Contoh Surat Lamaran Kerja Tambang Tulis Tangan untuk Karir Sukses di Bidang Pertambangan

Assalamualaikum pembaca sekalian! Bagi sebagian orang, mencari pekerjaan di industri tambang bisa menjadi pilihan yang menarik. Sebab, industri ini selalu memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Namun, sebelum mendapatkan pekerjaan tersebut, tentunya kamu harus mengajukan surat lamaran terlebih dahulu, dan tak jarang perusahaan tambang masih menerima surat lamaran kerja yang ditulis tangan. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas contoh surat lamaran kerja tambang tulis tangan yang menarik dan membuatmu berkesan di mata rekruter perusahaan. Yuk, simak artikel selengkapnya!

Pengertian Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Writing Job Application Letter in Indonesia

Dalam proses pencarian pekerjaan, khususnya di industri tambang, surat lamaran kerja (SLK) adalah salah satu dokumen yang harus disiapkan oleh calon pelamar. Surat lamaran kerja tulis tangan adalah sebuah surat yang ditulis tangan oleh calon pelamar untuk mempresentasikan diri mereka secara lengkap dan meyakinkan agar diterima bekerja di perusahaan tambang. SLK ini juga menjadi salah satu sarana untuk menunjukkan bahwa mereka mampu berkomunikasi secara tertulis dan memahami format dan etika penulisan surat resmi.

Pengiriman surat lamaran kerja tulis tangan masih sering dijumpai di berbagai perusahaan di Indonesia, lebih-lebih bagi perusahaan tambang yang membutuhkan kandidat dengan kualifikasi yang sesuai. Walaupun sekarang sudah banyak perusahaan yang menerima lamaran secara elektronik, namun ada beberapa perusahaan yang lebih suka menerima lamaran dalam bentuk fisik dan ditulis tangan.

Adapun tujuan dari surat lamaran kerja tulis tangan adalah untuk memberikan informasi tentang diri pelamar kepada pihak perekrut dan mengajukan permohonan untuk bergabung dengan perusahaan. SLK juga digunakan untuk mengungkapkan hasrat, minat, dan kemampuan pelamar serta menjual kemampuan yang dimiliki pada pihak perekrut. Selain itu, SLK juga berfungsi sebagai seleksi awal bagi perusahaan untuk menentukan kandidat terbaik yang akan diundang untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Sebagai dokumen penting dalam proses pencarian pekerjaan, SLK harus dibuat sebaik mungkin untuk meningkatkan peluang diterima bekerja. Oleh karena itu, pelamar harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat SLK, seperti memahami posisi pekerjaan yang dilamar, menyesuaikan isi surat dengan persyaratan yang disebutkan dalam iklan lowongan kerja, menuliskan pengalaman kerja yang relevan, menyajikan prestasi yang sudah dicapai, serta menghindari kesalahan penulisan seperti typo, salah eja, dan kalimat yang tidak jelas.

Selain itu, dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan, pelamar harus memperhatikan etika penulisan surat resmi, seperti menyebutkan nama penerima surat dengan benar dan tepat, menempatkan tanggal penulisan surat dan alamat perusahaan yang dituju, serta menandatangani surat dengan satu tangan dibawah salam penutup.

Kesimpulannya, surat lamaran kerja tulis tangan masih adalah salah satu cara yang umum digunakan dalam mencari kerja di industri tambang di Indonesia. Pelamar harus memperhatikan baik-baik dalam membuat surat ini, karena SLK yang baik dan tepat dapat meningkatkan peluang diterima bekerja di perusahaan yang dituju.

Keuntungan Menggunakan Surat Lamaran Tulis Tangan


Tulisan Tangan Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan atau handwritten cover letter menjadi salah satu terobosan yang cukup populer di Indonesia. Dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan, seorang pelamar akan menuliskan secara manual seluruh isi surat pada selembar kertas menggunakan pena atau pensil. Surat lamaran kerja tulis tangan memang lebih merepresentasikan karakter atau kepribadian pelamar ketimbang menggunakan aplikasi surat lamaran yang biasa digunakan melalui komputer.

Namun, apa sih keuntungan menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan? Yuk, kita simak beberapa keuntungan berikut ini.

1. Kesan yang Berbeda

Kesan Berbeda

Menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan dapat memberikan kesan yang unik dan berbeda dari pada surat lamaran kerja biasa. Hal ini karena surat lamaran kerja tulis tangan terlihat lebih pribadi serta lebih memperlihatkan identitas pelamar dengan jelas. Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menunjukkan karakter dan kemampuan berpikir pelamar yang membedakannya dengan pelamar lainnya.

2. Menampilkan Skill Menulis

Skill Menulis

Salah satu keuntungan besar menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan adalah menampilkan skill menulis pada pelamar. Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif saat ini, kemampuan menulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Dengan menuliskan surat lamaran kerja tulis tangan, pelamar dapat menunjukkan kemampuan menulis mereka dari segi karakter tulisan, kosakata, hingga penggunaan tatabahasa yang baik dan benar. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Perusahaan Tambang di Indonesia

Tidak ada salahnya, jika pelamar yang ingin menuliskan surat lamaran kerja tulis tangan meminta bantuan dari salah satu teman atau rekan yang memiliki kemampuan menulis yang baik untuk mengoreksi tulisan dan tatabahasanya. Hal ini tentunya akan memperkuat kemampuan menulis pelamar dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik dan benar.

3. Menunjukkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan Diri

Surat lamaran kerja tulis tangan juga dapat menunjukkan kepercayaan diri pelamar. Dalam persaingan mendapatkan pekerjaan, kepercayaan diri yang tinggi akan mempengaruhi kesan positif dari pihak instansi atau perusahaan. Ketika pelamar menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan, maka akan menunjukkan bahwa mereka cukup percaya diri dengan kemampuan menulis mereka. Kepercayaan diri ini akan menjadi modal penting dalam bentuk wawasan, pengalaman, dan kemampuan yang dimiliki pelamar serta tetap meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

4. Mudah diingat

Mudah Diingat

Dalam banyak kasus, surat lamaran kerja yang dikirimkan melalui email atau aplikasi diperiksa oleh sekretaris atau bagian sumber daya manusia terlebih dahulu sebelum diserahkan ke pimpinan. Hal ini tentu saja akan mempersulit pelamar untuk diingat oleh pimpinan. Namun, menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan dapat memperkuat memorability (berkesan dalam ingatan) karena surat tersebut unik dan menampilkan skill menulis pelamar. Seperti yang kita ketahui, memorability (berkesan dalam ingatan) adalah faktor penting untuk pelamar agar terus diingat dan meningkatkan peluang untuk dipanggil dalam tahap seleksi lanjutan.

5. Unik dan Personal

Unik dan Personal

Menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan dapat membuat pelamar terlihat lebih spesial dan personal. Pengirim surat lamaran kerja tulis tangan akan lebih terlihat berbeda daripada para pelamar yang menyampaikan surat lamaran kerja secara online atau via email. Surat lamaran kerja tulis tangan menunjukkan bahwa pelamar benar-benar peduli untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, karena mereka telah bersusah payah melakukan penulisan surat secara manual. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan peluang untuk menarik perhatian HRD atau instansi yang dibidik untuk direkrut sebagai bagian dari rekrutmen mereka.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan. Selamat mencoba membuat surat lamaran kerja yang unik dan memadai. Ingatlah untuk tetap memperhatikan etika dalam penulisan surat, menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta berfokus pada pengalaman dan keterampilan yang dimiliki. Semoga sukses dalam pencarian pekerjaan!

Contoh Format Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Tambang


Pada saat mencari pekerjaan, surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus dimiliki calon karyawan. Surat lamaran kerja memungkinkan pelamar untuk memperkenalkan dirinya secara singkat dan menunjukkan keahlian serta pengalaman kerja yang dimiliki. Oleh karena itu, membuat surat lamaran kerja yang menarik dan profesional dapat meningkatkan kemungkinan sukses dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut adalah contoh format surat lamaran kerja tulis tangan untuk tambang yang dapat diikuti.

1. Alamat dan Tanggal


Pada bagian ini, tuliskan alamat lengkap penerima surat lamaran kerja dan tanggal surat dibuat di sebelah kanan atas surat. Pastikan alamat yang ditulis sesuai dengan alamat yang dimaksud agar surat dapat sampai ke alamat yang benar.

Contoh:

Jl. Raya Tambang Baru No. 67
Jakarta Timur 12120
20 Februari 2022

2. Pengenalan Diri


Bagian pengenalan diri adalah bagian awal dari surat lamaran kerja yang memperkenalkan diri si pelamar. Tuliskan nama dan alamat lengkap, lalu mulai lepas bicara dan jelaskan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan apa yang siap diberikan kepada perusahaan tempat pelamar melamar pekerjaan. Berikan sentuhan personal untuk menciptakan kedekatan antara si pelamar dan bos rekrutmen.

Contoh:

Yth.
Bapak/Ibu HRD PT. Tambang Abadi
Jl. Tambang Raya No. 56
Surabaya 63254

Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya, Risa Susanti, lulusan jurusan Teknik Pertambangan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan IPK 3,62. Saya sangat berminat untuk bergabung dengan PT. Tambang Abadi karena saya percaya bahwa perusahaan ini memberikan banyak peluang karir dan pengalaman yang berharga. Saya memiliki pengalaman kerja untuk kedudukan yang sama selama 2 tahun di PT. Karya Mandiri dan mempunyai keterampilan dalam mengoperasikan berbagai jenis alat berat dan pengetahuan yang baik di bidang pertambangan. Saya memiliki kepribadian yang ceria dan mudah bergaul, serta mampu bekerja sama dalam tim atau mandiri. Saya berharap untuk dapat bergabung ke dalam tim kerja PT. Tambang Abadi dan memberikan kontribusi terbaik saya.

3. Motivasi


Bagian motivasi adalah bagian penting dari surat lamaran kerja yang membantu pelamar meyakinkan perusahaan bahwa dia memahami dan cenderung untuk menjadi bagian penting dari perusahaan. Tuliskan alasan apa yang membuat si pelamar tertarik dan ingin menjadi bagian dari PT. Tambang Abadi, misalnya karena adanya peluang karir, atau kedekatan geografis dengan tempat tinggal si pelamar. Pengembangan bisnis dan pandangan masa depan perusahaan dapat ditambahkan jika pelamar cukup yakin tentang hal itu. Pelamar sebaiknya tetap berfokus pada keinginan, sambil berusaha untuk mendapatkan perhatian bos rekrutmen agar lebih memahami bahwa pelamar adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja untuk FIF Group di Indonesia

Contoh:

Saya sanggat terkesan dengan PT. Tambang Abadi karena perusahaan ini berprestasi dan dikenal luas di dunia industri pertambangan. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menerapkan standar keamanan kerja yang tinggi, yaitu dengan mengutamakan kesejahteraan dan keselamatan karyawan. Sebagai karyawan, saya sangat tertarik untuk bergabung di perusahaan yang peduli akan kesejahteraan karyawan. Saya yakin PT. Tambang Abadi adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan karir saya di dalam dunia industri pertambangan di Indonesia.

4. Penutup


Bagian penutup biasanya menuliskan ucapan terima kasih kepada bos rekrutmen yang telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran kerja tersebut. Kemudian pastikan untuk memasukkan kontak yang dapat dihubungi oleh perusahaan, serta memberi informasi bahwa si pelamar siap untuk hadir saat diwawancarai. Terakhir, tuliskan “Hormat Saya” atau “Terima Kasih” diikuti dengan tanda tangan di bawahnya.

Contoh:

Saya siap untuk menghadiri wawancara dalam waktu yang dijadwalkan dan berharap dapat diterima di PT. Tambang Abadi. Dalam hal ada yang ingin ditanyakan atau diperjelas, saya dapat dihubungi melalui nomor telepon 081234567890 atau email saya [email protected] Terima kasih atas waktu dan perhatiannya, hormat saya,

(Ttd)
Risa Susanti

Dengan mengikuti alur dan format surat lamaran kerja tulis tangan untuk tambang seperti di atas, maka peluang untuk diterima di perusahaan di bidang pertambangan tentunya lebih besar. Pastikan untuk memeriksa kembali surat lamaran kerja sebelum mengirimkannya, agar tidak terjadi kesalahan penulisan atau format yang kurang rapi. Semoga berhasil mendapatkan pekerjaan impian!

Tips penulisan surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar


Tulisan tangan dalam lamaran pekerjaan

Surat lamaran kerja tulis tangan masih digunakan di sejumlah perusahaan, khususnya pada perusahaan tambang. Jika kamu ingin melamar pekerjaan di perusahaan tambang dan diminta untuk mengirim lamaran dalam bentuk tulis tangan, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips penulisan surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar agar mendapatkan kesan yang baik kepada pihak perusahaan. Berikut adalah tips penulisan surat lamaran kerja tulis tangan yang perlu kamu ketahui.

1. Gunakan Kertas Putih dan Tinta Hitam


tinta hitam

Gunakan kertas putih dan tinta hitam yang baik untuk membuat surat lamaran kerja. Hindari penggunaan kertas berwarna atau garis-garis dan memakai pensil atau pulpen dengan tinta yang mudah luntur. Tinta yang luntur tidak hanya dapat membuat suratmu tidak terbaca, tapi juga akan memberikan kesan kurang profesional.

2. Gunakan Bahasa Yang Sopan dan Mudah Dimengerti


Bahasa Indonesia

Penulisan surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Hindari penggunaan bahasa yang sulit dipahami atau bahasa yang terlalu informal seperti bahasa gaul atau bahasa daerah. Pastikan kamus dan tata bahasa yang digunakan benar dan tidak salah.

3. Jangan Lupa Memasukkan Informasi Kontak


alamat email

Surat lamaran kerja tulis tanganmu haruslah dilengkapi dengan informasi kontak seperti email dan nomor telepon agar perusahaan mudah menghubungi kamu. Pastikan bahwa nomor telepon yang kamu masukkan aktif dan mudah dihubungi. Jangan lupa untuk menuliskan email yang profesional dan mudah diingat oleh perusahaan.

4. Sertakan CV dan Dokumen Pendukung Lainnya


Curriculum Vitae

Saat mengirim surat lamaran kerja tulis tangan, kamu sebaiknya juga melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi KTP atau sertifikat lainnya. CV yang dibuat dengan rapi akan memberikan kesan yang baik kepada perusahaan sebelum kamu diundang untuk wawancara.

Kamu sebaiknya tidak menuliskan seluruh biodata dalam surat lamaran, melainkan di sertakan dalam lampiran. Hal ini bertujuan agar surat lamaran bisa dibaca dengan cepat dan tidak ketinggalan dengan dokumen pendukung lainnya.

5. Periksa Ulang Surat Lamaran Sebelum Dikirimkan


Cek dokumen

Setelah menyelesaikan penulisan surat lamaran kerja tulis tangan, jangan buru-buru mengirimkannya. Sebaiknya periksa kembali surat lamaranmu agar benar-benar tidak salah ejaan dan tata bahasanya. Hal ini akan memberikan kesan yang baik bahwa kamu adalah orang yang teliti dan memperhatikan detail. Karena surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang berfungsi sebagai pintu masuk kamu untuk bekerja di perusahaan, maka kualitasnya juga harus baik dan memenuhi standar yang diminta.

Demikian tips penulisan surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar. Harapannya setelah mempelajari tips ini, kamu dapat menulis surat lamaran kerja tulis tangan dengan benar dan rapi. Nantikan tulisan-tulisan menarik kami yang lainnya hanya di website kami. Semoga bermanfaat!

Sampai Jumpa Lagi!

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja tambang tulis tangan yang bisa kamu gunakan sebagai acuan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar. Jangan lupa kunjungi website kami lagi untuk mendapatkan informasi seputar karir dan dunia kerja lainnya. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar