Contoh Surat Lamaran Kerja Waitress Tulis Tangan yang Menarik dan Efektif

Halo teman-teman! Sudahkah kalian mencari kerja sebagai waitress dan bingung bagaimana membuat surat lamaran yang baik? Jangan khawatir, kali ini saya akan berbagi contoh surat lamaran kerja waitress yang bisa kalian tulis tangan sendiri. Meskipun saat ini surat lamaran biasanya dibuat menggunakan komputer dan printer, tapi tidak ada salahnya untuk menunjukkan kemampuan menulis tangan yang rapi dan indah. Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar!

Pentingnya Mencantumkan Informasi yang Tepat dalam Surat Lamaran Kerja Waitress Tulis Tangan


Waitress Tulis Tangan

Sebagai seorang waitress yang ingin melamar pekerjaan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat lamaran kerja tangan. Tak hanya tata bahasa yang baik dan benar, Anda juga harus menjelaskan dengan detail mengenai kemampuan, pengalaman, serta latar belakang pendidikan.

Pentingnya mencantumkan informasi yang tepat dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan, karena hal ini akan memperlihatkan bahwa Anda merupakan calon yang serius dan tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Adapun informasi yang tepat untuk dicantumkan dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan adalah:

1. Pengalaman Kerja

Menuliskan pengalaman kerja dalam surat lamaran kerja waitress sangat penting. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja sebagai waitress di tempat lain, maka cukup mencantumkan nama perusahaan, posisi, dan rentang waktu bekerja. Jangan lupa untuk jelaskan pula apa saja tanggung jawab yang Anda pegang selama bekerja sebagai waitress. Tidak ketinggalan, ceritakan pengalaman terbaik yang pernah Anda alami ketika menjadi waitress sebelumnya.

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman kerja sebagai waitress, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menuliskan pengalaman kerja atau kegiatan lainnya yang relevan dengan pekerjaan. Contohnya adalah ketika pernah bekerja di restoran sebagai kasir, PT atau sukarela, menaruh minat dalam bidang kuliner, atau memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

2. Kemampuan dan Keahlian

Kemampuan dan keahlian adalah bagian penting dari pencantuman informasi dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Sebagai seorang waitress, ada beberapa keahlian yang wajib dimiliki, seperti kemampuan untuk mengatur dan menyajikan makanan serta minuman, melayani tamu dengan baik, dan menjaga etika dalam bersikap.

Anda juga sebaiknya mencantumkan keahlian tambahan yang bisa menjadi nilai tambah, seperti memiliki kemampuan bahasa asing, pengalaman menggunakan software POS atau aplikasi pencatatan pembelian, dan sejenisnya. Pastikan informasi tersebut bisa dijustifikasi pula ketika sedang diwawancarai calon pemberi kerja.

3. Latar Belakang Pendidikan

Bagi seorang waitress, latar belakang pendidikan tidak menjadi faktor penentu. Namun tetap disarankan untuk mencantumkan riwayat pendidikan seperti sekolah menengah atas atau sederajatnya. Ada baiknya pula jika Anda juga akan mempelajari pendidikan lanjutan seperti kursus penyajian makanan-minuman atau pelatihan keahlian service. Dalam pencantuman ini, disarankan untuk memperhatikan relevansi dengan bidang yang diminati.

4. Surat Pengantar atau Referensi Kerja Sebelumnya

Menyertakan surat pengantar atau referensi kerja sebelumnya adalah langkah yang cukup penting dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Surat ini akan membersmakan minat dan keinginan Anda untuk bergabung dalam bidang restoran dan kuliner, serta akan memberikan sedikit bantuan dalam membantu mempertegas pengalaman kerja di masa lalu.. Surat pengantar tersebut bisa ditulis oleh pihak berwenang yang relevan seperti kepala SKPD atau kepala perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

5. Informasi Kontak Yang Mudah Dihubungi

Mencantumkan informasi kontak yang mudah dihubungi seperti nomor handphone dan e-mail adalah sesuatu yang penting dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Pastikan informasi tersebut update dan mudah dihubungi selama 24 jam. Jangan lupa juga cantumkan nomor telepon rumah dan alamat email yang dapat dihubungi dengan mudah.

Jadi, itulah beberapa informasi penting yang sebaiknya kamu sisipkan dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Selain menerapkan tata bahasa yang baik dan benar, pastikan pula kalimat motivasi kamu tergambar jelas pada surat lamaran.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Waitress Tulis Tangan yang Menarik Perhatian


Waitress

Ketika Anda melamar pekerjaan sebagai waitress, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menulis surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah media pertama yang akan dilihat oleh perusahaan atau pengusaha yang Anda tuju. Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang menarik perhatian? Berikut adalah beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja waitress tulisan tangan yang menarik perhatian.

Baca Juga :   Manfaatkan Bonus Demografi untuk Bangsa

Pertama, Pahami Tujuan Anda dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Job application tips

Sebelum menulis surat lamaran kerja waitress tulis tangan, pastikan bahwa Anda telah memahami maksud dan tujuan Anda dalam melamar pekerjaan sebagai seorang waitress. Misalnya, apakah tujuan Anda hanya untuk bekerja sambilan atau ingin bekerja secara penuh waktu? Meskipun tidak semua perusahaan memerlukan hal ini dalam surat lamaran kerja, oleh karena itu mencantumkannya di surat lamaran kerja Anda akan menunjukkan keseriusan dan kesiapan Anda dalam mengemban tugas sebagai seorang waitress.

Kedua, Buatlah Surat Lamaran Kerja Dalam Format yang Tepat

Mail envelope

Setelah Anda memahami tujuan untuk mengirim surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan sebagai waitress, selanjutnya kita harus menulis surat lamaran kerja dalam format yang benar. Surat lamaran kerja harus terdiri dari: tanggal pengiriman surat lamaran kerja, nama dan alamat perusahaan, nama dan jabatan yang dituju, nama dan jabatan pelamar, subjek surat lamaran kerja, situasi perusahaan yang diinginkan, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan ucapan terima kasih. Tuliskan surat lamaran kerja waitress gaya formal yang jelas dan mudah dipahami oleh perusahaan.

Ketiga, Beri Penekanan Pada Kemampuan yang Dimiliki

Resume

Surat lamaran kerja waitress yang baik adalah surat lamaran kerja yang menguatkan kemampuan Anda. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai seorang waitress. Seperti melayani pelanggan, mengambil pesanan, menghafal menu, dan lain-lain. Tuliskan kemampuan atau keahlian yang dimiliki dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Pastikan kalimat yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Keempat, Sampaikan Kepada Penulis Tentang Pengalaman Kerja Sebelumnya

Job experience

Surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang paling menarik adalah surat lamaran kerja yang memiliki pengalaman kerja yang relevan. Jangan sungkan untuk menyebutkan pengalaman kerja di bidang restoran atau pengalaman kerja di bidang yang terkait dengan pekerjaan sebagai seorang waitress. Pengalaman kerja yang baik akan menambah nilai dan kepercayaan diri Anda saat melamar pekerjaan sebagai waitress. Sehingga dapat meningkatkan peluang Anda diterima bekerja sebagai seorang waitress.

Kelima, Memiliki Tampilan Surat yang Menarik

Example of a job application letter

Tampilan surat lamaran kerja waitress tulis tangan Anda harus menarik dan mudah dibaca. Sebuah surat lamaran kerja yang terlihat kotor dan tidak rapi, akan memberikan kesan tidak baik bagi perusahaan atau pengusaha yang Anda tuju. Hindari penggunaan kertas atau pensil yang warnanya biasa-biasa saja. Sebaiknya gunakan kertas putih bersih dan gunakan pensil yang jelas, seperti pensil 2B atau 3B untuk meningkatkan hasil tulisan surat lamaran kerja waitress yang rapi dan menarik.

Keenam, Pastikan Surat Lamaran Kerja Anda Jelas dan Mudah Dipahami

Writing tips

Terakhir, pastikan bahwa surat lamaran kerja waitress tulis tangan Anda mudah dipahami. Gunakan kata-kata yang sopan dan mudah dipahami oleh pembaca. Tuliskan wartawan dengan baik dan jangan menggunakan kata-kata yang bertele-tele dalam penulisan surat. Sebuah surat lamaran kerja yang mudah dipahami dan jelas akan memudahkan perusahaan atau pengusaha dalam mempertimbangkan pelamar. Sehingga meningkatkan peluang Anda dalam diterima bekerja sebagai seorang waitress di perusahaan atau pengusaha yang Anda tuju.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam menulis surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang menarik perhatian. Ingat, kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja waitress dapat memengaruhi kesempatan untuk diterima bekerja sebagai seorang waitress. Oleh karena itu, pastikan bahwa surat lamaran kerja waitress tulis tangan Anda benar-benar menarik dan sesuai keinginan perusahaan atau pengusaha yang Anda tuju.

Contoh Surat Lamaran Kerja Waitress Tulis Tangan yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja Waitress Tulis Tangan

Menjadi seorang waitress bukanlah pekerjaan yang mudah karena membutuhkan skill yang baik dalam melayani pelanggan dan berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu, sebelum melamar pekerjaan sebagai waitress, Anda perlu menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Seberapa profesional dan baik surat lamaran kerja Anda, dapat mempengaruhi keputusan perusahaan untuk menerima Anda sebagai karyawan atau tidak.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang baik dan benar:

1. Bagian Pembuka

Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja

Bagian pembuka surat lamaran kerja sebaiknya dimulai dengan kalimat yang sopan, misalnya dengan mengatakan “Kepada Yth. HRD PT. Contoh Perusahaan”. Kemudian, sampaikan juga informasi bahwa Anda ingin melamar posisi sebagai waitress.

2. Penjelasan Tentang Pengalaman Kerja

Contoh Saat Menjelaskan Pengalaman Kerja

Bagian kedua dari surat lamaran kerja sebaiknya menjelaskan pengalaman kerja Anda sebagai waitress atau pekerjaan sejenis. Apabila tidak ada pengalaman kerja sebagai waitress, Anda dapat mencantumkan pengalaman kerja di bidang lainnya yang memiliki relevansi dengan pekerjaan ini. Jangan lupa untuk menyebutkan hal-hal yang menonjol dari pengalaman kerja tersebut.

3. Motivasi menjadi Seorang Waitress

Contoh Kalimat Motivasi

Bagian ketiga dari surat lamaran kerja adalah menyampaikan motivasi Anda dalam melamar pekerjaan sebagai waitress. Anda sebaiknya mencantumkan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja sebagai waitress dan cita-cita Anda dalam bekerja di bidang ini. Dalam menjelaskan motivasi, hindari frasa yang terkesan omong kosong atau klise.

Baca Juga :   Gara-gara Ulah Arab Cs, Harga Minyak Terkerek Lagi

Contoh: “Saya tertarik untuk bekerja di bidang ini karena saya suka melayani pelanggan dan ingin membantu mereka dalam menemukan pengalaman yang menyenangkan. Saya juga berharap dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan baru yang bermanfaat untuk karir saya di masa depan.”

4. Penutup

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja

Bagian terakhir dari surat lamaran kerja sebaiknya ditutup dengan kalimat yang sopan, misalnya dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan mengucapkan salam penutup sesuai dengan tata cara yang berlaku. Jangan lupa untuk mencantumkan biodata dan nomor telepon yang dapat dihubungi dalam CV Anda sebagai lampiran surat lamaran kerja ini.

Melamar pekerjaan sebagai waitress bisa menjadi tantangan tersendiri, namun dengan menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda sudah berada di jalur yang tepat. Semoga contoh surat lamaran kerja waitress tulis tangan di atas dapat membantu Anda dalam melamar pekerjaan Anda di masa depan. Good luck!

Mengenal Profesi Waitress dan Persyaratan Lamarannya


waitress indonesia

Sebelum membahas tentang cara membuat surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang profesional, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu profesi waitress dan persyaratan lamarannya. Waitress adalah sebutan untuk seorang wanita yang bekerja di restoran atau cafe untuk melayani tamu dan menyiapkan pesanan makanan atau minuman. Tugas utama seorang waitress adalah memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada pelanggan sehingga mereka merasa puas dengan layanan dan produk yang diberikan.

Untuk menjadi waitress, terdapat persyaratan yang memang harus dipenuhi seperti :

  • Wanita, berusia antara 18 – 35 tahun.
  • Tinggi badan minimal 160 cm dan berat badan seimbang dengan tinggi badan.
  • Mempunyai keterampilan di bidang penyajian makanan dan minuman.
  • Mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi dengan tamu.
  • Bersedia bekerja dalam sistem shift dan hari libur.
  • Memiliki penampilan yang menarik.

Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Waitress


surat lamaran kerja waitress

Setelah mengetahui persyaratan menjadi waitress, berikut adalah beberapa langkah-langkah dalam membuat surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang profesional dan menunjukkan keinginan yang kuat:

1. Menulis Identitas Diri


identitas diri

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menuliskan identitas diri. Sebutkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, email, dan tempat dan tanggal lahir dengan jelas dan lengkap. Informasi ini sangat penting untuk memudahkan perusahaan dalam menghubungi Anda selama proses seleksi.

2. Menuliskan Pernyataan Lamaran Kerja


pernyataan lamaran

Setelah menuliskan identitas diri, selanjutnya tulis pernyataan lamaran kerja yang menunjukkan keinginan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut sebagai waitress. Jangan lupa untuk menyebutkan lowongan pekerjaan yang diinginkan, perusahaan yang dituju, dan sumber informasi mengenai lowongan tersebut. Pernyataan ini harus jelas dan singkat namun tetap menggambarkan motivasi dan keinginan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Menyampaikan Pengalaman dan Keterampilan


pengalaman

Selanjutnya, cantumkan pengalaman kerja atau pelatihan yang pernah Anda jalani yang relevan dengan posisi sebagai waitress. Jangan lupa untuk menyebutkan keterampilan atau keahlian khusus yang dimiliki yang dapat menunjang kinerja sebagai waitress. Beberapa keterampilan yang perlu dimiliki seorang waitress antara lain :

  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah.
  • Mampu bekerja dalam tim atau secara mandiri.
  • Memiliki kemampuan multitasking atau mengerjakan banyak tugas sekaligus.
  • Mempunyai pengetahuan tentang makanan dan minuman.

4. Menyampaikan Motivasi dan Keunggulan


motivasi

Ini adalah bagian terpenting dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang harus ditonjolkan. Sampaikan motivasi Anda untuk bekerja sebagai waitress di perusahaan tersebut dan keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan pelamar lain. Ceritakan pengalaman atau kisah yang membuat Anda semakin termotivasi untuk menjadi waitress profesional. Hal ini akan menunjukkan keinginan yang kuat dan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

5. Penutup


penutup surat

Terakhir, tuliskan penutup dalam surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Sebutkan bahwa Anda sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk interview dan menunjukkan lebih jauh mengenai kualifikasi dan keahlian yang dimiliki.

6. Tanda Tangan dan Tempel Cap Jempol


tanda tangan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja waitress tulis tangan, jangan lupa untuk menandatanganinya dan menempelkan cap jempol pada surat lamaran. Tanda tangan menunjukkan keseriusan dan kejujuran Anda dalam melamar posisi tersebut. Sedangkan cap jempol menunjukkan kesopanan dan kebesaran hati dalam memohon kesempatan bergabung.

Kesimpulan


waitress indonesia

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat surat lamaran kerja waitress tulis tangan. Ingatlah untuk menyertakan informasi yang jelas dan relevan serta menunjukkan keinginan yang kuat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Selain itu pastikan surat lamaran yang Anda buat memiliki tata bahasa yang baik dan mudah dipahami. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan sebagai waitress.

Sampai Jumpa Lagi di Artikel Selanjutnya

Itulah tadi contoh surat lamaran kerja waitress tulis tangan yang bisa Anda gunakan sebagai referensi melamar pekerjaan di restoran atau kafe. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran yang baik dan benar. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs ini untuk mendapatkan informasi seputar karir dan tips wawancara kerja. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar