GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

3 Oktober 2022

Ilustrasi kesenjangan gender di dunia pekerjaan. Foto: fizkes/shutterstock
Mendapatkan pekerjaan impianmu setelah lulus bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan adanya arahan dan persiapan yang tepat, maka kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu tersebut.
Daripada membuang-buang waktu hanya dengan berkeluh kesah, lebih baik lakukan hal-hal yang lebih bermanfaat saat ingin mencari pekerjaan.
Di bawah ini ada beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu setelah lulus kuliah seperti dikutip dari Colleges of Distinction.
Ilustrasi mencari lowongan pekerjaan secara online di tengah pandemi. Foto: Getty Images

Mencari pekerjaan itu butuh rencana yang harus diterapkan secara terus-menerus. Pertimbangkan juga untuk mencari tahu bagaimana orang-orang yang memiliki pekerjaan yang kamu impikan itu mendapatkan pekerjaan tersebut, setelah itu kamu bisa sesuaikan dengan rencanamu.

Selain itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan melalui situs web pekerjaan seperti LinkedIn. Di situs-situs itu mungkin hanya sebagian kecil pekerjaan yang tersedia untukmu. Jadi, cobalah untuk memaksimalkan situs-situs web terakit lowongan pekerjaan dengan membuat notifikasi email lowongan kerja sehingga kamu enggak akan melewatkannya.
Ilustrasi kerja di kantor. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Pikirkanlah orang sebanyak kamu memikirkan tentang pekerjaan. 80 persen pekerjaan ditemukan biasanya melalui koneksi bukan dari situs web. Sebagian besar strategi pencarianmu harus difokuskan untuk tetap terhubung dengan orang yang kamu kenal dan memperkenalkan diri ke orang yang enggak kamu kenal.

Pikirkan tentang semua orang di dalam hidupmu yang mungkin bisa membantumu seperti keluarga, teman, teman keluarga, koneksi media sosial, klub mahasiswa, teman sekelas, dan lain-lain. Ketika kamu mencari pekerjaan, kamu enggak akan pernah tahu siapa yang bisa membantumu.

Manfaatkan Jaringan LinkedIn-mu

Ilustrasi membuat summary yang tepat di LinkedIn. Foto: Shutter Stock

LinkedIn adalah alat penting dalam pencarian pekerjaan apa pun. Dengan hampir 800 juta pengguna, platform ini memberikan peluang terbesar untuk terhubung dengan semua orang termasuk perekrut, professional, teman sekelas, dan alumni.

Ini juga harus menjadi alat utama yang kamu gunakan untuk mengikuti semua orang yang kamu temui secara profesional. Kamu hanya perlu menambahkan catatan yang dipersonalisasi ke permitnaan koneksimu sehingga orang tersebut tahu siapa kamu dan kenapa kamu tertarik untuk terhubung.

Komunitas alumni adalah tempat yang tepat untuk memulai di LinkedIn. Menjadi bagian dari jaringan alumni adalah keuntungan yang kamu miliki sebagai lulusan baru.

Ilustrasi CV Foto: Shutterstock

Salah satu hal mengesankan yang bsia kamu lakukan adalah membuat profil LinkedIn yang meyakinkan dengan judul dan ringkasan yang menangkap minat profesionalmu, resume, dan mungkin contoh sebelumnya dari pekerjaan dan keterampilanmu saat ini. Beberapa industri juga mungkin mengharapkan portofolio atau situs web.

Gunakan semua yang kamu miliki untuk mengembangkan cerita yang meyakinkan. Mulai dari pengalaman kerja, magang, proyek kelas yang signifikan, relawan, hingga peran kepemimpinan kampus. Semua pengalaman ini dapat menunjukkan keahlianmu dan dapat digunakan di dalam resume atau CV-mu.

Saat kamu melamar pekerjaan, selalu sesuaikan surat lamaran dan resume-mua dengan menggunakan bahasa yang tepat dalam iklan lowongan kerja. Pastikan untuk menggunakan judul bagian yang berbeda di resume untuk memindahkan pengalaman yang paling relevan ke bagian atas resumemu.

Ilustrasi Wawancara Kerja Online. Foto: Shutterstock

Saat kamu sedang mencari pekerjaan, terlepas dari apakah kamu sudah mendapatkan pekerjaan atau belum, terus kembangkan keahlianmu. Ini bisa menunjukkan kepada atasan kalau kamu serius dengan tujuanmu.

Buat kamu mahasiswa se-Indonesia, ikuti rangkaian kegiatan skill development di kum.pr/academy2022 dan pantau terus keseruannya di media sosial kumparan.

Artikel ini bersumber dari : kumparan.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News