Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD di Indonesia yang Menarik dan Efektif

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan di TNI AD, tentu kamu membutuhkan contoh surat lamaran kerja yang tepat. Surat lamaran kerja ini merupakan dokumen yang sangat penting untuk memperkenalkan diri kamu kepada pihak TNI AD. Namun, jangan khawatir, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak contoh surat lamaran kerja TNI AD yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja TNI AD yang bisa kamu jadikan panduan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Pengenalan TNI AD


Pengenalan TNI AD

Jika Anda ingin bergabung dengan TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat), maka sebaiknya Anda mengetahui pengenalan tentang organisasi ini. TNI AD merupakan salah satu dari tiga angkatan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), selain TNI AL (Angkatan Laut) dan TNI AU (Angkatan Udara). TNI AD bertujuan untuk menjaga kedaulatan dan keselamatan Indonesia dari ancaman dalam dan luar negeri.

TNI AD didirikan pada tanggal 5 Oktober 1945 dan sejak itu menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di Asia Tenggara. TNI AD berkantor pusat di Cilangkap, Jakarta Timur dan dipimpin oleh seorang Panglima TNI AD dengan pangkat Jenderal TNI. Panglima TNI AD saat ini adalah Jenderal TNI Andika Perkasa. TNI AD terdiri dari beberapa kesatuan, yaitu Kodam (Komando Daerah Militer), Brigif (Brigade Infanteri), Yonif (Batalyon Infanteri), dan beberapa satuan pendukung lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, TNI AD juga semakin modernisasi dalam peningkatan teknologi dan sumber daya manusia. Salah satu contoh modernisasi TNI AD yaitu dengan menggunakan alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang modern seperti tank, helikopter, dan senjata modern lainnya. Selain itu, TNI AD juga menerapkan program rekrutmen terbaru setiap tahunnya agar dapat merekrut calon prajurit terbaik yang mampu membawa TNI AD menjadi lebih baik dan berkualitas.

TNI AD memiliki beberapa tugas dan kegiatan utama yang selalu dilakukan, antara lain adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menjaga wilayah dan kedaulatan negara, serta membantu pemerintah dalam penanganan masalah bencana alam dan konflik sosial. Dalam menjalankan tugas tersebut, TNI AD mengutamakan prinsip profesionalisme, integritas, kesediaan berkorban, serta kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan TNI AD, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain usia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun, lulusan SMA/SMK atau D3/D4 (tergantung dari jenjang pendidikan yang diminati), dan memiliki fisik yang sehat dan mampu menjalankan tes seleksi yang berat. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan berenang, serta memiliki mental dan jiwa yang kuat untuk menjadi seorang prajurit TNI AD yang handal.

Dalam menyampaikan niat Anda untuk bergabung dengan TNI AD, sebaiknya sampaikan dengan cara yang baik dan sopan melalui surat lamaran kerja (contoh surat lamaran kerja TNI AD). Pastikan bahwa surat lamaran kerja yang Anda buat memiliki informasi yang akurat dan lengkap, serta disampaikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Dalam surat lamaran kerja tersebut, sampaikan juga alasan mengapa Anda ingin bergabung dengan TNI AD serta hal-hal yang membuat Anda layak untuk bergabung dengan organisasi tersebut.

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja TNI AD, pastikan bahwa surat tersebut dikirimkan ke alamat yang benar dan melalui prosedur yang berlaku. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mengikuti seluruh tahapan seleksi dan tes yang diberikan oleh TNI AD dengan benar dan sungguh-sungguh agar memiliki kesempatan yang baik untuk diterima sebagai bagian dari TNI AD.

Itulah pengenalan mengenai TNI AD dan beberapa informasi yang perlu Anda ketahui jika ingin bergabung dengan organisasi ini. Pastikan bahwa Anda memenuhi seluruh persyaratan yang diperlukan dan memiliki kemampuan yang membuat Anda layak untuk menjadi seorang prajurit TNI AD yang handal. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jauh tentang TNI AD dan mempersiapkan diri untuk bergabung menjadi bagian dari organisasi ini yang hebat.

Persyaratan untuk Melamar di TNI AD


Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD Indonesia Persyaratan

Bagi seseorang yang ingin bergabung dengan TNI AD, pastinya harus memenuhi beberapa persyaratan. Kebanyakan persyaratan ini juga diatur oleh pihak TNI AD sebagai kriteria seleksi untuk menentukan siapa saja yang bisa lolos dan menjadi anggota TNI AD. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota TNI AD:

Baca Juga :   Little Women, Terjemahan Kelam Novel Klasik Versi Korea

1. Warga Negara Indonesia

Sebagai lembaga negara, TNI AD jelas memprioritaskan warga negara Indonesia sebagai motor penggeraknya. Oleh karena itu salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota TNI AD adalah memiliki kewarganegaraan Indonesia dan tentunya harus bisa membuktikannya dengan dokumen resmi seperti KTP, KK, dan paspor.

2. Usia Minimal 18 Tahun dan Maksimal 30 Tahun


contoh surat lamaran kerja tni ad indonesia

Usia minimal dan maksimal untuk bergabung dengan TNI AD sangatlah penting. Hal ini karena TNI AD membutuhkan calon anggota yang masih dalam rentang usia yang produktif. Usia minimal untuk bergabung dengan TNI AD adalah 18 tahun, karena pada usia ini sebenarnya seorang individu sudah terbilang dewasa dan siap memasuki dunia kerja. Sementara itu usia maksimal untuk masuk ke TNI AD adalah 30 tahun. Ini juga menjadi faktor penting bagi pihak TNI AD dalam menentukan siapa saja yang bisa lolos dalam seleksi.

Selain itu, bagi calon anggota TNI AD, usia juga menjadi faktor penting dalam menentukan karir. Sebab usia minimal yang dibutuhkan untuk pangkat tertentu sangatlah mempengaruhi jenjang karir seseorang di TNI AD sehingga kelebihan usia bagi seorang calon anggota tentunya tidak akan memberikan efek positif untuk karirnya di masa depan.

3. Tidak Bertato atau Bertindik


Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD Indonesia Persyaratan

TNI AD sangat menjunjung tinggi disiplin dan etika baik dalam wujud dan perbuatan. Oleh karenanya, calon anggota TNI AD tidak diperbolehkan untuk bertato ataupun bertindik kecuali persyaratan khusus. Aturan ini terdapat dalam Peraturan Presiden No. 71 Tahun 2012 tentang Jenis, Bentuk, Syarat Membubuhkan Tanda, dan Tata Cara Pelaksanaan Tanda Kehormatan Negara di Lingkungan TNI.

4. Lulusan SMA atau Sederajat


TNI AD

Calon anggota TNI AD yang ingin bergabung harus lulusan minimal SMA atau setara. Selain itu juga ada beberapa sekolah tinggi yang dibuka untuk calon anggota TNI AD, seperti Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol), Sekolah Calon Tamtama, dan Sekolah Calon Bintara.

5. Tidak Bertato atau Bertindik


Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD Indonesia Persyaratan

Pada saat seleksi penerimaan TNI AD, calon anggota harus bisa menyelesaikan tes kesehatan. Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah seorang calon anggota TNI AD memiliki kekurangan fisik atau tidak seperti mengalami cacat fisik, gigi tonggos, dan buta warna yang dapat mengganggu kinerja di lapangan.

6. Tidak Memiliki Catatan Kriminal


TNI AD

Selain kesehatan jasmani, TNI AD juga memperhatikan kesehatan mental dari calon anggota. Mereka harus terbebas dari catatan kriminal, baik dari tingkat kecil maupun tingkat besar. Catatan tersebut dianggap akan memengaruhi kinerja seorang anggota TNI AD, sehingga calon anggota wajib mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengajukan surat lamaran kerja TNI AD.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota TNI AD. Semua persyaratan tersebut sangatlah penting karena setiap persyaratan memiliki tujuan dan syarat khusus yang harus dipenuhi oleh calon anggota TNI AD. Namun, tidak hanya sekedar persyaratan saja yang harus dipersiapkan, seseorang juga harus mempersiapkan diri baik jasmani maupun psikologi sebelum mengajukan surat lamaran kerja TNI AD.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja TNI AD yang Baik dan Benar


TNI AD

Surat lamaran kerja merupakan langkah awal bagi para pencari kerja untuk menunjukkan ketertarikan mereka pada suatu posisi tertentu di organisasi tertentu. Ketika datang ke TNI AD, setiap surat lamaran kerja harus ditulis dengan sangat hati-hati dan memberikan kesan yang baik pada rekruter. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda dalam menulis surat lamaran kerja TNI AD yang baik dan benar:

Mengenai Pemilihan Sapaan


TNI AD sapaan

Sebelum memulai, ketahui dulu alamat yang tepat sebagai tujuan surat lamaran kerja anda, yaitu untuk siapa surat tersebut ditujukan. Di TNI AD, dalam setiap surat resmi dan surat lamaran kerja, sapaan yang tepat adalah “Bapak Komandan”.
Pemilihan sapaan yang tepat akan menunjukkan bahwa anda memang benar-benar serius dalam mengajukan lamaran kerja di TNI AD. Selain itu, dipilihnya sapaan “Bapak Komandan” seolah menunjukkan bahwa anda sangat menghargai keberadaan dan otoritas sang komandan.

Mengenai Pembukaan


TNI AD pembukaan

Setelah pemilihan sapaan yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat pembukaan pada surat anda. Pembukaan pada surat lamaran kerja di TNI AD harus dimulai dengan salam pembuka yang sopan, yakni “Salam Hormat”.
Pada bagian ini, tuliskan juga alasan anda mengapa ingin bergabung dan bergabung di TNI AD. Jika selama ini anda terpanggil memiliki sifat, kepribadian yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan dan ingin memberikan kontribusi terbaik untuk negara, maka sebutkanlah dengan jelas pada paragraf awal lamaran kerja anda.
Selain itu, cara penulisan kalimat pada pembukaan harus formal dan menggunakan bahasa yang sopan. Hindari penggunaan bahasa gaul atau kalimat yang terlalu informal.

Mengenai Pengalaman


TNI AD pengalaman

Setelah membuat pembukaan, bagian selanjutnya dalam surat lamaran kerja adalah menjelaskan pengalaman dan keterampilan yang anda miliki.
Penting untuk dicatat bahwa di TNI AD, pengalaman kerja yang relevan dengan tugas-tugas yang dilakukan di TNI sangatlah penting. Oleh karena itu, pastikan dalam menyusun surat lamaran kerja, anda menginformasikan mengenai pengalaman kerja anda yang terkait.
Jangan lupa untuk menyoroti keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan di TNI AD, seperti kemampuan dalam bekerja sama dalam tim, kemampuan kepemimpinan, kemampuan untuk mengambil keputusan dalam situasi yang sangat stres, dan kemampuan komunikasi yang baik.
Tingkat formalitas bahasa dan kalimat dapat disesuaikan pada bagian ini agar lebih mudah dipahami oleh pihak HRD TNI AD. Namun, tetap jangan gunakan bahasa yang terlalu informal.

Baca Juga :   Sekdaprov Optimistis Tingkatkan investasi dan Lapangan Kerja di Jatim

Mengenai Kesimpulan


TNI AD kesimpulan

Terakhir, bagian yang tak kalah penting dalam surat lamaran kerja adalah bagian kesimpulan. Di sini, tuliskan lagi alasan kenapa anda ingin bekerja di TNI AD dan lagi-lagi sebutkan bahwa anda telah menyediakan melampirkan dokumen-dokumen pendukung lamaran kerja anda.
Pastikan bahwa di bagian ini juga anda mengucapkan salam sebelum menandatangani nama di akhir dari surat lamaran kerja anda. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu lugas meskipun bagian pada kesimpulan biasanya lebih singkat daripada pembukaan atau pengalaman.
Jangan lupa juga untuk melampirkan dokumen-dokumen yang mereka minta seperti salinan kartu identitas, ijasah terakhir yang anda miliki, dan SKCK.

Dalam menulis surat lamaran kerja TNI AD yang baik dan benar, penting untuk mengingat bahwa sifat formal dan sopan sangat penting dalam penulisan. Selain itu, anda harus menyertakan dokumen-dokumen pendukung seperti fotokopi ijasah terakhir, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Angkatan Bersenjata atau Poliklinik TNI AD, Surat Keterangan Kerja dari instansi tempat anda bekerja terakhir, dan fotokopi sertifikat-sertifikat lain yang anda miliki. Semoga tips di atas dapat membantu anda dalam menulis surat lamaran kerja TNI AD yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD yang Efektif dan Berhasil


Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD yang Efektif dan Berhasil

Menjadi seorang prajurit TNI adalah cita-cita banyak orang di Indonesia. Sebagai tentara yang mempunyai tugas untuk menjaga kedaulatan negara dan keutuhan bangsa, menjadi bagian dari TNI AD dipandang sebagai pekerjaan yang terhormat dan mulia. Untuk itu, persaingan untuk bergabung di TNI AD sangatlah ketat, sehingga Anda harus dapat menulis surat lamaran kerja yang baik dan efektif.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja TNI AD yang efektif dan berhasil:

1. Susunan Surat Lamaran Kerja TNI AD

Susunan Surat Lamaran Kerja TNI AD

Sebelum mendetailkan isi surat lamaran kerja, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah susunan surat lamaran kerja itu sendiri. Ada beberapa bagian penting dalam susunan surat lamaran kerja, di antaranya:

  • Heading atau kepala surat yang berisi nama lengkap, posisi yang dilamar, dan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi.
  • Isi surat lamaran kerja yang terdiri dari pembuka, tubuh surat, dan penutup.
  • Tanggal penulisan surat dan tempat penulisan surat.
  • Tanda tangan dan nama lengkap pengirim surat.

2. Pembuka Surat Lamaran Kerja TNI AD

Pembuka Surat Lamaran Kerja TNI AD

Pembuka surat lamaran kerja TNI AD pada dasarnya sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya. Pada bagian ini, Anda perlu memberikan informasi dasar mengenai diri Anda seperti nama lengkap, umur, alamat tempat tinggal, dan latar belakang pendidikan. Selain itu, Anda juga dapat menyampaikan tujuan Anda dalam mengirimkan surat tersebut dan menuliskan alasan mengapa Anda ingin bergabung di TNI AD.

3. Tubuh Surat Lamaran Kerja TNI AD

Tubuh Surat Lamaran Kerja TNI AD

Bagian tubuh surat lamaran kerja TNI AD adalah bagian yang paling penting karena di sinilah Anda menjelaskan tentang pengalaman, keterampilan, dan kemampuan Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Menulis resume Anda dengan jelas dan faktual agar pihak TNI AD dapat memahami profil Anda secara utuh. Tuliskan pengalaman Anda dalam organisasi, kesempatan magang, prestasi, sertifikat, maupun penghargaan yang pernah Anda dapatkan yang relevan dengan posisi Anda melamar. Tuliskan dengan detail tugas atau tanggung jawab Anda yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Tuliskan juga trait kepribadian Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar sebagai nilai tambah Anda untuk dapat diterima di TNI AD.

4. Penutup Surat Lamaran Kerja TNI AD

Penutup Surat Lamaran Kerja TNI AD

Bagian penutup surat lamaran kerja TNI AD adalah bagian di mana Anda menuliskan kalimat penutup serta harapan Anda setelah mengirimkan surat tersebut. Tuliskan kalimat yang singkat dan jelas yang menunjukkan rasa terima kasih atas waktu dan perhatian TNI AD sebelum mengakhiri surat lamaran anda.

5. Surat Lamaran Kerja TNI AD yang Dikirimkan

Contoh Surat Lamaran Kerja TNI AD yang Efektif dan Berhasil jpg

Berikut contoh surat lamaran kerja TNI AD yang efektif dan berhasil (Gambar).

Mungkin itu saja penjelasan mengenai contoh surat lamaran kerja TNI AD yang efektif dan berhasil yang dapat menjadi acuan bagi Anda untuk membuat surat lamaran kerja TNI AD yang baik dan berhasil. Ingat selalu untuk menuliskan surat lamaran kerja dengan jujur dan faktual, serta memiliki penampilan surat yang rapi dan mudah dibaca. Semoga dapat sukses dan dapat mengabdi di TNI AD.

Terima kasih Sudah Membaca

Semoga artikel tentang contoh surat lamaran kerja TNI AD ini dapat membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan di militer. Jangan lupa untuk selalu memperbarui diri dan melatih kemampuanmu sehingga kelak bisa menjadi prajurit yang handal. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya tentang karir dan pendidikan di Indonesia. Terima kasih dan salam sejahtera!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar