Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut di Indonesia yang Profesional dan Efektif

Hi sobat pelaut! Ada rencana untuk melamar pekerjaan sebagai pelaut? Tentu saja, agar bisa bergabung ke crew kapal atau perusahaan pelayaran yang Kamu impikan, ada sedikit persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah mengirimkan contoh surat lamaran kerja pelaut yang baik dan benar. Dalam artikel ini, aku akan memberikan tips dan contoh surat lamaran kerja pelaut yang bisa Kamu jadikan acuan. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Pengantar dan Persyaratan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Pelaut


contoh surat lamaran kerja pelaut

Indonesia merupakkan negara kepulauan terbesar di dunia. Sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia, Indonesia memiliki ribuan kilometer pantai dan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dengan luas wilayah laut terbesar ketiga di dunia, mendorong Indonesia untuk menjadi salah satu negara yang paling terkait dengan kegiatan maritim. Untuk itu, banyak orang di Indonesia yang bermimpi menjadi pelaut agar dapat merasakan pengalaman berlayar di lautan dan mengangkat nama baik Indonesia di pentas Internasional. Namun, sebelum dapat menjadi pelaut, seseorang harus melalui sejumlah tahapan, salah satunya ialah membuat surat lamaran kerja pelaut.

Surat lamaran kerja pelaut merupakan dokumen penting yang menjadi syarat awal seorang pelamar untuk bekerja di atas kapal. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat membuat surat lamaran kerja pelaut. Beberapa persyaratan ini juga yang nantinya akan menentukan apakah seseorang dapat diterima bekerja di atas kapal atau tidak.

Persyaratan utama untuk menjadi pelaut adalah pada kesehatan, fisik, dan keahlian. Seorang pelaut harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh badan klasifikasi dunia ke pelautan seperti Lloyds atau Klas. Siapapun yang ingin menjadi pelaut harus mempunyai sertifikasi atau lisensi sebagai bukti bahwa ia memenuhi syarat sebagai pelaut, minimal sertifikasi mata pelajaran dasar pelaut (BPSK), jika ingin menjadi ABK (Anak Buah Kapal) harus memiliki sertifikasi Pelaut Antara atau sertifikat PMAK (Palang Merah Atas Kapal). Senter bagi mereka yang menjadi nakhoda dan menuntaskan beberapa pendidikan di sekolah tinggi kepelautan. Selain sertifikasi, persyaratan lainnya sebagai pelaut adalah kesehatan jasmani dan rohani. Seseorang yang ingin menjadi pelaut harus sehat jasmani dan rohani, karena dalam kapal, pelaut harus siap siaga selalu di tengah laut terpencil.

Selain kesehatan dan keahlian, persyaratan lain yang harus diikuti oleh calon pelaut adalah surat lamaran kerja pelaut yang baik dan benar. Surat lamaran kerja pelaut harus diketik dengan bentuk surat resmi yang terdiri dari kop surat, pengantar surat, kalimat pembuka, isi surat, kalimat penutup, dan nama dan tanda tangan pelamar. Surat lamaran kerja pelaut harus ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga dapat memenuhi persyaratan perusahaan pelayaran yang menuntut kemampuan bahasa Inggris atau Mandarin. Pada isi surat lamaran kerja pelaut, tuliskan dengan jelas mengenai data diri, riwayat pekerjaan, masa kerja, dan pengalaman lainnya yang relevan dengan pekerjaan sebagai pelaut.

Ketika membuat surat lamaran kerja pelaut, pastikan menandakan bahwa surat lamaran kerja itu khusus untuk posisi pelaut. Sehingga manajer perusahaan yang dituju akan mendapatkan informasi yang jelas mengenai apa yang dicari oleh pelamar kerja, dalam hal ini adalah posisi sebagai pelaut. Berikan penekanan pada tulisan tentang keterampilan dan sertifikasi yang dimiliki oleh pelamar. Jangan lupa lampirkan dokumen melengkapi seperti fotocopy Identitas, sertifikat pendidikan, serta dokumen kelengkapan lainnya.

Dalam proses melamar kerja sebagai pelaut, perusahaan kadangkah memberikan tekanan bertahap, seperti tahap pilihan berkas, tes tertulis, interview, dan medical check up. Menjadi seorang pelaut memang memiliki pinjaman yang cukup besar pada hal melibatkan diri Anda dalam kegiatan maritim yang sangat dinamis. Namun, semua itu bisa terbayar melalui gaji yang cukup besar serta pengalaman yang sangat berharga sebagai seorang pelaut.

Dalam kesempatan ini, mimin ingin memberikan sedikit saran bagi para para pelaut pemula, ikuti aturan dan segala sesuatu yang dianjurkan dalam kapal, ingat selalu “safet y first” dan “cleanliness is next to godlines”. Kesadaran diri dan sikap yang baik selalu diperlukan ketika bekerja diatas kapal. Kesadaran tentang keselamatan kapal dan penumpang menjadi suatu kewajiban bagi seorang pelaut. Selain itu, bersih-bersih akan setiap sudut kapal sangat penting menjaga sanitasi kapal dan sebagai proses awal menjaga keselamatan kapal dari segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Toko: Menjadi Pelamar yang Berbeda

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Pelaut


Lamaran Kerja Pelaut

Menjadi pelaut bukanlah profesi yang mudah, tetapi seiring dengan semakin berkembangnya dunia maritim di Indonesia, banyak orang yang ingin mencoba peruntungan di bidang ini. Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk meraih karier di bidang ini adalah surat lamaran kerja yang baik. Sebuah surat lamaran kerja yang profesional dan menarik akan memperbesar kemungkinan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja pelaut.

1. Sesuaikan Surat Lamaran Kerja dengan Perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran kerja pelaut, pastikan Anda sudah melakukan riset tentang perusahaan yang Anda tuju dan pastikan Anda mengenal profil perusahaan tersebut. Dengan mengetahui profil perusahaan, Anda dapat menyesuaikan surat lamaran kerja Anda dengan filosofi perusahaan dan memberikan informasi tentang pengalaman, kemampuan, dan minat yang relevan dengan perusahaan tersebut. Ini akan memperbesar kemungkinan Anda dipanggil untuk wawancara kerja.

2. Deskripsikan Pengalaman Kerja dan Keahlian Anda

Pelaut

Bagian ini adalah bagian paling penting dalam surat lamaran kerja Anda. Pada bagian ini, deskripsikan pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki sesuai dengan profesinya. Jelaskan secara singkat pengalaman Anda dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pelaut di tempat Anda bekerja sebelumnya. Sebutkan jenis kapal, masa kerja Anda, tanggung jawab Anda, dan prestasi kerja Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan sebagai pelaut.

Sertakan juga keahlian yang Anda miliki, seperti kemampuan bahasa, kemampuan pelayaran, keahlian teknis, dan lain sebagainya. Pastikan keahlian yang Anda sertakan relevan dengan persyaratan yang tercantum dalam iklan pekerjaan. Ini akan memperkuat argumentasi bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi pelaut yang sedang dibutuhkan.

3. Sertakan Portofolio Anda

Portofolio

Sertakan portofolio Anda pada surat lamaran kerja pelaut. Portofolio bisa berupa sertifikat dan sertifikat pelatihan yang Anda peroleh selama bekerja sebagai pelaut. Ini akan menunjukkan reputasi kerja Anda dan kemampuan Anda sebagai pelaut. Pastikan Anda menyertakan portofolio yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

4. Jangan Lupa Menulis Motivasi Anda

Motivasi

Tidak hanya menulis pengalaman kerja dan keahlian, Anda juga harus menulis motivasi Anda untuk bekerja di bidang ini. Apa yang membuat Anda tertarik untuk menjadi seorang pelaut? Tuliskan motivasi dan tujuan Anda untuk bekerja di bidang ini dan bagaimana pekerjaan ini akan membantu Anda mencapai impian Anda. Ini akan membantu pewawancara memahami niat Anda dan kecocokan Anda dengan perusahaan.

5. Singkat dan Jelas

Surat Lamaran

Ingatlah untuk menulis surat lamaran kerja pelaut yang singkat dan jelas. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan mencantumkan informasi yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hindari juga penggunaan kata-kata yang kurang formal dan jangan terlalu berlebihan dalam menggambarkan diri. Pastikan surat lamaran kerja Anda mudah dibaca dan tidak terlalu panjang.

Dalam menulis surat lamaran kerja pelaut, pastikan Anda menampilkan diri Anda secara professional dan menekankan kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan tersebut. Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda akan memiliki surat lamaran kerja pelaut yang menarik dan profesional, dan meningkatkan peluang Anda untuk memperoleh pekerjaan menguntungkan sebagai seorang pelaut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut yang Baik dan Benar


Surat Lamaran Kerja Pelaut

Perkembangan sektor pelayaran di Indonesia semakin pesat, meningkatkan peluang kerja di bidang pelayaran, terutama dalam profesi pelaut. Dalam mencari pekerjaan di kapal, setiap pelaut diwajibkan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk memperoleh kesempatan diterima bekerja di kapal. Berikut contoh surat lamaran kerja pelaut yang baik dan benar:

1. Heading Surat Lamaran Kerja Pelaut

Heading Lamaran Kerja Pelaut

Heading surat lamaran kerja pelaut, salah satu bagian penting surat lamaran kerja yang harus diperhatikan. Heading terdiri dari judul, nama perusahaan pelayaran, tempat tanggal terbit lamaran, dan data diri pelamar. Contoh penggunaan heading yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

Surat Lamaran Kerja Pelaut

PT. Pelaut Sejati
Jln. Raya Pelabuhan Tanjung Priok No.24
Jakarta Utara
Telp. (021) 1234567

Jakarta, 18 April 2021

Kepada
Bagian SDM PT. Pelaut Sejati

Data diri pelamar yang perlu diisi pada heading surat lamaran kerja pelaut yaitu nama pelamar lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Semua data harus ditulis dengan jelas dan rapi guna memudahkan pihak HRD dalam memproses lamaran kerja. Pastikan juga nama perusahaan dan alamat benar serta terbaru agar surat dapat diterima oleh perusahaan yang dituju.

2. Isi Surat Lamaran Kerja Pelaut

Isi Lamaran Kerja Pelaut

Isi surat lamaran kerja pelaut seharusnya berisi tentang pengalaman kerja, kualifikasi, dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar. Terdapat beberapa poin yang harus ada dalam isi lamaran kerja pelaut:

a. Pengenalan Diri

Pada pengenalan diri, pelamar perlu memperkenalkan dirinya dengan jelas dan rinci. Sertakan nama, usia, riwayat pendidikan terakhir, serta tujuan melamar pekerjaan ini. Di sini juga dapat dijelaskan tentang pengalaman kerja yang pernah dimiliki, seperti karir sebelumnya.

b. Kualifikasi dan Kemampuan

Kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar harus dicantumkan pada isi surat lamaran kerja pelaut. Di sini, perusahaan pelayaran ingin mengetahui apakah pelamar memiliki sertifikat atau lisensi yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan di kapal. Selain itu, pelamar juga harus menjelaskan kemampuan serta keahlian yang dimiliki yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Baca Juga :   Pentingnya Perhatikan Warna Rambut Saat Ingin Wawancara Kerja, Mengapa?

c. Motivasi dan Kepedulian terhadap Perusahaan

Bagian ini menjelaskan motivasi pelamar dalam bergabung dengan perusahaan pelayaran tersebut. Pada dasarnya, perusahaan ingin mengetahui apakah pelamar memiliki minat yang cukup besar pada bidang pelayaran dan niat yang kuat dalam melaksanakan tugas yang diembankan di kapal. Lebih lanjut, pelamar juga harus menunjukkan kepedulian terhadap perusahaan sekaligus memberikan alasan mengapa pelamar mengajukan lamaran kerja ke perusahaan pelayaran tersebut.

d. Penutup Surat

Pada bagian penutup surat lamaran kerja pelaut, pelamar diharapkan untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang diberikan sekaligus dengan harapan bahwa lamarannya dipertimbangkan serius.

3. Tanda Tangan dan Lampiran Surat Lamaran Kerja Pelaut

Lampiran Lamaran Kerja Pelaut

Tanda tangan pada surat lamaran kerja pelaut sangat penting untuk menunjukkan adanya keseriusan dari pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Pelamar harus menandatangani surat tersebut dengan tinta hitam pada tempat yang disediakan. Jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap pada bawah tanda tangan.

Lampiran surat lamaran kerja pelaut dapat berupa copy sertifikat pelaut, daftar riwayat hidup, photo terbaru dan dokumen lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan dari perusahaan pelayaran. Pastikan lampiran tersebut sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan pelayaran. Lampirkan surat lamaran kerja pelaut beserta lampirannya ke dalam satu amplop coklat besar dengan menuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan pelayaran serta nama pelamar di bagian depan amplop.

4. Kesimpulan

Dalam membuat surat lamaran kerja pelaut, diperlukan ketelitian dan kejelian dalam memilih kata, kalimat yang menarik dan tidak bertele-tele. Pastikan isi surat lamaran kerja pelaut sesuai dengan kriteria yang diperlukan oleh perusahaan, tanda tangan, lampiran dan penggelaran surat dilakukan dengan benar agar surat lamaran kerja pelaut dapat diterima oleh perusahaan. Semoga contoh surat lamaran kerja pelaut di atas dapat membantu Anda membuat surat yang baik dan benar serta memperoleh kesempatan untuk bekerja di bidang pelayaran.

Tips dan Trick Menulis Surat Lamaran Kerja Pelaut yang Menarik Perhatian Pemberi Kerja


contoh surat lamaran kerja pelaut

Saat mencoba melamar kerja sebagai pelaut, hal pertama yang harus diperhatikan adalah surat lamaran kerja, atau dalam bahasa Inggris disebut cover letter. Surat lamaran kerja menjadi hal penting ketika kita ingin mendapatkan pekerjaan impian kita. Jangan hanya fokus pada bahasa atau cara menulis saja, tapi juga harus memperhatikan desain dan format surat lamaran kerja. Berikut adalah tips dan trik cara menulis surat lamaran kerja pelaut yang menarik perhatian pemberi kerja.

Mengenal Perusahaan yang Dilamar

logo perusahaan pelaut indonesia

Jangan hanya asal mengirim surat lamaran ke perusahaan yang sedang membuka lowongan, pastikan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai perusahaan tersebut. Teliti profil perusahaan, misalnya bidang usaha, visi-misi, hingga penghargaan yang pernah diraih oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu kamu dalam menyusun kata-kata yang tepat untuk mencerminkan kesesuaian kualifikasi dan karakteristik kamu dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, akan memberikan rasa percaya diri lebih ketika melakukan interview.

Menulis Dengan Kreatif dan Menarik

meme lamaran kerja pelaut

Saat menulis surat lamaran kerja pelaut, pastikan kata-kata yang digunakan memiliki daya tarik yang dapat menarik perhatian pemberi kerja. Kamu bisa mulai dengan membuka kalimat dengan pernyataan yang menarik. Misalnya, dengan mengutip kutipan tentang pelaut yang kamu dapatkan dari bacaan. Pada bagian isi, kamu bisa menjelaskan tentang pengalaman dan kualifikasi kamu secara spesifik. Hal ini dapat menunjukkan keahlian dan keprihatinan serta kesungguhan kamu dalam meniti karir yang lebih baik sebagai pelaut.

Menggunakan Bahasa Yang Jelas dan Tepat

bahrizal pelaut

Dalam menulis surat lamaran kerja pelaut, gunakan bahasa yang jelas dan tepat. Buatlah kalimat yang mudah dipahami, terutama saat menjelaskan pengalaman kerja kamu. Tersesatnya pernyataan bisa membuat peluangmu terabaikan. Gunakan istilah marinir dengan tepat. Hindari kata-kata yang terkesan memaksakan dan terlalu berlebihan. Kamu jangan sampai menjadi orang yang dianggap tidak bisa membedakan antara pelayaran atau angkutan laut.

Menyesuaikan format CV dengan Posisi yang Dilamar

contoh cv pelaut

Selain surat lamaran kerja, format CV juga sangat penting. Buatlah CV yang terstruktur dan rapi. Detail pengalaman kerja dan kualifikasi juga harus tercantum di dalamnya. Usahakan untuk memiliki keterampilan yang relevan dengan jabatan yang kamu lamar. Buatlah CV yang mudah dibaca dengan tampilan yang menarik dan profesional. Kamu juga harus mampu merangkum poin-poin penting dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips dan trik cara menulis surat lamaran kerja pelaut yang menarik perhatian pemberi kerja. Ingat, bahwa surat lamaran kerja pelaut yang baik dapat menjadi kunci keberhasilan kamu dalam mendapatkan pekerjaan di bidang maritim. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan sebagai pelaut. Jalani hidupmu dengan penuh petualangan, keep sailing!

Sekian artikel tentang contoh surat lamaran kerja pelaut. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ingatlah bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, tapi jangan pernah menyerah dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan impianmu. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk berkunjung kembali ke situs kami untuk informasi dan tips bermanfaat lainnya. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan impianmu!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar