Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style yang Efektif dan Profesional

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, pasti tahu pentingnya mempersiapkan surat lamaran kerja. Nah, salah satu jenis surat lamaran yang bisa kamu coba adalah contoh surat lamaran kerja semi block style. Surat lamaran kerja jenis ini memiliki tampilan yang rapi dan menarik, namun tidak terlalu formal. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai contoh surat lamaran kerja semi block style dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Yuk simak!

Pengertian Surat Lamaran Kerja Semi Block Style


Lamaran Kerja Semi Block Style

Bagi para pencari kerja, membuat surat lamaran kerja sudah menjadi hal yang lumrah dan menjadi tahap awal untuk mendaftar pada sebuah perusahaan dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ada beberapa format surat lamaran kerja yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, salah satunya adalah surat lamaran kerja semi block style. Surat lamaran kerja semi block style adalah format surat lamaran kerja yang populer di Indonesia. Pada jenis surat lamaran kerja ini, paragraf awal dan penutup ditulis rata kiri, sedangkan paragraf di tengahnya ditulis menjorok ke dalam.

Secara umum, tampilan surat lamaran kerja semi block style terlihat lebih rapi dan bersih karena adanya jarak antara setiap paragraf. Adapun keuntungan lain dalam menggunakan surat lamaran kerja semi block style adalah memudahkan pembaca untuk menemukan informasi penting tentang pelamar, sehingga menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat.

Dalam membuat surat lamaran kerja semi block style, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti alamat tujuan surat lamaran yang tepat, serta jenis dan posisi pekerjaan apa yang dilamar. Oleh karena itu, jika ingin membuat surat lamaran kerja semi block style, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan dilamar.

Penulisan surat lamaran kerja semi block style harus sesuai dengan aturan penulisan surat agar terlihat formal namun mudah dipahami. Kebanyakan format surat lamaran kerja semi block style yang digunakan adalah format A4, dengan margin sekitar 2,5 cm di setiap sisinya. Adapun jenis font yang digunakan disarankan menggunakan jenis font seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran font antara 11 dan 12, sesuai dengan kebiasaan umum dalam pengiriman lamaran kerja di Indonesia.

Pada surat lamaran kerja semi block style, identitas pelamar sebaiknya tertulis pada header surat seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Setelah itu, tuliskan nama perusahaan atau instansi yang dilamar serta jabatan yang diminati dengan jelas dan terperinci. Untuk isi surat lamaran kerja, paragraf pertama digunakan untuk memperkenalkan pelamar, baik berupa latar belakang pendidikan maupun pengalaman kerja yang dimiliki. Paragraf kedua berisi tentang motivasi pelamar untuk bergabung dengan perusahaan atau instansi yang dilamar. Paragraf ketiga ada baiknya berisi tentang keunggulan dan kelebihan yang dimiliki pelamar, sehingga dapat meyakinkan pihak perusahaan untuk merekrutnya. Terakhir, pada paragraf penutup, pelamar dapat menyampaikan harapan untuk diberikan kesempatan wawancara atau interview, serta ucapan terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan.

Sebelum mengirim surat lamaran kerja semi block style, pastikan Anda melakukan revisi dan menyunting kembali teks, untuk menghindari kesalahan penulisan dan mencetak surat dalam kertas yang bersih dan terjaga kualitasnya. Hal ini bertujuan agar surat lamaran kerja lebih mudah dibaca dan memberikan kesan profesional pada pihak perusahaan yang akan menerima surat tersebut.

Dalam surat lamaran kerja semi block style, pastikan Anda mengetahui dan memahami kebutuhan, visi, dan misi perusahaan atau instansi yang dilamar. Dalam konteks Indonesia, perusahaan cenderung mencari karyawan yang memiliki sikap profesional dan visi yang jelas. Oleh karena itu, rekam jejak yang tercatat dalam surat lamaran kerja, sebagai salah satu aspek penting yang akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan dalam rangka memberikan reward atau benefis bagi karyawan.

Baca Juga :   PSGA LPPPI Unisnu-YPMJ Jalin Kerja Sama Baznas Jateng Dampingi Perempuan Mustahik Perempuan Jepara

Kesimpulannya, surat lamaran kerja semi block style adalah salah satu format surat lamaran kerja yang umum digunakan di Indonesia. Dalam membuat surat ini, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal seperti alamat tujuan surat lamaran yang tepat, jenis dan posisi pekerjaan yang dilamar, serta menjelaskan informasi tentang diri sendiri dengan jelas dan terperinci. Dengan begitu, kesan profesional dan percaya diri yang ditampilkan pada surat lamaran kerja semakin terlihat nyata.

Kelebihan Format Semi Block Style pada Surat Lamaran Kerja


Semi Block Style Format

Surat lamaran kerja merupakan komponen penting dalam mencari pekerjaan. Surat lamaran kerja berfungsi sebagai ticket untuk diundang ke tahap seleksi dan wawancara. Oleh karena itu, penting untuk membuat surat lamaran yang menarik perhatian perusahaan dan memukau HRD untuk memilih kita sebagai kandidat yang cocok untuk posisi yang tersedia. Salah satu faktor penting dalam menciptakan surat lamaran kerja yang menarik adalah pemilihan format yang tepat. Salah satu format yang cukup populer di Indonesia adalah semi block style. Lalu, apa saja kelebihan format semi block style pada surat lamaran kerja?

Semibold

1. Tampilan yang Formal Namun Tetap Bersahabat

Pertama, format semi block style memiliki tampilan yang formal namun tetap bersahabat bagi pembaca. Dalam format semi block style, penekanan pada kalimat pembuka dan isi paragraf tidak terlalu mencolok sehingga memudahkan pembaca menyimak. Selain itu, format semi block style juga memungkinkan penambahan spasi di antara paragraf dan kalimat, sehingga surat lamaran terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

2. Memberikan Kesempatan bagi Pelamar untuk Berkreasi

Selain itu, kelebihan format semi block style lainnya adalah memberikan kesempatan bagi pelamar untuk berkreasi dalam menulis surat lamaran. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semi block style memberikan ruang untuk menambahkan spasi di antara paragraf dan kalimat. Hal ini memungkinkan pelamar untuk memanfaatkan ruang kosong tersebut dengan menambahkan unsur visual lain seperti bullet point atau garis pemisah antara paragraf. Pelamar juga bisa mencari kemiripan antara warna dan font teks agar tampilan surat lamaran lebih menarik tetapi tetap formal.

3. Mempermudah Proses Membaca dan Menghitung Jumlah Kata

Semi block style juga memiliki kelebihan dalam mempermudah proses membaca dan menghitung jumlah kata. Karena format ini menggunakan spasi yang cukup lebar, maka pembaca dapat mempercepat proses membaca dan mengurangi rasa lelah dalam membaca. Selain itu, dengan menggunakan spasi yang cukup banyak, maka pelamar tidak akan kesulitan dalam menghitung jumlah kata pada surat lamaran yang mereka tulis. Ini sangat penting karena kebanyakan perusahaan memiliki batas jumlah kata dalam surat lamaran.

4. Terkesan Profesional dan Elegan

Semi block style digunakan oleh banyak perusahaan dalam membuat surat resmi dan surat berharga, karena format ini terkesan sangat profesional dan elegan. Oleh karena itu, penggunaan format ini pada surat lamaran kerja akan membuat pelamar terlihat serius dan profesional dalam mencari pekerjaan. Perusahaan akan terkesan dengan keseriusan dan profesionalitas pelamar dalam menulis surat lamaran.

5. Cocok untuk Semua Jenis Karakter

Semi block style juga cocok untuk semua jenis karakter pelamar. Bahkan jika Anda memiliki karakter yang kurang kreatif, Anda masih bisa menghasilkan surat lamaran Kerja yang menarik dengan menggunakan format ini. Format ini cocok untuk pelamar yang ingin menunjukkan keseriusannya dalam menulis surat lamaran kerja tanpa harus menggunakan format formal yang terlalu kaku atau format kreatif yang terlalu berlebihan.

Itulah beberapa kelebihan format semi block style pada surat lamaran kerja. Bagi pelamar yang ingin mencoba format ini, pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas, tata kalimat yang baik, dan kata yang mudah dipahami. Selamat mencoba!

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Semi Block Style yang Baik dan Benar


Surat Lamaran Kerja Semi Block Style Indonesia

Banyak sekali jenis format surat lamaran kerja yang ada di Indonesia. Salah satu yang lazim digunakan adalah semi block style. Format ini mengikuti struktur block style, yakni tidak menuliskan tanda titik dua (:) pada penulisan addresser dan addressee. Akan tetapi, pada semi block style, paragraf awal dari isi surat akan dimulai dengan huruf kapital, lalu disusul dua entri untuk jarak paragraf. Surat lamaran kerja semi block style ini pun menyertakan identitas pengirim surat atau pemohon pekerjaan, serta identitas penerima atau employer.

Baca Juga :   Buka Warung Mie di New York, Pria Ini Terpaksa Jual Rp 273 Ribu/Mangkuk

1. Identitas Penerima atau Employer

Contoh identitas perusahaan

Identitas penerima atau employer terdiri dari nama perusahaan, alamat, nomor telepon, nomor fax, dan surat elektronik. Pada identitas ini penulis harus menuliskan dengan jelas dan benar nama perusahaan yang dituju kami, serta alamat perusahaan dengan detail. Alamat ini berfungsi sebagai alamat yang nantinya akan dijadikan sebagai alamat tujuan surat lamaran kerja kepada perusahaan.

2. Identitas Pengirim atau Pelamar

Contoh identitas pengirim

Identitas pengirim atau pelamar terdiri dari nama, alamat, nomor telepon dan surat elektronik. Pada identitas ini penulis harus menuliskan dengan jelas dan benar nama pengirim yang mungkin pelamar harus menuliskan nama lengkap diri, sedangkan untuk alamat, gunakan alamat yang bisa dihubungi dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

3. Isi Surat Lamaran Kerja Semi Block Style

Contoh Judul Surat Lamaran Kerja Semi Block Style

Selain identitas pengirim dan penerima, unsur penting lainnya dalam surat lamaran kerja semi block style adalah isi surat yang harus memuat beberapa poin dibawah ini:

a. Pembukaan

Pembukaan surat lamaran kerja

Pada paragraf ini, pelamar dapat memberikan sapaan pembuka yang baik sebelum memberikan informasi tentang dirinya.

b. Pengenalan Diri

Contoh pengenalan diri

Memberikan informasi diri seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat, e-mail, nomor telepon, pendidikan, pengalaman kerja dan kemampuan menulis atau berbahasa asing dapat diuraikan dalam poin ini.

c. Kepentingan Melamar Pekerjaan

Contoh kepentingan melamar kerja

Pada paragraf kedua ini kita bisa menyoroti posisi yang dibutuhkan perusahaan, dan mencocokkan dengan kemampuan Anda. Hal ini bisa memperlihatkan antusiasme dan ketertarikan pelamar kepada perusahaan yang dilamarnya.

d. Penutup

Penutup surat lamaran kerja

Pada paragraf terakhir ini, penulis memberikan informasi yang singkat mengenai harapan dan kesediaan berbicara lebih jauh dalam wawancara. Sertakan nomor telepon untuk memudahkan perusahaan menghubungi pelamar jika diperlukan.

Demikianlah panduan singkat menulis surat lamaran kerja semi block style yang baik dan benar. Perlu diketahui bahwa sebuah format surat akan sangat membantu untuk memperkuat kesan pertama pada recruiter. Jadi, selain menulis dengan baik dan benar, pilih format surat yang paling pas untuk menunjukkan kesungguhan dalam mencari pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style yang Efektif


Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style yang Efektif

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja semi block style yang efektif untuk membantu Anda mendapatkan posisi yang Anda inginkan:

Mr. John Doe

Jl. Jend. Sudirman No.123

Jakarta Selatan 12345

+6281234567890

john.doe@email.com

PT. XYZ

Jl. Gatot Subroto No.45

Jakarta Selatan 67890

Jakarta, 01 Januari 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth. HRD PT. XYZ,

Saya mengetahui bahwa PT. XYZ merupakan perusahaan ternama di bidang jasa konsultasi teknologi informasi yang saat ini tengah membuka lowongan kerja untuk posisi Business Analyst. Saya tertarik dengan posisi tersebut dan ingin menawarkan diri sebagai kandidat dengan kualifikasi yang sesuai.

Saya merupakan lulusan dari Universitas Indonesia dengan gelar Sarjana Ilmu Komputer. Selain mempelajari konsep dasar dari teknologi informasi, saya juga memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di perusahaan IT terkemuka sebagai analis bisnis. Pengalaman kerja tersebut memperkuat kemampuan saya dalam menganalisa dan merancang sistem serta memberikan solusi yang efektif dalam waktu yang cepat.

Saya memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan fleksibel dalam bergaul dengan banyak orang serta dapat melakukan presentasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para stakeholder. Saya juga mampu bekerja dalam tim maupun secara mandiri dan memiliki tuntutan dalam mencapai target dan jadwal yang ditentukan.

Dengan latar belakang tersebut dan minat yang besar dalam bidang teknologi informasi, saya yakin dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja PT. XYZ dan memenuhi target yang telah ditetapkan. Saya siap ditempatkan di posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bersedia untuk mengikuti tahap seleksi lebih lanjut dan siap untuk dihubungi kembali untuk wawancara selanjutnya. Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda.

Salam hormat,

John Doe

*Lampiran: CV, Fotokopi Ijazah, Transkrip Nilai

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Kami

Semoga artikel tentang contoh surat lamaran kerja semi block style ini dapat membantu Anda dalam menyiapkan lamaran kerja yang baik dan benar. Jika Anda membutuhkan informasi tambahan seputar dunia karir, jangan ragu untuk mengunjungi kembali situs kami. Kami senang telah dapat berbagi pengetahuan dengan Anda. Terima kasih kembali dan sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar