Contoh Surat Lamaran Kerja Konter: Menyusun Dokumen yang Baik dan Benar

Halo teman-teman, siapa yang lagi mencari pekerjaan nih? Nah, kali ini kita akan bahas tentang contoh surat lamaran kerja konter yang mudah-mudahan bisa membantu kalian mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion kalian. Sebagai bagian dari tahapan awal ketika mencari pekerjaan, menyusun surat lamaran yang baik dan benar sangatlah penting. So, yuk dicari tahu lebih lanjut tentang surat lamaran kerja konter!

Pengertian Surat Lamaran Kerja Konter


Surat Lamaran Kerja Konter

Surat lamaran kerja konter adalah surat yang digunakan oleh calon pelamar untuk melamar pekerjaan sebagai kasir, sales counter, atau petugas counter lainnya. Konter sendiri adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang diciptakan dari bahasa Belanda, yakni “kantoor” yang berarti kantor. Dalam bahasa Inggris, konter disebut dengan “counter” yang mengacu pada bagian kasir atau pelayan di toko atau tempat umum lainnya.

Dalam surat lamaran kerja konter, seorang pelamar harus mencantumkan pengalaman kerja serta kualifikasi yang dimilikinya. Setiap calon pelamar juga harus menjelaskan alasan mengapa mereka ingin bekerja sebagai kasir atau petugas konter di tempat yang ingin mereka lamar. Contoh surat lamaran kerja konter yang baik harus memenuhi kualitas penulisan dan tata bahasa yang baik dan benar serta menonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh pelamar. Adapun contoh surat lamaran kerja konter yang baik harus ditujukan kepada pihak yang bersangkutan secara jelas dengan menyebutkan nama perusahaan dan posisi jabatan yang dilamar.

Berkaitan dengan format dan tata cara penulisan surat lamaran kerja konter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Contoh surat lamaran kerja konter yang baik harus memperlihatkan kemampuan penulisan bahasa yang baik dan benar. Hal tersebut penting, karena kemampuan berbahasa Indonesia menjadi tolak ukur bagi seorang pelamar pekerjaan konter. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja konter, yaitu penggunaan kalimat yang mudah dipahami, singkat, padat, dan jelas. Selain itu, penulisan surat lamaran kerja konter juga harus mengikuti aturan penulisan surat resmi seperti menyebutkan tanggal dan alamat yang benar, menyertakan lampiran dan CV, serta melakukan salam penutup yang sopan.

Mengirim surat lamaran kerja konter dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui email atau pos. Seiring dengan perkembangan teknologi, contoh surat lamaran kerja konter melalui email memudahkan pelamar untuk mengirim lamarannya dengan cepat dan mudah. Namun apabila perusahaan yang ingin dilamar tetap meminta untuk mengirim surat lamaran kerja konter melalui pos, seorang pelamar harus memperhatikan beberapa hal dalam pengiriman suratnya. Hal pertama adalah pastikan pengiriman surat lamaran kerja konter yang ditulis dengan rapi dan jelas ke dalam amplop yang berukuran sama dengan surat tersebut agar terlihat profesional dan terhindar dari kerusakan saat dikirim. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah alamat pengirim, yang harus tertera dengan jelas di bagian belakang amplop surat agar surat tersebut dapat dimuat dengan baik.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Konter yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja Konter Indonesia

Surat lamaran kerja konter menjadi salah satu syarat utama dalam melamar pekerjaan sebagai petugas konter. Adapun beberapa langkah atau tips yang bisa dilakukan untuk membuat surat lamaran kerja konter yang baik dan benar diantaranya:

1. Perhatikan Format Surat Lamaran Kerja Konter

Sebelum menulis surat lamaran kerja konter, perlu memperhatikan format dan ketentuan yang terkait agar surat yang dibuat menjadi lebih profesional. Berikut format surat lamaran kerja konter yang benar:

– Gunakan kertas ukuran A4

– Tempat dan tanggal tertera dengan rapih di bagian atas kiri surat

– Pihak perusahaan ditujukan di bagian atas tengah surat

– Kalimat pembuka, mengenalkan diri, dan maksud lamaran di bagian awal surat

– Kualitas, keahlian, dan pengalaman berhubungan dengan konter pada badan surat

– Kalimat penutup berupa permohonan kesempatan wawancara dan ucapan terima kasih

Baca Juga :   Kekurangan Akut Pekerja, Perusahaan Hotel di Eropa Rekrut Karyawan Tanpa Pengalaman

2. Pilih Gaya Bahasa yang Menyampaikan Ide dengan Tepat

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Konter

Ada beberapa jenis bahasa atau gaya penyampaian ide yang bisa digunakan dalam membuat surat lamaran kerja konter, antara lain:

– Bahasa Formal

Bahasa formal adalah gaya bahasa yang mengutamakan keformalan baik dari susunan atau tata bahasa yang digunakan. Gaya bahasa ini sering digunakan pada surat lamaran kerja konter untuk instansi pemerintah.

– Bahasa Santai

Bahasa santai adalah gaya bahasa yang digunakan agar surat lamaran kerja konter terkesan lebih akrab dan mudah dipahami. Gaya bahasa ini lebih cocok untuk surat lamaran kerja konter untuk perusahaan swasta atau perusahaan startup.

– Bahasa Kreatif

Bahasa kreatif adalah gaya bahasa yang mengutamakan kreasi dan penampilan surat lamaran kerja konter yang berbeda dari yang lain. Bahasa ini cocok digunakan untuk surat lamaran kerja konter di perusahaan kreatif atau perusahaan startup.

3. Jangan Lupa Cantumkan Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja menjadi salah satu nilai jual dalam surat lamaran kerja konter. Sebelum menuliskan pengalaman kerja, pastikan terlebih dahulu bahwa pengalaman yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi dan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju. Pengalaman kerja harus ditulis dengan jelas dan terperinci mulai dari nama perusahaan, alamat perusahaan, posisi dan tanggung jawab pekerjaan yang diemban serta masa kerja di perusahaan tersebut.

4. Sebutkan Keahlian untuk Menunjang Lamaran Kerja Konter

Selain pengalaman kerja, sebutkan juga keahlian yang dimiliki untuk menunjang lamaran kerja konter. Beberapa keahlian yang bisa disebutkan di antaranya:

– Mampu berkomunikasi dengan baik

– Mampu mengoperasikan komputer dan software kantor

– Memiliki pengetahuan tentang produk atau layanan perusahaan

– Mampu bekerja dengan baik dalam tim

– Memiliki kemampuan problem solving dan time management yang baik

5. Lampirkan Sertifikat atau Bukti Prestasi yang Dimiliki

Lampirkan sertifikat ataupun penghargaan yang pernah diterima sebagai bukti prestasi yang dimiliki. Bukti prestasi dapat meningkatkan nilai plus dalam lamaran kerja konter. Lampiran sertifikat atau penghargaan yang dimiliki harus relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

6. Periksa Kembali Kesesuaian dan Kesalahan dalam Surat Lamaran Kerja Konter

Setelah surat lamaran kerja konter telah selesai ditulis, pastikan untuk memeriksanya kembali. Periksa kembali kesesuaian antara kriteria yang diinginkan oleh perusahaan dengan tulisan yang dimiliki. Jangan lupa periksa juga kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam tulisan. Hal ini untuk menjaga agar surat lamaran kerja konter tidak mengandung kesalahan yang bisa mempengaruhi penilaian dari perusahaan yang dituju.

Dengan langkah di atas, diharapkan Surat Lamaran Kerja Konter yang dibuat akan terlihat lebih profesional dan meningkatkan nilai plus dalam memperoleh posisi pekerjaan yang diinginkan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Konter agar Mudah Diterima


surat lamaran kerja konter

Contoh surat lamaran kerja konter tentunya memerlukan perhatian khusus dalam penulisannya agar dapat menyampaikan maksud dan tujuan dengan tepat. Dalam persaingan dunia kerja, kita harus dapat menulis surat lamaran yang menarik agar mudah diterima oleh employer atau pihak HRD di perusahaan. Berikut adalah beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja konter agar mudah diterima:

1. Perhatikan Tata Bahasa dan Ejaan


tata bahasa

Tata bahasa dan ejaan yang benar sangat penting diperhatikan dalam surat lamaran kerja konter. Pastikan agar surat lamaran yang dibuat tidak memiliki kesalahan tatabahasa dan ejaan. Jika perlu, gunakan aplikasi grammar checker untuk memeriksa dan menjadikannya lebih sempurna.

2. Gunakan Gaya Bahasa yang Santun


santun

Gunakan gaya bahasa yang sopan dan santun dalam surat lamaran kerja konter yang Anda tulis. Hindari menggunakan kata atau kalimat yang kasar yang akan membuat kesan buruk pada pihak pembaca.

3. Berikan Detail Informasi yang Akurat


informasi

Berikan informasi yang akurat mengenai diri Anda, termasuk detail pengalaman kerja sebelumnya, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki. Berikan juga informasi kontak yang jelas agar pihak perusahaan dapat menghubungi Anda dengan mudah apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Tetapkan spesifikasi pekerjaan yang diinginkan dan mengapa Anda merasa cocok dengan pekerjaan tersebut.

Penjelasan mengenai pengalaman kerja sebelumnya di tempat kerja yang berbeda dan keterampilan yang dimiliki akan dapat membantu pihak HRD itu untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan Anda. Berikan juga penjelasan mengapa pekerjaan ini sangat diinginkan dan menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengikuti tren pekerjaan.

4. Gunakan Format yang Tepat


format

Gunakan format surat lamaran kerja konter yang benar sesuai dengan standar yang berlaku. Pastikan untuk menyertakan informasi lengkap, seperti data pribadi, pendidikan terakhir, dan pengalaman kerja yang dimiliki. Gunakan font yang jelas dan ukuran yang sesuai agar mudah dibaca oleh pihak HRD.

Baca Juga :   Ingin Diterima Kerja di PT Pertamina? Coba Lakukan Tips Ini

5. Berikan Motivasi yang Jelas


motivasi

Jangan lupa untuk menyertakan motivasi Anda mengapa tertarik untuk melamar pekerjaan ini. Sertakan alasan yang tepat dan jelas, seperti impian yang ingin dicapai, tujuan karir, dan kepuasan pribadi.

6. Gunakan Surat Lamaran yang Ori


surat lamaran asli

Pilihlah surat lamaran kerja konter yang asli atau tidak copy-paste dari contoh lainnya. Ketika pihak perusahaan memeriksa dan mengevaluasi surat lamaran yang Anda berikan, maka pihak perusahaan akan sangat senang menerima surat lamaran kerja konter asli dan bersih tanpa copy-paste dari contoh lainnya.

7. Sertakan Dokumen yang Dibutuhkan


dokumen

Sertakan dokumen yang dibutuhkan bersama dengan surat lamaran kerja konter, seperti CV dan foto terbaru. Pastikan dokumen yang Anda sertakan masih dalam batas waktu yang berlaku dan sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

8. Perhatikan Batas Surat Lamaran Kerja Konter


panjang surat lamaran

Perhatikan batas surat lamaran itu sendiri, karena batasan jumlah kata atau karakter yang diperbolehkan berbeda-beda pada setiap perusahaan. MoNtong Surat Lamaran Halus Menghindari Kepanjangan Surat Lamaran.

Dalam menulis surat lamaran kerja konter, pastikan agar Anda benar-benar memperhatikan setiap detail yang ada. Penulisannya harus dilakukan dengan benar dan tepat, agar dapat membuat surat lamaran kerja konter tersebut mudah diterima di perusahaan pilihan Anda. Ikuti tips di atas, agar Anda dapat membuat surat lamaran kerja konter yang menarik dan mempersuasi perusahaan untuk memilih Anda sebagai karyawan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Konter Yang Baik dan Menarik


Contoh Surat Lamaran Kerja Konter Yang Baik dan Menarik

Bagi para lulusan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, pekerjaan yang ditawarkan pada konter atau meja informasi di mall atau stasiun mungkin merupakan hal pertama yang diincar. Namun, persaingan yang ketat di sektor ini seringkali membuat para pelamar kebingungan dalam menyusun surat lamaran kerja. Oleh karena itu, berikut ini akan diberikan contoh surat lamaran kerja konter yang lebih baik dan menarik.

1. Tampilkan Keunikan Anda


contoh surat lamaran

Sudah banyak contoh surat lamaran kerja konter yang dikirimkan kepada pihak perusahaan. Namun, seringkali surat lamaran tersebut terlihat kurang menarik karena tidak ada keunikan dari pelamar yang ditampilkan. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari sesuatu yang bisa membuat diri Anda berbeda dengan pelamar lain. Misalnya, hal-hal yang menunjukkan keahlian atau keunikan diri yang mungkin berguna bagi pekerjaan sebagai konter. Hal ini membuat pihak perusahaan lebih tertarik melihat Anda dibanding yang lain.

2. Tunjukkan Kompetensi Anda


contoh surat lamaran

Selain menampilkan keunikan, dalam surat lamaran kerja konter juga harus menunjukkan kompetensi Anda terkait pekerjaan yang akan dijalani. Jelaskan pengalaman sebelumnya atau keahlian yang dimiliki, seperti kemampuan berbahasa asing atau keahlian menggunakan komputer. Hal ini akan membuat Anda terlihat lebih kompeten dan siap untuk menghadapi pekerjaan sebagai konter.

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Padat


contoh surat lamaran

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja konter harus jelas dan mudah dimengerti oleh pihak perusahaan. Cobalah untuk menghindari penggunaan kata-kata teknis yang mungkin sulit dipahami. Selain itu, pastikan konten surat lamaran Anda padat, fokus pada hal-hal yang penting dan relevan dengan pekerjaan sebagai konter.

4. Jangan Lupa Sertakan CV dan Portofolio


CV

Ketika mengirim surat lamaran kerja konter, jangan lupa untuk melampirkan CV dan portofolio. CV berisi tentang riwayat pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. Sementara itu, portofolio dapat berupa contoh hasil karya, seperti tugas dari sekolah atau proyek yang pernah diikuti. Hal ini akan membantu pihak perusahaan untuk mengetahui lebih detail tentang kualifikasi dan kemampuan Anda.

Dalam menyusun surat lamaran kerja konter, ingatlah bahwa Anda harus mampu menunjukkan keunikan diri, kompetensi, serta menggunakakan bahasa yang jelas dan padat. Jangan lupa untuk melampirkan CV dan portofolio. Semua hal ini akan membuat surat lamaran kerja konter Anda lebih baik dan menarik untuk dibaca oleh pihak perusahaan. Dengan usaha dan kesungguhan dalam menyusun surat lamaran kerja, semoga Anda dapat berhasil meraih pekerjaan di konter atau meja informasi di mall atau stasiun.
Terima kasih sudah membaca artikel ini tentang contoh surat lamaran kerja konter. Jangan ragu untuk mencoba mengirimkan surat lamaran kerja konter yang sudah cocok dengan kualifikasi dan keahlian yang kamu miliki. Semoga sukses dalam pencarian pekerjaan dan dapat segera bekerja di konter yang diimpikan. Jangan lupa untuk selalu kunjungi website kami lagi di lain waktu untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia kerja. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar