Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dengan Format Latin di Indonesia

Mengetik surat lamaran kerja mungkin akan terasa lebih praktis, namun tidak ada salahnya juga mencoba menuliskannya secara manual. Bisakah kamu membayangkan betapa istimewanya kesan yang terkesan pada HRD saat menerima surat lamaran kerja yang ditulis dengan tanganmu sendiri? Tidak perlu khawatir, meski latinya tidak selancar pidatopesohor televisi, para pembaca pasti masih dapat memahaminya dengan baik. Simak artikel ini untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja tulis tangan latin yang simple namun tetap terkesan profesional.

Pentingnya Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan


contoh surat lamaran kerja tulis tangan latin

Berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tidaklah mudah, ada banyak tahapan dalam rangka mendapatkan kesempatan untuk melamar pekerjaan. Tidak hanya berbekal pengalaman dan kemampuan, kepercayaan diri seorang pelamar juga sangat penting. Salah satu tahap awal yang harus dilalui untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan adalah membuat surat lamaran kerja, baik itu surat lamaran kerja dengan tulisan tangan atau pun dengan menggunakan media digital seperti email.

Membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan menjadi pilihan bagi sebagian orang karena terkesan lebih personal dan menunjukkan jumlah perhatian yang diberikan oleh pelamar pekerjaan terhadap perusahaan tersebut. Tidak jarang juga, perusahaan mempersyaratkan surat lamaran kerja dengan tulisan tangan sebagai syarat pelamaran.

Pentingnya menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan terletak pada cara komunikasi yang lebih personal dan atraktif. Bertentangan dengan surat lamaran kerja yang dibuat dengan menggunakan media digital dimana segala aspek informasi dapat diatur ulang dengan mudah di dalam komputer dengan sekali klik. Sementara itu, tulisan tangan menjadi lebih unik dan tidak dapat direkayasa secara digital karena keterbatasan teknologi. Hal ini memberikan kesan kepercayaan yang lebih kepada rekruter bahwa pelamar memang sengaja menghabiskan waktu untuk menulis surat lamaran kerja dalam bentuk tulisan tangan. Karena itu, surat lamaran kerja dengan tulisan tangan senantiasa bisa menjadi faktor yang menarik perhatian rekruter saat mencari calon karyawan yang cocok untuk perusahaan mereka.

Selain itu, dengan menulis surat lamaran kerja dengan tangan, pelamar juga bisa mengubah gaya tulisannya sesuai dengan target atau gaya perusahaan yang akan ditempatinya. Hal ini sangat penting, karena bisa saja perusahaan yang mendukung persaingan antar karyawannya akan sangat mempertimbangkan aspek ini dalam mengevaluasi kecocokan pelamar terhadap perusahaan itu.

Making a good first impression is critical during the job hunting process. A handwritten cover letter can say a lot about a person and it can give employers some insight into their personality. Nowadays, more and more job seekers are turning to email as a way of helping them to land their next role. However, when it comes to making a good impression, there’s nothing quite like a handwritten letter. A handwritten cover letter adds a personal touch that cannot be replicated by electronic communication.

There are several reasons why a handwritten cover letter is important. First and foremost, it shows that a person is willing to put in extra effort. In today’s fast-paced world, it’s easy to fire off a quick email and hope for the best. However, a handwritten letter requires time, attention, and care. By taking the time to write a letter by hand, people are showing that they are serious about the job they are applying for.

Another reason why a handwritten cover letter is so important is that it can help to set a person apart from the rest of the pack. In a job market that’s becoming increasingly crowded, it’s important to do everything possible to stand out. A well-crafted handwritten cover letter can show an employer that a person is willing to go the extra mile and take a creative approach to the job hunting process.

Finally, a handwritten cover letter can be seen as a reflection of a person’s personality. Email can be cold and impersonal, but a handwritten letter is filled with character and warmth. By putting pen to paper, people are able to express themselves in a way that is more personal and engaging than any digital communication ever could be.

Overall, there are clearly a number of advantages to writing a cover letter by hand. Whether a person is looking to set themselves apart from other candidates or simply hoping to put forth a good first impression, a handwritten letter can be an important part of the job hunting process. So if you’re ready to start looking for your next job, take the time to put together a thoughtful and well-crafted handwritten cover letter. It might just be the thing that helps you to land your dream job.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja PT Nikomas Gemilang

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan yang Mudah Dipahami


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan yang Mudah Dipahami

Setelah memahami pentingnya kejujuran dalam menyampaikan informasi dan memperhatikan gaya penulisan, berikut adalah beberapa tips menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan yang mudah dipahami:

1. Tentukan Format Surat Lamaran Kerja

Seperti pada surat resmi pada umumnya, surat lamaran kerja juga harus memiliki format yang jelas dan terstruktur. Surat lamaran kerja biasanya terdiri dari bagian pembuka, isi atau konten, dan penutup yang diakhiri dengan tanda terima kasih. Pada bagian konten, pastikan informasi penting terkait pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi yang dimiliki dapat tersampaikan secara jelas dan mudah dipahami oleh pihak HRD.

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami dan Menarik

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja harus mudah dipahami, jangan terlalu berbelit-belit atau menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai. Hindari juga menggunakan bahasa asing jika memang tidak diperlukan. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Di sisi lain, Anda juga diharapkan untuk menarik perhatian pihak HRD agar membaca surat lamaran kerja hingga selesai. Anda bisa menggunakan kata-kata yang menarik dan menyampaikan secara tegas alasan mengapa Anda berminat untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

3. Tulis dengan Rapi dan Jelas

Bukan hanya bahasa yang baik dan benar saja yang harus diperhatikan, cara menulis surat lamaran kerja juga perlu diperhatikan. Pastikan tulisan Anda rapi dan jelas agar mudah dibaca dan dipahami oleh pihak HRD. Hindari menulis berantakan atau bahkan menggunakan alat tulis yang tidak lazim. Penggunaan jenis kertas yang baik, seperti HVS, juga menjadi pertimbangan untuk memberikan kesan yang baik pada surat lamaran kerja Anda.

4. Pilih Warna Tinta yang Sesuai

Selain cara menulis dan jenis kertas, pemilihan warna tinta juga perlu diperhatikan. Pilihlah warna tinta yang mudah terbaca dan tentunya tinta yang cukup pekat sehingga tulisan terlihat jelas dan tidak mudah pudar. Warna tinta yang umumnya dipilih adalah hitam dan biru.

5. Tempelkan Pas Foto yang Sesuai

Menempelkan pas foto pada surat lamaran kerja menjadi hal yang penting dan wajib dilakukan. Pastikan pas foto yang digunakan sesuai dengan standar kualitas, kontur wajah terlihat jelas, dan menggunakan warna yang natural. Selain untuk menunjang penampilan, pas foto juga membantu pihak HRD untuk mengidentifikasi pelamar ketika terdapat banyak surat lamaran kerja yang diterima.

6. Periksa Kembali Keseluruhan Surat Lamaran Kerja

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja yang telah ditulis, pastikan untuk memeriksa kembali kebenaran informasi, ejaan, serta tanda tangan yang diberikan. Pastikan tidak terdapat kesalahan dan kurangnya informasi yang penting dalam surat lamaran tersebut.

Semuanya, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Perhatikan kembali seluruh informasi dan pastikan informasi yang tersampaikan dalam surat lamaran sesuai dengan keadaan diri Anda sendiri. Semoga tulisan Tips Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan yang Mudah Dipahami ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dan mencari karir yang berkualitas.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Latin


Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Latin

Bagi sebagian orang, menulis surat lamaran kerja lebih mudah dilakukan dengan tangan daripada menggunakan komputer. Meskipun begitu, menulis surat lamaran kerja tulis tangan latin juga memerlukan ketelitian dan kecakapan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu menulis surat lamaran kerja tulis tangan latin yang baik dan benar.

1. Gunakan Kertas Berkualitas

Gunakan kertas yang berkualitas, biasanya kertas yang terkesan lebih tebal dan terasa lebih halus saat ditulis. Kertas yang lebih berkualitas memberikan nilai lebih pada surat lamaran kerja kamu.

2. Pilih Pensil atau Pulpen yang Tepat

Gunakan pensil atau pulpen yang tepat. Pastikan pula pensil atau pulpen kamu dalam keadaan baik dan tidak dalam kondisi pecah atau hilang tinta. Pensil atau pulpen yang digunakan dapat mempengaruhi hasil tulisan kamu, sehingga penting untuk memilih yang tepat.

3. Tulis dengan Pola Tulisan yang Jelas dan Rapi

Pola tulisan yang jelas dan rapi adalah salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan ketika menulis surat lamaran kerja tulis tangan latin. Pastikan semua huruf dan angka ditulis dengan jelas dan rapi. Hindari juga menggunakan tanda tangannya yang besar atau tangan yang gemetaran agar tulisan kamu terlihat bagus dan mudah dibaca.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan di Indonesia

4. Gunakan Bahasa yang Singkat dan Jelas

Gunakan bahasa yang singkat dan jelas ketika menulis surat lamaran kerja. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang dan rumit. Perhatikan juga tata bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

5. Jangan Lupakan Tanda Tangan

Tanda tangan adalah tanda sah yang menjadi bukti bahwa kamu benar-benar mengirim surat lamaran kerja. Pastikan tanda tangan kamu jelas dan mudah terlihat pada surat lamaran kerja tulis tangan latin.

6. Periksa Kembali Sebelum Mengirim

Sebelum mengirim surat lamaran kerja tulis tangan latin, pastikan kamu mengoreksi dan memperbaiki kesalahan yang ada pada surat lamaran kerja. Ini akan membantu kamu untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

Dengan tips di atas, kamu dapat menulis surat lamaran kerja tulis tangan latin yang baik dan benar. Pastikan kamu memberikan kesan yang baik pada perusahaan yang kamu lamar, agar dapat meningkatkan peluang kamu untuk diterima kerja.

Kesalahan Umum dalam Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan dan Cara Menghindarinya


kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tata cara dan format penulisan surat lamaran kerja. Sayangnya, banyak orang yang masih membuat kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja, terutama dalam penulisan dengan tulisan tangan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan dan cara menghindarinya.

1. Tulisan Tangan yang Sulit Dibaca

Salah satu kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan adalah tulisan yang sulit dibaca. Tulisan yang buruk dan sulit dibaca akan membuat penerima surat kesulitan untuk membaca dan memahami isi surat. Karena itu, pastikan agar tulisan Anda mudah dibaca oleh siapa saja dengan meningkatkan kualitas tulisan tangan Anda.

2. Tidak Memperhatikan Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Saat menulis surat lamaran kerja, format penulisan surat sangat penting untuk diperhatikan. Namun, banyak orang yang membuat kesalahan dalam mengikuti format penulisan surat lamaran kerja yang benar. Sehingga, hal ini dapat mempengaruhi kesan Anda pada HRD perusahaan yang menjadi penerima surat lamaran kerja. Pastikan Anda memperhatikan format penulisan surat lamaran kerja yang benar dengan menjaga struktur kalimat dan paragraf.

3. Tidak Memperhatikan Ejaan dan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

Sebuah surat lamaran kerja harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta ejaan yang benar. Kualitas bahasa yang baik dan benar akan mempengaruhi tingkat keseriusan dan kesopanan Anda dalam melamar pekerjaan. Jangan lupa untuk memperhatikan ejaan dan tata bahasa untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.

4. Tidak Mempertimbangkan Pilihan Kata yang Tepat

Salah satu kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan adalah tidak mempertimbangkan pilihan kata yang tepat. Pilihan kata yang tidak tepat dapat membuat Anda terlihat kurang serius dan kurang pekerja keras. Pilihlah kata-kata yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda untuk meningkatkan kesan yang baik pada surat lamaran kerja Anda.

Cara Menghindari Kesalahan Umum dalam Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan

Ada beberapa cara untuk menghindari kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan:

1. Pelajari cara menulis surat lamaran kerja yang benar dan format penulisannya.

2. Latihan menulis agar tulisan tangan Anda menjadi lebih baik dan mudah dibaca.

3. Perhatikan tata bahasa dan ejaan dalam penulisan surat lamaran kerja untuk meningkatkan kualitas bahasa yang digunakan.

4. Pilihlah kata-kata yang cocok dengan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda dalam menulis surat lamaran kerja.

Menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan memang membutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam penulisan. Namun, itu tidak berarti sulit dilakukan. Dengan memperhatikan kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan serta menghindarinya, Anda dapat meningkatkan kualitas tulisan tangan dan memastikan surat lamaran kerja yang Anda buat tidak ditolak oleh HRD perusahaan.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang contoh surat lamaran kerja tulis tangan latin ini. Semoga bisa membantu mempermudah kamu dalam mencari pekerjaan dan membuat surat lamaran yang baik dan benar. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke website ini agar bisa mendapatkan informasi terbaru seputar dunia kerja dan tips-tips lainnya ya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar