Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Halo semua, pasti banyak di antara kalian yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan akuntansi dan sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang tersebut, ya kan? Tapi jangan khawatir, karena tulisan ini akan memberikan contoh surat lamaran kerja untukmu yang siap bicara di depan atasanmu dengan percaya diri! Surat lamaran kerja ini disusun dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami supaya kamu punya referensi dan bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Jadi, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Pentingnya Menyusun Surat Lamaran Kerja yang Baik


Pentingnya Menyusun Surat Lamaran Kerja yang Baik SMK Jurusan Akuntansi

Mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah. Setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan akuntansi, langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian kita. Salah satu cara untuk mencari pekerjaan adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerja. Namun, membuat surat lamaran kerja yang baik bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan usaha dan perhatian yang besar agar surat lamaran kerja yang kita buat dapat mempengaruhi keputusan perekrut untuk memilih kita sebagai kandidat yang cocok untuk posisi tersebut.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik. Pertama, dalam membuat surat lamaran kerja yang baik, pastikan untuk menyebutkan nama lengkap dan alamat lengkap kita dengan jelas dan tepat. Jika ada kesalahan penulisan pada nama ataupun alamat kita, maka kemungkinan besar surat lamaran kerja itu akan langsung ditolak oleh pihak perusahaan karena mereka menganggap kita tidak serius dan tidak memiliki kecermatan dalam menulis surat lamaran kerja.

Selain itu, pastikan juga untuk mengidentifikasi perusahaan yang kita lamar dengan benar. Hal ini menjadi penting karena perusahaan yang kita lamar tidak hanya ingin menerima kandidat yang memiliki keahlian sesuai dengan posisi yang mereka tawarkan, namun juga kandidat yang memiliki ketertarikan yang kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika kita menyatakan ketertarikan yang kuat kepada perusahaan yang kita lamar, maka hal ini dapat memikat pihak HRD untuk merekrut kita sebagai kandidat.

Dalam hal ini, pastikan juga untuk membaca profil perusahaan terlebih dahulu dan mengetahui visi, misi serta ulasan pengalaman kerja pada website atau media sosial perusahaan. Dengan begitu, kita dapat menyesuaikan materi yang akan ditulis dalam surat lamaran kerja supaya sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan menggambarkan diri kita sebagai kandidat yang tepat.

Tidak hanya itu, pastikan usaha dan perhatianmu tercermin dalam surat lamaran kerja yang dibuat. Perusahaan akan lebih suka merekrut kandidat yang memberikan perhatian lebih dan memiliki cara pandang yang berbeda dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Sehingga, hindari melakukan copy paste dari surat lamaran kerja orang lain atau template yang umum yang dapat ditemukan di internet. Kita bisa coba membuat surat lamaran kerja kita sendiri yang mencerminkan kemampuan dan kepribadian diri.

Selanjutnya, pastikan bahwa isi surat lamaran kerja kita cukup informatif dan menarik. Sehingga, HRD dapat menilai kualitas diri kita dalam satu kali bacaan. Hal ini juga dapat menambah nilai positif pada diri kita sebagai kandidat yang unik dan memiliki kemampuan yang menonjol.

Terkahir, jangan lupa sertakan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang dimiliki dengan jelas dan rinci. Saat menyebutkan pengalaman, sebaiknya dari pengalaman yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Hal ini menjadi penting karena akan menunjukkan kita mengerti dan memahami persis bagaimana cara bekerja di bidang tersebut.

Dalam rangka melakukan hubungan kerja yang baik dengan perusahaan yang kita lamar, maka kita harus mampu menyusun surat lamaran kerja yang baik dan memenuhi kriteria yang diharapkan oleh perusahaan. Dengan begitu, kita mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk diterima sebagai kandidat tersebut.

Jangan lupa, berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan referensi dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik:

Baca Juga :   Ada 941 Peluang Kerja Khusus untuk Disabilitas- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

[Contoh Surat Lamaran Kerja]

Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi


Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Surat Lamaran Kerja

Ketika mencari pekerjaan, salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengirimkan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan bukti awal bahwa seseorang tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan. Bagi lulusan SMK jurusan akuntansi, surat lamaran kerja harus disusun dengan hati-hati dan teliti agar bisa memikat hati perusahaan yang dituju. Berikut ini adalah tips dalam menyusun surat lamaran kerja bagi lulusan SMK jurusan akuntansi:

1. Gunakan bahasa yang sopan dan santun

Saat menulis surat lamaran kerja, pastikan bahasa yang digunakan sopan dan santun. Hindari penggunaan bahasa slang atau bahasa yang terlalu santai. Perusahaan yang dibidik pastinya menginginkan karyawan yang berkarakter baik dan memiliki etika yang baik.

2. Jelaskan motivasi dan tujuan dalam melamar pekerjaan

contoh surat lamaran kerja lulusan smk jurusan akuntansi

Tidak ada salahnya untuk menuliskan motivasi dan tujuan dalam melamar pekerjaan. Dalam hal ini, lulusan SMK jurusan akuntansi harus menjelaskan dengan tegas dan jelas mengenai ketertarikan untuk bekerja pada bidang akuntansi. Tunjukkan bahwa diri Anda memiliki pemahaman yang baik terkait bidang akuntansi dan yakin bisa memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan yang dituju.

3. Sertakan informasi pendidikan dan pengalaman kerja

Di bagian akhir surat lamaran kerja, Sertakan informasi pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Ini akan memberikan gambaran kepada pihak perusahaan mengenai kompetensi Anda. Pastikan untuk menuliskan secara jelas dan rinci mengenai pengalaman kerja yang telah dilalui agar pihak perusahaan dapat menilai kemampuan Anda secara lebih baik.

4. Cantumkan kontak yang dapat dihubungi

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon atau alamat email. Jangan sampai pihak perusahaan kesulitan dalam menghubungi Anda untuk proses lanjutan. Pastikan bahwa kontak yang Anda berikan masih aktif dan dapat dihubungi kapan saja.

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan juga untuk memberikan waktu yang cukup bagi pihak perusahaan untuk merespons. Apabila dalam waktu satu minggu belum mendapat balasan, Anda dapat menghubungi pihak perusahaan untuk menanyakan status lamaran. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam menemukan pekerjaan yang diimpikan!

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang Sukses


SMK Akuntansi Indonesia

Menjadi lulusan SMK Jurusan Akuntansi memang memiliki kesempatan karir yang cukup baik di Indonesia. Terutama sekarang ini, di mana banyak perusahaan dan industri yang membutuhkan karyawan dengan kemampuan dan keterampilan di bidang akuntansi. Namun, untuk bisa diterima di perusahaan impian, tentunya harus melewati tahap seleksi dan wawancara yang cukup ketat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyusun surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian HRD perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang sukses, yang bisa menjadi referensi Anda dalam menyusun surat lamaran kerja yang tepat.

1. Mengenal Perusahaan yang Ditujukan

Logo Perusahaan

Sebelum memulai mengarang surat lamaran kerja, sebaiknya Anda mencari informasi tentang perusahaan yang akan dituju. Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan konten surat lamaran dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Di samping itu, juga membantu Anda menjelaskan alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut.

2. Menyajikan isi surat lamaran yang singkat dan padat

Short and Clear

Sesuai dengan sifat pekerjaan di bidang akuntansi, sebaiknya surat lamaran yang Anda buat cukup singkat dan padat. Tidak perlu menulis terlalu banyak hal, karena HRD perusahaan, biasanya tidak punya waktu yang cukup untuk membaca surat lamaran yang terlalu panjang. Terlebih lagi jika ada ratusan surat lamaran yang diterima.

3. Menonjolkan Pendidikan di Jurusan Akuntansi

Akuntansi

Anda harus menampilkan dengan jelas pendidikan Anda di jurusan akuntansi. Sebagai lulusan SMK Akuntansi, tentunya Anda sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk dapat bekerja di perusahaan. Seiring dengan itu, sertakan pula prestasi-prestasi yang pernah Anda raih selama pendidikan, seperti juara olimpiade akuntansi, kursus tambahan, dan lain-lain. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda cukup kompeten dalam bidang tersebut.

Jangan mengabaikan keterampilan lain yang mungkin tak langsung terkait dengan akuntansi, sebagai lulusan SMK, Anda memiliki keahlian yang berbeda dengan teman-teman seprofesi Anda. Sebagai contoh, keterampilan teknis seperti pemrograman, aplikasi, dan media sosial. Keterampilan tambahan seperti ini tentunya dapat memperkuat surat lamaran Anda dan membedakan dari saingan.

4. Menyebutkan Pengalaman Kerja Terkait

Pengalaman Kerja

Jika Anda memiliki pengalaman kerja di bidang akuntansi sebelumnya, sebaiknya Anda menyebutkannya dalam surat lamaran kerja. Pengalaman tersebut dapat membantu Anda menunjukkan bahwa Anda telah menguasai dan memahami pekerjaan yang akan Anda jalani di perusahaan. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, sebaiknya jangan dipaksakan menyebutkannya. Lebih baik fokus pada kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

5. Menjelaskan Motivasi untuk Bergabung dengan Perusahaan

Motivasi

Bagian penting lainnya dari surat lamaran kerja adalah menjelaskan alasan mengapa Anda bergabung dengan perusahaan tersebut. Apa yang membuat perusahaan tersebut menarik bagi Anda, dan apa yang Anda harapkan dari perusahaan tersebut. Tertarik dengan kultur, visi, dan misi perusahaan. Anda dapat menyebutkan proyek/proyek besar perusahaan yang menarik Anda dan berharap bisa berkontribusi pada pencapaian proyek tersebut. Jangan lupa untuk menunjukkan kesenjangan antara diri Anda dan perusahaan serta harapan di kemudian harindan pastinya ini semuanya sejalan dengan minat dan keterampilan Anda di bidang akuntansi.

Baca Juga :   Meski Tak Mudah, Modi Telah Melakukan Pekerjaan yang Hebat

6. Mengakhiri Surat dengan Kalimat yang Polite

End with Polite

Mengakhiri surat lamaran kerja dengan kalimat yang sopan dan menyatakan ketergantungan diri kepada perusahaan juga tak kalah pentingnya. Ucapkan terimakasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, sertakan harapan untuk mendapatkan kesempatan wawancara selanjutnya dan tidak lupa menyebutkan informasi kontak diri seperti nomor telepon dan email untuk mempermudah perusahaan dalam menghubungi Anda.

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang sukses yang bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi. Jangan lupa selalu lengkapi surat lamaran Anda dengan CV yang menarik, dikemas dengan se-engaging mungkin dan menampilkan kembali point terbaik dari surat lamaran Anda. Semoga sukses!

Kesalahan Umum dalam Menyusun Surat Lamaran Kerja dan Cara Menghindarinya bagi Lulusan SMK Jurusan Akuntansi


contoh surat lamaran kerja lulusan smk jurusan akuntansi

Menjadi lulusan SMK Jurusan Akuntansi tentunya menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak semua siswa SMK memiliki kemampuan untuk memahami dunia akuntansi dengan mudah.

Namun, kehebatan dalam menguasai dunia akuntansi tidak cukup untuk diterjemahkan ke dalam sebuah surat lamaran kerja yang baik. Banyak lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang masih mengalami kesulitan dalam menyusun surat lamaran kerja sehingga sering melakukan kesalahan umum.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam menyusun surat lamaran kerja serta cara menghindarinya bagi lulusan SMK Jurusan Akuntansi.

1. Tidak Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Posisi yang Dilamar


menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang dilamar

Tidak menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang dilamar adalah salah satu kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh lulusan SMK Jurusan Akuntansi. Surat lamaran kerja yang baik harus memperhatikan posisi yang dilamar dan mengadaptasi diri dengan kebutuhan perusahaan.

Cara menghindari kesalahan ini adalah dengan membaca deskripsi pekerjaan yang tertera pada iklan lowongan pekerjaan. Kemudian sesuaikan kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan yang Anda miliki dengan posisi yang dilamar. Pastikan bahwa surat lamaran yang Anda susun memiliki kecocokan dengan posisi yang sedang dibuka.

2. Menggunakan Bahasa yang Kurang Formal


bahasa formal dalam surat lamaran kerja

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja haruslah bahasa yang formal dan sopan. Namun, banyak lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang masih kurang memahami kaidah bahasa formal.

Cara menghindari kesalahan ini adalah dengan memperbanyak membaca buku dan artikel bahasa Indonesia yang baik dan benar. Anda juga bisa meminta bantuan dari guru atau dosen bahasa Indonesia untuk membimbing Anda dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik dan benar.

3. Tidak Menarik Perhatian Pada Paragraf Awal


paragraf awal yang menarik

Surat lamaran kerja yang berhasil adalah surat lamaran kerja yang dapat menarik perhatian pembaca sejak paragraf awalnya. Namun, banyak lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang masih kesulitan dalam membuat paragraf awal yang menarik perhatian.

Cara menghindari kesalahan ini adalah dengan membuat paragraf awal yang ringkas namun menggambarkan secara jelas tujuan Anda dalam menulis surat lamaran tersebut. Anda juga harus mencantumkan informasi penting seperti latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja secara singkat.

4. Tidak Menjelaskan Keahlian yang Dimiliki secara Rinci


keahlian yang dimiliki

Banyak lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang salah dalam menggambarkan keahlian yang dimiliki. Mereka cenderung hanya memberikan informasi secara umum tentang keahlian yang dimilikinya tanpa memberikan contoh konkret tentang bagaimana mereka dapat mengaplikasikan keahlian tersebut dalam pekerjaan.

Cara menghindari kesalahan ini adalah dengan memberikan contoh konkret tentang keahlian yang dimiliki dan menjelaskan bagaimana Anda dapat mengaplikasikannya pada posisi yang dilamar. Anda juga bisa mencantumkan sertifikat dan penghargaan yang pernah Anda peroleh sebagai bukti keahlian yang dimiliki.

5. Tidak Menyertakan Lampiran Berupa CV atau Portofolio


cv atau portofolio

Surat lamaran kerja yang baik harus dilengkapi dengan CV atau portofolio sebagai bukti kualifikasi Anda. Namun, masih banyak lulusan SMK Jurusan Akuntansi yang tidak menyertakan lampiran tersebut pada surat lamaran mereka.

Cara menghindari kesalahan ini adalah dengan mempersiapkan CV atau portofolio yang menunjukkan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki. Format CV dan portofolio juga haruslah rapi dan mudah dibaca sehingga dapat menarik perhatian pihak perusahaan.

Dalam menyusun surat lamaran kerja, penting bagi lulusan SMK Jurusan Akuntansi untuk memahami beberapa kesalahan umum dan cara menghindarinya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Itulah tadi contoh surat lamaran kerja untuk lulusan SMK jurusan akuntansi yang bisa kamu jadikan referensi dalam mencari pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang berjuang untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan jurusanmu. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa untuk kunjungi lagi website kami untuk informasi lebih lanjut tentang dunia kerja. Selamat mencari pekerjaan!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar