Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan Latin yang Efektif di Indonesia

Saat ini, banyak sekali orang yang mencari pekerjaan untuk mengembangkan karirnya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar bisa diterima bekerja di suatu perusahaan adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja tulisan tangan latin merupakan salah satu jenis surat lamaran kerja yang masih sering digunakan. Surat lamaran kerja tulisan tangan latin ini memiliki ciri khas penulisan yang rapi dan menggunakan bahasa yang formal. Namun, tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas contoh surat lamaran kerja tulisan tangan latin dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami.

Keuntungan Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan Latin


Tulisan Tangan Latin

Berdasarkan perkembangan teknologi di era modern ini, media sosial dan aplikasi pesan seperti Facebook, WhatsApp, dan Line adalah media yang sangat populer digunakan oleh masyarakat untuk bercakap-cakap dengan teman dan keluarga. Tetapi, pada saat melamar pekerjaan, banyak perusahaan masih meminta surat lamaran kerja (SLK) dengan tulisan tangan latin. Padahal, teknologi modern sudah membuat penggunaan surat lamaran elektronik menjadi lebih mudah dan efisien.

Ada beberapa keuntungan menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan latin, yaitu:

Keuntungan Tulisan Tangan Latin

Menunjukkan Komitmen dan Ketabahan

Dalam membuka sebuah pekerjaan baru, menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin menunjukkan keberanian dan ketabahan dari calon karyawan. Proses menulis surat lamaran secara manual memberikan kesan bahwa pendaftar adalah seseorang yang sungguh-sungguh tertarik dengan pekerjaan yang sedang dibuka dan berusaha menonjolkan kemampuan diri dengan memanfaatkan keterampilan tulis menulis.

Dalam hal ini, menulis surat lamaran kerja dengan tangan sendiri juga akan menunjukkan komitmen seseorang terhadap pekerjaan yang diinginkan. Bahkan, proses menulis surat lamaran dengan menggunakan tangan latin dianggap lebih bermakna dibandingkan mengetik atau menggunakan aplikasi email. Surat lamaran kerja tulisan tangan latin menunjukkan bahwa pelamar serius dan mantap dalam mencari pekerjaan.

Karenanya, di Indonesia banyak perusahaan yang tetap meminta surat lamaran kerja dengan menuliskan tangan latin meskipun saat ini sudah ada kemudahan dalam mengetik surat lamaran kerja dengan menggunakan aplikasi.

Menonjolkan Keterampilan Menulis

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin juga dapat menunjukkan kemampuan menulis calon karyawan. Tidak bisa dipungkiri, keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam bekerja. Hal ini berarti bahwa kemampuan menulis yang baik dan memadai akan sangat bermanfaat dalam mempengaruhi proses seleksi dari perusahaan.

Terlebih jika posisi yang dilamar sangat membutuhkan kemampuan menulis, seperti petugas administrasi, penulis, atau karyawan bagian komunikasi. Pada saat itu, maka kemampuan menulis akan menjadi kriteria penting dalam menentukan calon yang terbaik untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Selain itu, menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin bisa menunjukkan betapa seriusnya pelamar untuk mengikuti proses seleksi kerja. Proses menulis surat lamaran dengan tangan latin membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup, jadi pelamar perlu menerapkan kemampuan menulisnya dengan matang.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri pelamar. Proses menulis sendiri dapat membantu memahami diri dan potensi diri menjadi lebih baik. Hal ini akan membantu pelamar mengartikulasikan keahlian dan pengalaman yang dimilikinya, memudahkan pelamar untuk menekankan pengalaman terbaik serta kemampuan yang selaras dengan persyaratan kerja yang diminta. Karena pelamar memiliki waktu untuk memikirkan kata-kata dan kalimat yang akan ditulis, maka surat lamaran kerja akan lebih menggambarkan kepribadian si pelamar.

Dalam rangka mencari pekerjaan, tingkat kepercayaan diri seseorang menjadi faktor penting dalam menghasilkan kesan yang baik pada pihak yang merekrut. Ketika seseorang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, maka peluangnya untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan meningkat.

Menunjukkan Keterampilan Etika Bisnis

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin juga menunjukkan bahwa pelamar memiliki keterampilan etika bisnis. Etika bisnis mencakup cara berpakaian, etika dalam bernegosiasi, hingga kepatuhan terhadap prinsip profesionalisme. Dalam hal ini, saat menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin, pelamar juga harus mengikuti format dan tata bahasa sesuai pada contoh surat lamaran kerja yang diberikan oleh perusahaan.

Menurut beberapa ahli, proses menulis surat lamaran dengan menulis tangan latin juga dapat menghilangkan kesan sepele dan kurangnya rasa hormat terhadap pekerjaan yang dilamar. Bahkan, surat lamaran kerja manual memungkinkan pelamar menambahkan beberapa sentuhan pribadinya, seperti menambahkan garis tangan atau ikon-ikon tertentu.

Dalam kesimpulannya, beberapa keuntungan di atas membuktikan bahwa menulis surat lamaran kerja dengan tangan latin masih sangat penting. Meskipun teknologi sudah maju dan memberikan kemudahan bagi para pencari kerja, menulis surat lamaran kerja dengan tangan menunjukkan bahwa pelamar sungguh-sungguh tertarik dengan pekerjaan dan serius dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

Baca Juga :   Komitmen Serap Tenaga Kerja Lokal Jembrana, PT Mitra Prodin Mulai Gelar Interview Terbuka

Langkah-Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan Latin yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan Latin

Nah, selanjutnya adalah masuk ke langkah-langkah membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan latin yang baik dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pilihlah Jenis Kertas yang Tepat

Pertama-tama yang penting adalah pemilihan jenis kertas yang tepat. Pilihlah kertas yang ukurannya standar (A4) yang biasanya digunakan untuk surat-surat resmi. Pilih kertas yang memiliki warna putih atau off-white agar tidak terkesan norak dan terlalu mencolok. Pastikan kertas yang digunakan tidak terlipat, kusut, atau terkena noda. Sebaiknya surat lamaran kerja ditulis dengan tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca agar dapat memberikan kesan profesionalisme bagi si penerima.

2. Tentukan Format Surat Lamaran Kerja

Format Surat Lamaran Kerja

Sebelum menulis surat lamaran kerja, perlu untuk mempelajari format yang tepat dan sesuai ketentuan. Format surat lamaran kerja biasanya terdiri dari:

– Kop surat untuk memulai pembuatan surat lamaran

– Alamat penerima surat pada badan surat sesuai dengan yang tertera pada iklan lowongan pekerjaan atau alamat perusahaan bagian HRD

– Pembukaan surat yang menjelaskan maksud dari surat tersebut

– Paragraf pertama yang membahas tentang diri anda antara lain riwayat pendidikan terakhir, pengalaman kerja jika ada atau latar belakang pendidikan

– Paragraf kedua menjelaskan apa yang membuat anda tertarik pada perusahaan tersebut dan apakah yang mendorong anda mengirimkan surat lamaran kerja

– Paragraf ketiga bisa menjelaskan kenapa anda cocok untuk posisi pekerjaan tertentu, kemampuan, keterampilan, kualifikasi, atau pencapaian yang pernah dicapai. Sarankan pada bagian ini untuk memahami deskripsi pekerjaan, persyaratan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut

– Paragraf penutup, berisi ucapan terima kasih dan berhasil sampai tujuan. Anda juga dapat menambahkan kalimat berisi permohonan interview atau pertemuan konsultasi bila perlu

– Tanda tangan dan nama jelas yang berada di bawah tulisan surat lamaran kerja

Dalam penulisan surat lamaran kerja tulisan tangan latin, sebaiknya tidak menggunakan format digital. Namun dengan syarat tulisan harus rapi, tidak berantakan dan mudah dibaca. Pastikan jarak antar baris dan margin yang digunakan seimbang dengan ukuran kertas yang digunakan.

3. Bahasa yang Digunakan

Sebaiknya dalam penulisan surat lamaran kerja, sampaikan suatu keterangan yang rapih, singkat, dan jelas. Maksudnya, sampaikan informasi secara jelas namun tidak terlalu berlebihan. Carilah informasi tentang perusahaan terkait agar mampu berkomunikasi dengan jelas dan mengenal budaya kerja di perusahaan tersebut. Dalam penulisan kalimat, sebaiknya gunakan bahasa yang formal sehingga terkesan professional. Pastikan tidak mencantumkan kalimat yang mengandung makna negatif seperti, menjelekkan mantan perusahaan ataupun tidak terkesan memaksa agar diterima di dalam perusahaan tersebut.

4. Penulisan Dengan Tulisan Tangan

Masalah tulisan tangan juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Cobalah untuk menulis dengan gaya tulisan yang bagus dan rapi, agar membuat calon penerima surat tersebut nyaman membaca dan juga memberikan kesan keluguan. Hindari menulis dengan tangan yang terlalu kecil atau terlalu besar karena akan mempersulit penerima dalam membaca surat lamaran tersebut. Pastikan tulisan terpisah dengan margin sehingga mempermudah pembaca dalam membaca surat lamaran tersebut. Sebisa mungkin juga hindari mengoreksi tulisan dengan Tipe-ex atau coret-coret.

5. Proofread Sebelum Mengirim

Setelah berhasil menuliskan surat lamaran kerja dengan baik dan benar, kami menyarankan anda untuk sekali lagi melakukan proofread terhadap surat lamaran anda. Dalam proses proofread ini, anda dapat menilai ulang apakah masih terdapat kesalahan yang perlu diperbaiki seperti penulisan tanda baca, penulisan kata, dan penulisan kalimat yang tidak selesai. Selain edit dan proofread surat lamaran kerja, cobalah untuk bertanya pendapat yang terpercaya atau orang-orang terdekat untuk mengecek surat kerja anda sebelum dikirimkan ke perusahaan yang dituju.

Jadi, itulah langkah-langkah membuat surat lamaran kerja tulisan tangan latin yang baik dan benar. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan cermat agar surat lamaran kerjamu dapat memberikan kesan profesional dan terlihat rapi. Dengan begitu, peluangmu untuk diterima di perusahaan impianmu semakin besar. Semangat dan tetap kreatif dalam mencari pekerjaan yang diinginkan!

Tips Agar Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan Latin Anda Disukai Pihak Perusahaan


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan Latin Indonesia

Di Indonesia, masih banyak perusahaan yang meminta pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran kerja dengan tulisan tangan Latin. Hal ini biasanya dilakukan untuk memeriksa kemampuan tulisan tangan dan juga menghindari kecurangan seperti copy-paste hasil penulisan dari internet. Oleh karena itu, sebagai calon pelamar kerja, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar surat lamaran kerja tulisan tangan Latin yang Anda kirimkan disukai oleh pihak perusahaan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Perhatikan Kesesuaian Format

Format Surat Lamaran Kerja Indonesia

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran kerja tulisan tangan Latin, pastikan untuk memperhatikan format yang sesuai dengan yang ditentukan oleh perusahaan. Hal ini sangat penting karena format yang berbeda bisa mencerminkan tingkat ketidakseriusan calon pelamar kerja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam format surat lamaran kerja adalah alamat perusahaan, nama penerima surat, tanggal pengiriman surat, dan juga judul posisi yang dilamar.

2. Pilih Tulisan Tangan yang Rapi dan Jelas

Tulisan Tangan Latin Indonesia

Kemampuan menulis dengan tangan yang rapi dan jelas sangatlah penting dalam menulis surat lamaran kerja tulisan tangan Latin. Hindari menulis dengan tangan yang terlalu kecil atau besar, dan pilihlah jenis tulisan yang mudah dibaca oleh pihak perusahaan. Usahakan untuk tidak menggunakan gaya tulisan yang terlalu unik atau sulit dibaca, karena hal ini justru akan membuat pihak perusahaan sulit memahami isi dari surat lamaran kerja yang Anda tulis.

Baca Juga :   Dihadapan Peserta Rakernas LP Ma'arif NU, Gubernur Khofifah Paparkan Empat Poin Tantangan Dunia Pendidikan- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

3. Gunakan Kertas yang Berkualitas dan Tinta yang Tidak Luntur

Kertas A4

Setelah menyiapkan diri dengan baik dalam hal format dan tulisan tangan, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah penggunaan kertas dan tinta yang berkualitas. Pilihlah kertas yang berkualitas baik dan berwarna putih agar tampilan surat lamaran kerja Anda terlihat profesional dan tidak kusam. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan tinta yang tidak mudah luntur dan tidak mengotori kertas agar isi surat lamaran kerja tetap terlihat jelas dan mudah dibaca oleh pihak perusahaan.

4. Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja sebelum Dikirim

Cek Tulisan Tangan Latin Indonesia

Sebelum mengirim surat lamaran kerja tulisan tangan Latin Anda, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan yang mungkin terjadi dalam penulisan. Pastikan tidak ada kesalahan dalam ejaan nama, alamat perusahaan, dan juga dalam isi surat lamaran kerja itu sendiri. Cek juga apakah surat lamaran kerja Anda telah dilengkapi dengan CV atau dokumen pendukung lainnya. Jangan sampai terjadi kesalahan yang dapat mencerminkan ketidakseriusan Anda dalam melamar pekerjaan.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja tulisan tangan Latin yang baik, rapi, dan profesional. Ingatlah bahwa surat lamaran kerja adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan sebaik mungkin dan semangat untuk mencapai tujuan karir Anda. Selamat mencoba!

Perbedaan Antara Surat Lamaran Kerja Diketik dan Tulisan Tangan Latin dan Mana yang Lebih Diutamakan


Tulisan Tangan Latin surat lamaran kerja contoh

Surat lamaran kerja yang diperlukan untuk melamar sebuah pekerjaan dapat ditulis dengan cara yang berbeda-beda. Namun, ada dua cara penulisan yang paling umum, yaitu dengan tangan atau diketik menggunakan komputer. Meskipun begitu, di Indonesia seringkali ditemukan perdebatan tentang perbedaan antara surat lamaran kerja tulisan tangan Latin dan surat lamaran kerja yang diketik dan mana yang lebih diutamakan.

Berikut ini kami akan membahas perbedaan antara surat lamaran kerja diketik dan tulisan tangan serta mana yang lebih diutamakan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut penjelasannya.

Tulisan Tangan Latin

Tulisan Tangan Latin surat lamaran kerja contoh

Surat lamaran kerja dengan tulisan tangan Latin sering diartikan sebagai surat lamaran kerja yang ditulis dengan menggunakan huruf Latin secara manual menggunakan tinta pena atau spidol warna hitam atau biru. Secara umum, surat lamaran kerja jenis ini sering dilihat sebagai sebuah tanda keseriusan seseorang dalam melamar sebuah pekerjaan.

Kelebihan dalam menulis surat lamaran kerja dengan tangan adalah dapat membantu menunjukkan personalitas Anda sebagai pemohon kerja. Ini karena kerap kali, sebuah surat lamaran kerja tulisan tangan Latin memiliki kekhasan dan keunikan yang tidak bisa dibuat dengan program komputer. Surat lamaran kerja jenis ini juga menunjukkan bahwa seorang pemohon kerja siap untuk menunjukkan dedikasinya pada cara yang lebih konservatif dan tradisional.

Namun, kekurangan penulisan surat lamaran kerja dengan tulisan tangan Latin adalah dapat membuat pemohon kerja kesulitan dalam menulis surat yang jelas dan rapi jika tulisannya buruk saat ditulis. Hal ini dapat menyebabkan pemohon kerja tidak berhasil meyakinkan pihak HRD dalam perusahaannya.

Lamaran Diketik

Surat Lamaran Kerja Diketik Contoh

Surat lamaran kerja yang diketik adalah surat yang dibuat dengan program pengolahan kata seperti Microsoft Word, Notepad dan lain-lain. Surat jenis ini terlihat lebih formal dan profesional daripada surat yang ditulis dengan tangan.

Kelebihan penulisan surat lamaran kerja dengan cara yang dihimpun adalah dapat mempermudah proses membuat surat sehingga meminimalisir kesalahan dalam penulisan. Selain itu, surat lamaran kerja jenis ini juga memungkinkan pemohon kerja untuk mengatasi masalah tulisan buruk atau ketidaknyamanan dalam menulis dengan tangan.

Namun, kelemahan dari penulisan surat lamaran kerja diketik adalah bahwa terkesan terlalu formal atau “hasil kopianshil”. Bagian otomatis ini memiliki ketidakmampuan untuk memperlihatkan personalitas pemohon kerja ketika dibandingkan dengan surat lamaran kerja tulisan tangan Latin.

Mana yang Lebih Diutamakan?

Surat Lamaran Kerja

Berdasarkan pandangan masyarakat di Indonesia, biasanya lebih banyak perusahaan yang mengharapkan surat lamaran kerja diterima dalam bentuk tulisan tangan. Kendati begitu, sebagian besar perusahaan sudah menerapkan sistem online dan membuka lowongan pekerjaan melalui Email, sehingga pemohon kerja dapat melampirkan soft copy dari surat lamaran kerja yang dikirimkan.

Dalam menentukan apa yang lebih diutamakan, ada baiknya pemohon kerja melihat kembali persyaratan dan latar belakang perusahaan yang ingin dilamar. Jika perusahaan tersebut lebih cenderung pada sisi tradisional, maka menyusun surat lamaran kerja tulisan tangan Latin dianggap lebih baik. Tetapi jika tujuan perusahaan tersebut untuk mencari aplikasi yang lebih praktis, maka mengirimkan surat lamaran kerja diketik lebih disukai.

Dalam kesimpulannya, baik surat lamaran kerja tulisan tangan Latin maupun diketik memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, dalam membuat surat lamaran kerja, pemohon kerja harus mempertimbangkan terlebih dahulu jenis surat lamaran kerja mana yang sesuai dengan persyaratan dan latar belakang perusahaan.

Terima Kasih Telah Membaca

Demikianlah informasi mengenai contoh surat lamaran kerja tulisan tangan latin. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar. Jangan lupa untuk terus kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar