Di Pidie, Ribuan Masyarakat Pidie Adu Nasib di Perekrutan Tenaga Panwascam – Atjeh Watch

SIGLI – Sebanyak 1004 peserta pelamar calon tenaga pengawas pemilu tingkat kecamatan di 23 kecamatan yang ada di Pidie mendaftarkan diri di perekrutan Panwascam yang dibuka sejak 21 hingga 27 September 2022.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Junaidi SH kepada Atjehwatch.com, Selasa malam 27 September 2022.

“Antusias masyarakat untuk mendaftar menjadi Panwascam begitu tinggi, ada sebanyak 617 laki-laki dan 387 perempuan yang tersebar di 23 Kecamatan sudah mendaftar diri mereka di kantor Panwaslu kabupaten Pidie untuk menjadi 3 tenaga Panwascam di setiap kecamatan yang ada di kabupaten Pidie,” ujar Junaidi SH, yang juga merupakan ketua Komisioner Panwaslu kabupaten Pidie.

Dikatakannya, dalam rangka pembentukan Panwaslu Kecamatan dalam Pemilu Serentak 2024, Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Pidie sesuai dengan Pengumuman nomor 024/KP.01.00./K.AC-16/09/2022 tentang Pendaftaran calon anggota panwascam dalam rangka pemilu serentak 2024, di kabupaten Pidie.

“Selama tujuh hari kerja termasuk hari Sabtu dan Minggu tetap kami buka kantor, perharinya ratusan berkas peserta pendaftaran Panwascam kami terima. Animo masyarakat kabupaten Pidie begitu antusias untuk mendaftarkan menjadi tenaga pengawas pemilu di tingkat kecamatan,” ujar Junaidi SH.

Dijelaskannya, berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, membuka kesempatan bagi warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan.

“Jadwal sesuai dengan tahapan dan juknis pemilu serentak tahun 2024, yaitu 12 hari untuk sosialisasi, 7 hari pengumuman Pendaftaran, 7 hari penerimaan berkas dan pendaftaran, kemudian 3 hari penelitian kelengkapan berkas, hingga pengumuman hasil penelitian berkas administrasi pendaftaran calon anggota Panwascam 12 Oktober 2024,” kata Junaidi SH.

Baca Juga :   Gobel Ajak Diplomat Dunia Bersatu untuk Makmur Bersama

“Tahapannya, dilanjutkan dengan 7 hari menunggu tanggapan dan masukan dari masyarakat, baru setelah itu tes tulis CAT pada 14 – 16 Oktober, kemudian pengumuman tes tulis, dan dilanjutkan dengan tes wawancara selama 5 hari kerja hingga pengumuman hasil tes wawancara Panwascam pada 22 Oktober 2024,” ujar Junaidi SH.

Salah satu pendaftar Panwascam yang tidak mau dituliskan namanya mengatakan kepada Atjehwatch.com,  cukup yakin lulus tes Panwascam kali ini, karena sistem tes tulis dilakukan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) Socrative dan tes wawancara. [Mul]

Artikel ini bersumber dari : atjehwatch.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar