Contoh Surat Lamaran Kerja Word Edit Terbaru dan Efektif

Hai sobat-sobat pencari kerja! Sudahkah kamu mempersiapkan contoh surat lamaran kerja yang akan kamu kirimkan ke perusahaan impianmu? Jika belum, jangan khawatir karena kali ini kita akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja word edit yang santai dan mudah dipahami oleh siapa saja. Yuk, kita simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tips membuat surat lamaran kerja yang jitu!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Word Edit


Contoh Surat Lamaran Kerja Word Edit

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang sangat penting bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan. Melalui surat lamaran kerja, pewawancara atau perusahaan akan mengetahui calon pekerja yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Salah satu program yang biasa digunakan untuk membuat surat lamaran kerja adalah Microsoft Word.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja dengan Word Edit:

1. Buat dokumen baru di Word

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka program Microsoft Word dan membuat dokumen baru. Pilih menu “File” dan klik “New”. Setelah itu, pilih “Blank document”.

2. Pilih template surat lamaran kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional, kita bisa memilih template yang sudah tersedia di Word. Pilih menu “File”, klik “New”, lalu cari “Resume” atau “Cover letter” di kolom penyaringan. Setelah itu, pilih template yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Isi data diri dan informasi perusahaan

Setelah memilih template yang sesuai, kita bisa mengisi data diri dan informasi perusahaan yang akan dilamar. Di sebagian besar template, sudah terdapat kolom-kolom informasi yang harus diisi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Pastikan untuk mengisi informasi dengan lengkap dan benar.

4. Desain surat lamaran kerja

Setelah mengisi data diri dan informasi perusahaan, kita bisa mengubah desain surat lamaran kerja sesuai dengan selera. Misalnya, kita bisa mengubah jenis font, ukuran font, warna font, atau menambahkan gambar untuk mempercantik tampilan surat lamaran kerja. Namun, pastikan desain yang digunakan masih terlihat profesional dan mudah dibaca.

5. Ketik tulisan pendahuluan

Tulisan pendahuluan atau “introduction” berisi informasi tentang siapa kita, posisi pekerjaan yang dilamar, dan mengapa kita tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tulisan pendahuluan harus ditulis dengan bahasa yang sopan, mudah dipahami, dan menarik perhatian pewawancara atau perusahaan.

6. Tulis pengalaman dan kualifikasi kerja

Setelah menulis tulisan pendahuluan, kita bisa menguraikan lebih banyak tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki. Jelaskan secara detail tentang proyek-proyek yang pernah dikerjakan dan bagaimana kualifikasi dan pengalaman kerja tersebut bisa menambah nilai bagi perusahaan yang dilamar.

7. Selesai

Setelah semua bagian surat lamaran kerja sudah terisi dengan baik dan benar, pastikan untuk mengecek kembali semua tulisan agar tidak ada kesalahan pengetikan atau tata bahasa. Setelah itu, simpan dokumen dalam bentuk file Word dengan format .doc atau .docx dan kirimkan ke perusahaan yang dilamar.

Nah, itulah langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja dengan Word Edit. Dengan membuat surat lamaran kerja yang baik, kita memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Contoh Surat Lamaran Kerja di Word Edit yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja di Word Edit yang Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik dan benar akan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan. Selain itu, hal itu juga akan meningkatkan peluang untuk dipanggil untuk tahap interview. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja di word edit yang baik dan benar:

Baca Juga :   Contekan Surat Lamaran Kerja Hokben yang Baik dan Benar

1. Sertakan Informasi Pribadi Dalam Surat Lamaran Kerja

Pertama-tama, pastikan untuk menyertakan informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap, alamat, dan nomor telepon. Ini adalah informasi yang sangat penting karena akan memudahkan perusahaan dalam menghubungi Anda. Selain itu, pastikan juga untuk menyebutkan posisi yang Anda lamar di awal surat ini, sehingga perusahaan dengan mudah mengetahui maksud dari surat lamaran tersebut.

2. Jelaskan Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Menguraikan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja adalah hal yang penting dalam surat lamaran kerja. Tentunya, bukan hanya mencantumkan riwayat tersebut saja, tetapi Anda juga harus menjelaskan secara singkat dan jelas kemampuan yang dipunyai yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Seperti contoh, jika Anda melamar sebagai seorang akuntan, tuliskan informasi mengenai pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang akuntansi. Jangan lupa untuk menjelaskan kemampuan yang Anda punya dalam menyelesaikan tugas-tugas akuntansi, seperti membuat laporan keuangan, menghitung pajak, serta memeriksa dan memverifikasi data keuangan perusahaan.

Setiap kemampuan yang dipunyai harus ditulis dengan singkat dan jelas. Sebelumnya, pastikan untuk memberikan penekanan pada kualitas dan keunggulan diri, namun jangan terlalu berlebihan. Berikan gambaran yang positif mengenai kemampuan yang dimiliki.

3. Tampilkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Baik

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Oleh karena itu, menampilkan kemampuan untuk berbahasa Inggris dengan baik dapat meningkatkan peluang mendapatkan posisi yang diinginkan, terutama jika perusahaan membutuhkan pegawai yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris lancar.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk berbahasa Inggris, tuliskan kemampuan tersebut di bagian atas surat lamaran kerja. Jangan hanya menuliskan kemampuan berbahasa Inggris saja, tetapi juga harus disertai dengan jenis kemampuan, seperti mampu membaca, menulis, atau berbicara bahasa Inggris.

4. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Mudah Dipahami

Terakhir, gunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami dalam surat lamaran kerja. Jangan gunakan bahasa yang terlalu formal atau bahasa slang. Ini akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat tidak profesional.

Selain itu, pastikan Anda juga telah memeriksa surat lamaran kerja tersebut dengan baik untuk menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Hal ini akan membantu meningkatkan kesan positif pada perusahaan.

Semoga contoh surat lamaran kerja di word edit ini dapat membantu Anda untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta meningkatkan peluang untuk diterima di perusahaan impian.

Tips dan Trik Edit Surat Lamaran Kerja di Word


Lamaran Kerja Word Edit

Saat mencari pekerjaan, surat lamaran kerja menjadi hal yang paling penting untuk disiapkan sejak awal. Surat lamaran kerja adalah representasi diri kita dalam menunjukkan minat untuk bergabung di suatu perusahaan. Ada banyak cara untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian pihak HRD perusahaan, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut adalah beberapa tips dan trik edit surat lamaran kerja di Word:

1. Gunakan Font yang Sesuai


Calibri font Word

Font yang dipilih sangat berpengaruh pada kesan awal yang akan diberikan pada surat lamaran kerja tersebut. Pastikan memilih font yang mudah dibaca dan formal seperti Calibri atau Times New Roman, dengan ukuran 10-12 yang sesuai.

2. Gunakan Format yang Tepat


surat lamaran kerja format

Format surat lamaran kerja yang tepat akan memudahkan pihak HRD mencari informasi yang dibutuhkan. Buatlah format yang mudah dipahami, dengan judul singkat, pengantar, badan surat, dan penutup. Gunakan baris baru untuk setiap bagian dan usahakan tidak menghabiskan terlalu banyak ruang pada satu halaman.

3. Ungkapkan Kemampuan Anda


surat lamaran kerja kemampuan

Bagian pengantar pada surat lamaran kerja sebaiknya dimulai dengan frasa yang mencerminkan minat kita dalam bidang yang dilamar. Selanjutnya, tampilan dan kata-kata yang digunakan harus membuat pihak HRD tertarik untuk melihat lebih dalam kemampuan kita. Saat mengedit surat lamaran kerja di Word, gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan jangan berlebihan dalam memaparkan kemampuan Anda, tetapi tetap menyertakan prestasi yang pernah diraih.

Baca Juga :   Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Contoh pengantar: “Saya sangat tertarik untuk bergabung dan berkontribusi dalam bidang marketing di perusahaan Bapak/Ibu. Dalam pengalaman saya, saya telah memperoleh keterampilan dalam merencanakan strategi pasar dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan media sosial.”

4. Perhatikan Tense dan Grammar


tense grammar word

Ketika mengedit surat lamaran kerja, perhatikan tense dan grammar yang digunakan. Pastikan semua kalimat berada dalam tense yang sama dan tata bahasa yang benar agar surat lamaran kerja terlihat lebih profesional dan mudah dipahami. Perhatikan pula penggunaan simbol dan tanda baca dengan benar.

5. Gunakan Bahasa yang Sopan


bahasa sopan surat lamaran kerja

Terakhir, gunakan bahasa yang sopan dan santun saat mengedit surat lamaran kerja. Hindari menggunakan kata-kata slang atau kasar yang dapat mempengaruhi kesan awal kita pada pihak HRD perusahaan yang akan membaca surat tersebut. Perhatikan pula tata bahasa dan pemilihan kata yang baik sehingga surat terlihat profesional.

Dengan mengikuti tips dan trik edit surat lamaran kerja di Word, kita dapat memberikan kesan yang profesional dan menarik perhatian pihak HRD perusahaan. Tentu saja, selain mengedit surat lamaran kerja dengan benar, penting juga untuk menyertakan informasi yang lengkap dan akurat. Semoga artikel ini membantu dalam pencarian pekerjaan Anda. Selamat mencoba!

Keuntungan Menggunakan Word Edit untuk Menulis Surat Lamaran Kerja


Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Word Edit

Saat ini dunia kerja semakin kompetitif, membuat setiap lamaran kerja harus ditulis dengan sebaik mungkin untuk menarik hati calon perekrut. Salah satu cara untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional dan menarik adalah dengan menggunakan Word Edit. Berikut adalah keuntungan yang dapat Anda dapatkan jika menggunakan Word Edit untuk menulis surat lamaran kerja:

Format Surat Lamaran Kerja

1. Memudahkan dalam menyusun format dan tata letak surat lamaran kerja

Saat menulis surat lamaran kerja, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tata letak dan format surat. Dengan menggunakan Word Edit, Anda akan dengan mudah menyusun format dan tata letak surat lamaran kerja yang profesional. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan jenis huruf, ukuran huruf, spasi, jarak baris, serta margin surat dengan mudah dan cepat.

Template Surat Lamaran Kerja

2. Menghemat waktu dengan menggunakan template surat lamaran kerja yang sudah tersedia

Dalam Word Edit, terdapat banyak template surat lamaran kerja yang sudah tersedia. Dengan menggunakan template tersebut, Anda dapat menghemat waktu dalam membuat surat lamaran kerja yang berkualitas. Anda hanya perlu merubah informasi yang sudah tertera pada template tersebut dengan informasi Anda sendiri.

Spell Check

3. Meminimalisir kesalahan penulisan dengan menggunakan spell check

Spell check dalam Word Edit akan membantu mengecek kesalahan penulisan pada surat lamaran kerja Anda. Dengan fitur ini, kesalahan penulisan seperti penulisan huruf yang salah, tata bahasa, dan penulisan kata yang salah dapat dikoreksi dengan cepat dan mudah.

Sinonim Online

4. Meningkatkan keindahan dan kualitas tulisan dengan menggunakan sinonim online

Word Edit memiliki fitur sinonim online yang dapat membantu meningkatkan keindahan dan kualitas tulisan surat lamaran kerja Anda. Dengan fitur ini, kata-kata yang terdapat pada surat lamaran kerja Anda dapat diganti dengan kata-kata yang lebih baku atau sinonim yang lebih tepat.

Ini akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat lebih profesional, menarik perhatian dan mudah dipahami oleh calon perekrut.

Jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk menulis surat lamaran kerja yang berkualitas dan profesional dengan menggunakan Word Edit. Dengan keuntungan-keuntungan di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima di perusahaan idaman Anda. Selamat mencoba!

Terima Kasih Sudah Berkunjung

Semoga artikel tentang contoh surat lamaran kerja word edit ini dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami lagi di lain waktu untuk membaca artikel seru dan bermanfaat lainnya. Sampai jumpa dan terima kasih!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar