Don’ts di Hari Pertama Kerja, Apa Saja?

Selamat YOTers! Finally you land on your first job! Ini saatnya untuk menyiapkan hari pertama kamu untuk bekerja.

 

Hari pertama kerja adalah momen penting untuk membangun kesan yang baik. Datang tepat waktu adalah keharusan di first day kita namun bagaimana dengan hal terlarang untuk dilakukan?

 

1. Datang terlambat atau terlalu pagi

Datang terlambat adalah hal paling terlarang dalam hari pertama kerja. Satu kesalahan akan lebih diingat daripada sepuluh kebaikan. Bangunlah lebih awal untuk punya banyak waktu persiapan dan berangkat lebih awal agar tidak terjebak kemacetan.

Pastikan tidak datang terlalu pagi agar tidak mengejutkan pegawai lainnya. Tentunya mereka tidak ingin dilihat dalam kondisi belum siap.

 

2. Salah kostum

Penampilan adalah hal yang nampak pertama kali. Ketahui dress code tempat kerja dan lakukan konfirmasi dengan tim HR bila ada yang kurang jelas.

 

3. Ansos

Hari pertama adalah saatnya berkenalan dengan orang yang akan bekerja denganmu selama beberapa bulan atau tahun ke depan.

Bersikaplah ramah dan terima ajakan makan siang bersama. Hindari berasumsi mengenai karakter rekan kerja di hari pertama. Kamu perlu berinteraksi dengan mereka terlebih dahulu untuk bisa menilai.

 

4. SKSD: sok kenal sok dekat

Menjadi ramah itu perlu, namun jangan sampai menceritakan hal-hal terlalu personal kepada rekan kerja. Membangun relasi membutuhkan proses, jadi tidak perlu sok kenal sok dekat untuk bisa diterima orang lain.

Baca Juga :   Meski Tak Mudah, Modi Telah Melakukan Pekerjaan yang Hebat

Lakukan interaksi secara natural, orang lain pasti bisa memahami jika ada rasa canggung pada hari pertama kerja.

 

5. Malu bertanya

Hari pertama adalah saatnya bertanya tentang seluk beluk tempat kerja yang belum diketahui pada saat proses rekrutmen. Tanyakan ruangan atau alat apa saja yang akan membantu pekerjaan.

 

6. Terus bermain ponsel

Pada sebagian kantor, belum banyak pekerjaan diberikan pada hari pertama kerja. Meski demikian, gunakan waktu untuk hal yang produktif seperti mengamati cara rekan bekerja daripada bermain ponsel.

 

Hari pertama bisa menjadi dasar bagi atasan dan rekan kerja untuk menaruh ekspektasi. Buatlah first day kamu bermakna dan meninggalkan kesan yang menyenangkan dengan tidak melakukan hal terlarang di atas.

 

Baca Ini Juga Yuk

 

Good news!

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join komunitasnya sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

Menangkan kesempatan dapat Smoot Electric Scooter, caranya cukup ikuti arahan sesuai poster berikut dan follow instagram @phoenixunitedid untuk stay updated.

 

 

Butuh inspirasi?

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.

Artikel ini bersumber dari : www.youngontop.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar