesediaan Bapak/Ibu membaca surat ini.

Hormat saya,

Ahmad Syafiq

Itulah contoh surat lamaran kerja dengan format Full Block Style. Surat lamaran kerja dengan format Full Block Style memiliki tampilan yang rapi dan mudah dibaca. Sehingga, apabila kamu ingin membuat surat lamaran kerja dengan format Full Block Style, pastikan menjaga keseluruhan tampilan surat agar terlihat rapi dan menarik bagi pihak perusahaan.

Terima Kasih Telah Membaca!

Nah, itu dia tentang cara membuat surat lamaran kerja dengan gaya full block style. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam membuat surat lamaran kerja yang profesional dan membuat kamu sukses dalam mencari pekerjaan impianmu. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan mengasah kemampuanmu dalam menulis surat lamaran kerja. Terima kasih sudah membaca artikel kami, dan jangan lupa untuk kembali berkunjung di lain waktu untuk membaca artikel menarik yang lain. Sampai jumpa kembali!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar